Cara Cek Pembaruan Perangkat Lunak di OPPO A3s




Oppotutorial.com - Pembaruan perangkat lunak (software) layaknya seperti makan siang, meskipun tidak terlau diprioritaskan namun cukup krusial bagi keseimbangan perangkat Oppo anda. Ketika anda memulai mengoperasikan perangkat Oppo anda, setelah beberapa lama penggunaan anda pasti akan merasakan perubahan pada perangkat Oppo anda serta mengalami lag hampir setiap waktu. Dan juga akan ada banyak macam fitur dengan teknologi yang maju.


Untuk bisa menggunakannya semua fitur dan teknologi tersebut serta mengatasi berbagai macam lag yang terjadi pada perangkat Oppo anda, melakukan pembaruan pada perangkat lunak (software) menjadi sesuatu yang essensial sekali. Dan ini merupakan waktu yang tepat bagi kita untuk berdiskusi hari ini, di dalam artikel ini, kami akan menjelaskan berbagai metode yang bisa membantu anda untuk memeriksa update pembaruan yang tersedia di Perangkat Oppo anda.

Baca Juga :
Cara Cek Pembaruan Perangkat Lunak di OPPO A3s


Apa Itu Pembaruan Perangkat Lunak (Software)

Sebelum memahami pembaruan perangkat lunak, mari kita coba lihat secara singkat mengenai pengertian daripada perangkat lunak tadi. Software atau perangkat lunak merupakan suatu gabungan dokumentasi, data, dan program yang sedang kita gunakan, pembaruan (update system) suatu perangkat lunak sederhananya berarti mengubah data yang sedang digunakan oleh perangkat lunak. Pembaruan pada perangkat lunak terdengar seperti suatu hal yang teknis, sama pentingnya sebagaimana layaknya sebuah bahan bakar suatu kendaraan.


Pembaruan perangkat lunak berarti sebuah koreksi terhadap fitur sebelumnya, sehingga disebut suatu penyempurnaan. Melalui pembaruan ini, Ponsel Oppo anda akan bekerja lebih baik dan lebih halus. Perubahan yang dibawa oleh pembaruan tersebut akan membantu Perangkat Oppo anda bekerja lebih baik dan lebih efisien. Pada saat pembaruan dilakukan, maka anda akan mendapatkan fitur terbaru di dalam Perangkat anda. Pembaruan perangkat lunak ini memastikan adanya perbaikan terhadap perangkat anda agar lebih aman dan nyaman saat digunakan.


Bagaimana Cara Cek Pembaruan Terbaru Perangkat Lunak di Ponsel OPPO A3s


Cara Cek Pembaruan Perangkat Lunak dengan Memaksa Sistem untuk Cek Pembaruan. 

Sebelum mulai proses ini, saya beritahu terlebih dahulu bahwa metode ini mungkin bisa atau tidak bisa berfungsi meskipun Ponsel Oppo A3s anda dijadwalkan untuk diperbarui. Dan juga, metode ini tidak akan menjadikan pembaruan apapun, jika memang tidak ada pembaruan yang tersedia. Mekanisme metode ini bekerja ialah dengan menggunakan dialer, anda dapat memaksa sistem Ponsel Oppo A3s anda untuk memeriksa pembaruan yang tidak tersedia. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut ;

  1. Pertama kali yang anda perlukan ialah buka dialer pada Ponsel Oppo anda
  2. Lalu, di dalam dialer tersebut, anda ketik kode dial *#*#2432546#*#*. Nantinya setelah anda mengetik dialing sebagai berikut, maka Ponsel Oppo A3s anda akan memeriksa pembaruan secara otomatis.
  3. Sekarang coba anda lihat, anda akan mendapatkan pemberitahuan di notifikasi bar berupa Checking Succeeded Message. Setelah kemunculan notifikasi itu, maka setidaknya koneksi untuk melakukan pembaruan telah tersedia di Ponsel Oppo A3s anda.
  4. Jika, pembaruan terhadap perangkat lunak apapun telah tersedia maka anda bisa mendownload langsung di dalam pesan yang muncul pada layar Ponsel Oppo A3s anda.







Cara Cek Pembaruan Perangkat Lunak Melalui Pemeriksaan ke Sistem Pembaruan.

  1. Anda juga bisa menemukan pembaruan terbaru melalui Menu Settings.
  2. Masuk ke dalam Menu Settings Ponsel Oppo A3s anda, di Menu paling bawah, anda akan menemukan opsi Tentang Perangkat (About Device), anda klik opsi tersebut.
  3. Jika, anda tidak menemukan opsi Tentang Perangkat kemudian anda bisa klik pada opsi System
  4. Di beberapa Ponsel Oppo selain A3s, anda akan menemukan opsi System Updates di dalam Menu Settings Utama dibawah About Device.
  5. Selanjutnya, anda bisa klik pada opsi System Updates yang disebut juga dengan Software Updates (Pembaruan Perangkat Lunak) atau Download Update Manually.
  6. Lalu anda klik pada opsi Check for Update, klik lagi OK jika anda mendapati konfirmasi pesan pop up di layar Oppo A3s anda.
  7. Berikutnya, anda klik Download atau Ya, jika pembaruan telah tersedia. Ketika memang waktunya untuk update maka proses download akan dimulai di perangkat Oppo A3s anda.
  8. Terakhir, klik Instal Sekarang setelah pembaruan telah selesai di download. Proses instal ini akan memakan waktu beberapa saat.


Cara Cek Pembaruan Perangkat Lunak Melalui Pemeriksaan Pembaruan Aplikasi

Pembaruan perangkat lunak tercakup kedalam Sistem Operasi Android semuanya karena pembaruan tersebut menjadi bagian dari sistem. Pembaruan terhadap aplikasi memainkan peran penting bagi kelancaran kinerja sistem. Pentingnya kenapa, karenanya pembaruan perangkat lunak juga menjadi sangat krusial bagi suatu perangkat untuk melakukan pembaruan aplikasi. Adapun tahapan-tahapannya ialah sebagai berikut ;

  1. Masuk ke dalam laman Google Play Store di Ponsel Oppo A3s anda.
  2. Lalu, anda masuk ke dalam Menu Option yang terletak di sudut kiri atas aplikasi Play Store.
  3. Klik pada opsi My Apps and Games yang ada di Menu Option.
  4. Sekarang anda bisa klik pada Update All untuk memulai instal semua aplikasi yang tersedia untuk diperbarui, anda pun juga bisa memilih salah satu aplikasi atau seluruh aplikasi yang anda ingin perbarui. Tidak akan ada pembaruan bila tidak sedang tersedia.
  5. Jadi, anda hanya cukup klik pada Update Option, dan aplikasi tersebut pun akan di update secara otomatis. 


Sama halnya seperti mengecas perangkat Oppo anda, pembaruan sistem juga salah satu dari kegiatan yang esensial untuk dilakukan pada Smartphone Android. Untuk menjaga Ponsel Oppo anda dari terinfeksi virus, malware, dan membuatnya mudah terkena serangan seperti itu, pembaruan perangkat lunak perlu untuk dilakukan. Menginstal pembaruan ini akan membuat perangkat Oppo anda berjalan lancar dan mulus tanpa rintangan.

Baca Juga :

Sekian Penjelasan Singkat Mengenai Cara Cek Pembaruan Perangkat Lunak Terbaru di OPPO A3s. Semoga Bermanfaat!