Cara Mengaktifkan Fitur OTG agar Support di OPPO A3s




Oppotutorial.com - Koneksi USB OTG (On The Go) sangat diperlukan untuk memudahkan kita mentransfer data tanpa perlu harus memnghubungkannya ke Komputer. Hanya dengan mengaktifkannya anda bisa menghubungkan perangkat lain seperti Flashdisk, Wireless, Bluetooth, Mouse, dan bahkan Keyboard, dll. Namun apakah Oppo A3s support OTG? Di beberapa Ponsel Oppo lainnya, memang sudah ada detektor otomatis bila perangkat seperti yang saya sebutkan diatas dihubungkan langsung ke Ponsel.


Mengenai Ponsel Oppo A3s sendiri, seperti anda harus mengaktifkan fitur khusus agar anda bisa menghubungkan perangkat-perangkat diatas dan terbaca oleh Ponsel Oppo A3s. Bagi anda yang pertama kali mencoba mengkoneksikan perangkat-perangkat diatas namun ternyata tidak terbaca oleh Ponsel Oppo A3s, anda perlu mencoba langkah-langkah dibawah ini agar Oppo A3s bisa pakai OTG.

Baca Juga :
OTG di OPPO A3s

Cara Mengaktifkan OTG di HP OPPO A3s

  1. Setelah anda mencolokkan Flashdisk, Wireless, Bluetooth, Mouse, dan bahkan Keyboard, dll ke USB OTG, agar Oppo A3s membaca flashdisk tersebut dan segera mengaktifkan fitur OTG, silahkan anda buka Menu Settings (Pengaturan) yang ada di HP OPPO A3s. 
  2. Lalu, anda buka Menu Additional Settings atau Setelan Lainnya.
  3. Di halaman Setelan Lainnya (Additional Settings) tersebut, silahkan anda cari opsi OTG Connection dan aktifkan fiturnya dengan cara menggeser tombol sebelah kanan berupa menjadi berwarna hijau.
  4. Kemudian tunggu beberapa saat hingga Sistem Operasi Oppo A3s mendeteksi keberadaan salah satu dari Perangkat diatas yang telah anda Colokkan melalui Kabel USB OTG. 
  5. Berikutnya, masuk ke dalam Menu Aplikasi Files untuk melihat apakah memori yang ada di dalam Flashdisk sudah terdeteksi atau perangkat lainnya tsb diatas bisa langsung digunakan.







Cara Menggunakan OTG pada OPPO A3s

  1. Ketika anda menggunakan OTG pada Oppo A3s, pastikan anda tidak mencoba sesekali melepas perangkat-perangkat yang disebutkan diatas pada saat anda gunakan baik itu untuk membaca, membuat folder/files, ataupun menghapus files. Karena hal tsb. justru akan menyebabkan kerusakan pada komponen yang ada di dalam perangkat. 
  2. Agar anda terhindari dan aman dari kerusakan, untuk melepaskan koneksi perangkat tsb dari Ponsel Oppo A3s, anda tinggal menonaktifkan opsi OTG Connection nya saja dengan menggeser tombol yang hijau menjadi abu-abu kembali.

OTG pada OPPO A3s Tidak Terbaca

Setelah anda aktifkan OTG Oppo A3s, namun ternyata Perangkat-perangkat diatas ternyata masih belum terbaca oleh Ponsel. Maka anda perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut ;
  1. Saat memformat File System Flashdisk gunakan System FAT32, jangan menggunakan opsi NTFS atau EXT2.
  2. Tidak semua merk salah satu perangkat misalkan Flashdisk, ada merk Toshiba, Sony, Asus, Kingstone, dan merk lainnya yang bisa support OTG.
  3. Terdapat file system di dalamnya sedang corrupt atau rusak dan menyebabkan tidak terbaca oleh OTG Ponsel Oppo A3s.
  4. Adanya ukuran dari Kapasitas FD yang terlalu besar dan melebihi batas yang telah ditentukan oleh OTG Ponsel Oppo A3s.
  5. Masalah pada Kabel OTG, bisa pula pada Micro USB untuk mencolokkan Kabel USB serta Konektornya.
  6. Sistem Operasi pada Android sangat sibuk, sehingga terjadinya kegagalan membaca file pada memori eksternal pada perangkat yang ada pada OTG USB. Bila hal tsb. terjadi, anda bisa lakukan restart ulang dan hubungkan kembali.
Baca Juga :
Sekian Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Fitur OTG agar Support di OPPO A3s. Semoga Bermanfaat!