Cara Mengatasi Gagal Wipe Data dan Cache di OPPO Neo 3




Cara mengatasi gagal wipe data and cache oppo neo 3 dapat anda lakukan flash ulang dengan menggunakan Stock Rom Oppo Neo 3 sebagai langkah awal yang perlu anda lakukan. Flash ulang ini anda lakukan dengan menggunakan komputer, hal ini dikarenakan anda pastinya belum pasti tahu apakah penyebab pasti terjadinya gagal wipe data and cache oppo neo 3 ini, apakah dikarenakan firmware atau rom androidnya yang sedang mengalami corrupted.

Baca Juga




Langkah berikutnya, bilamana solusi pertama diatas tadi masih belum menunjukkan hasil maka cara memperbaiki gagal wipe data and cache di hp oppo neo 3 yakni dengan memperbaiki eMMC atau internal storagenya. Karena kemungkinan besar yang mengalami kerusakan ialah di bagian eMMCnya maka anda perlu bongkar di bagian mainboardnya. Lalu lakukan pengecekan melalui Avometer terhadap Pinnya.


Selanjutnya, untuk mengatasi Wipe Data and Cache failed, anda dapat melakukan langkah kedua jika masih belum berhasil. Lakukan Repartisi melalui Mode Recovery. Caranya dengan membuka Play Store dan Cari MTK Mobile Uncle Tools. Setelah dapat silahkan anda download dan instal terlebih dahulu. Pilih Lewatkan dan Lewatkan lalu jika telah terpasang buka aplikasinya dan pilih Recovery Update.






Nantinya akan muncul layar baru, anda dapat pilih file yang dinamakan R831K_CWM_recovery. Setelah itu akan minta reboot dan masuk ke dalam Mode Recovery. Di dalam mode recovery tersebut, anda kontrol dengan menggunakan tombol Volume Up untuk keatas dan Volume Down untuk kebawah serta tombol power untuk OK. Lalu anda pilih Instal ZIP, dan pilih Choose ZIP from internal SD card.


Selanjutnya pilih yang paling bawah dengan nama R831K_RePartition_signed dan setelah itu tinggal pilih Yes dan Yes sampai habis. Nantinya anda akan masuk ke layar lain, ada pilihan bahasa, dan tinggal Next. Pilih Saya setuju dan centang. Lalu pilih Kapasitas, pilih saja minimal 2GB saja. Jika lebih akan terjadi Hardbrick dan Garansi anda bakal hangus. Jika selesai, pilih Next dan tunggu beberapa saat. Setelah selesai, kembali saja ke Mode Recovery, pilih Back dan Reboot. Lanjut langkah ketiga jika masih juga belum berhasil!


Memang untuk langkah ketiga ini bagi orang awam yang belum paham mengenai teknis perbaikan hardware ponsel oppo neo 3, lebih baik anda bawa saja ke Service Center terdekat atau Teknisi Ponsel Oppo Neo 3 yang anda percayai. Serta siapkan dana untuk perbaikan eMMCnya setidaknya minimal 450 ribu, karena pada intinya eMMC di dalam ponsel oppo neo 3 tersebut memang ada kesalahan dan harus diganti baru.

Baca Juga


Namun jika kejadian gagal wipe data and cache pada perangkat oppo neo 3 belum dialami anda, lebih baik anda pastikan internal storage anda tidak kepenuhan terutama pada saat start up, jangan terlalu sering menggunakan internal storage karena hardware tersebut sering digunakan sebagai pusat data, dan pastinya selalu bersihkan internal storage anda dari file cache, file sampah, dan file junk yang menumpuk. Sekian Cara Mengatasi Gagal Wipe Data dan Cache di OPPO Neo 3. Semoga bermanfaat!