Cara Reset HP OPPO Terlengkap




Oppotutorial.com - Jika Ponsel Oppo anda mengalami ngelag, pastinya anda ingin menghapus semua file sampah dan aplikasi yang kurang dirasa bermanfaat, atau anda berencana ingin menjual atau menghadiahkan Ponsel Oppo anda kepada orang lain. Dengan melakukan hard reset akan menghapus semua data pribadi anda sehingga Ponsel Oppo anda akan kembali seperti baru kembali.


Sebagai permulaan, silahkan anda baca panduan ini tentang bagaimana cara melakukan factory reset pada ponsel oppo anda serta bagaimana mengembalikan data yang telah terhapus akibat factory reset atau pengaturan pabrik. Panduan ini berlaku untuk semua model hp oppo a3s, a37, a37f, a71, a83, f1s, f1 plus, f3 plus, f7, a7, neo 3, neo 5, neo 7, neo 9, find 5, find 7, joy 3 a11w, r831k, r812, r827, r821, r5, r9s, yoyo, mirror 3, dan mirror 5 kemudian  diikuti pula dengan beberapa tipe cph1803, cph1723, ce0700, cph1729, cph1717, cph1801, cph 1803, cph1819, cph1701,  1201, r1001, r1011, r2001, 1201, 3001, dan 11w ver 1.2.


Penting untuk anda lakukan sebelum memulai factory reset yang kemungkinan bisa menghapus semua data pribadi anda di Ponsel Oppo. Anda disarankan untuk melakukan backup terhadap semua data pribadi anda sebelum memformat isi daripada perangkat Oppo anda. Lalu lakukan ini sebelum anda mulai untuk menghindari masalah yang bakal terjadi, beberapa hal berikut ini perlu anda lakukan sebelum memulai hard reset perangkat Oppo anda yakni ;

Cara Reset HP OPPO Terlengkap


Persiapan Sebelum Memulai Hard Reset HP OPPO 

  1. Ketahui terlebih dahulu username dan password akun google anda. Anda memerlukannya untuk masuk ke dalam Ponsel Oppo anda sebelum dilakukan format. Akun google yang akan anda gunakan nanti bila terjadi perubahan terhadap passwordnya, anda harus menunggu setidaknya minimal 24 jam sebelum melakukan reset.
  2. Lakukan backup semua data pribadi anda tanpa terkecuali dengan berbagai format di perangkat oppo anda. Data pribadi yang kemungkinan akan terhapus setelah di reset tersebut berupa kontak, images, video, dan aplikasi yang barusan di download. Bila anda tidak menginginkan timbulnya resiko terhadap data pribadi anda tersebut, akan jauh lebih aman anda simpan di dalam Cloud, atau di penyimpanan driver dan perangkat lain. 
  3. Pastikan Ponsel Oppo anda telah dicas penuh dan terhubung ke kabelnya serta internet harus tetap terkoneksi. Memformat Ponsel Oppo anda akan memakan waktu selama beberapa jam, tergantung seberapa banyak data yang ada di dalamnya. Jika selama proses berlangsung, daya baterai Ponsel anda tidak mencukupi, maka akan mengganggu proses reset dan bisa menimbulkan masalah baru. Serta pastikan pula Ponsel Oppo anda dicas penuh dan tetap terhubung, Ponsel Oppo anda pun juga perlu terkoneksi ke Wifi, atau Jaringan Mobile lain yang diperlukan untuk log in ke akun google anda.



Cara Reset HP OPPO ke Pengaturan Pabrik 

  1. Silahkan anda masuk ke dalam Menu Settings, lalu cari dan pilih opsi Backup dan Reset,diikuti dengan memilih opsi Factory Data Reset.
  2. Berikutnya, anda pilih mana yang ingin anda lakukan, ingin menghapus data ponsel seperti Musik dan Photo atau anda ingin tetap mempertahankannya di dalam Penyimpanan Ponsel.
  3. Selanjutnya, anda pilih Reset Ponsel, lalu tekan Enter setelah memasukkan Password terakhir klik tap continue.
  4. Pada tahap ini, anda akan dihadapkan pada pilihan untuk mengkonfirmasi apakah anda ingin menghapus semua data pribadi termasuk aplikasi yang di download. Bilamana proses ini telah dimulai, maka tidak dapat dibatalkan. Jika anda yakin untuk segera melanjutkan proses ini, pilih opsi hapus semuanya (Erase Everything).
  5. Maka ponsel Oppo anda akan kembali ke pengaturan pabrik (Factory Reset), perangkat Oppo anda akan di reset dan semua pengaturan ponsel akan kembali seperti sedia kala.


Cara Hard Reset HP OPPO Melalui Mode Recovery

  1. Cara lain factory reset Ponsel Oppo ialah melalui Mode Recovery, untuk melakukan ini yang anda perlu lakukan ialah ;
  2. Mematikan ponsel dengan menekan tombol Power.
  3. Setelah Ponsel mati, tekan dan tahan tombol Volume Up dan Power secara bersamaan.
  4. Setidaknya, Ponsel Oppo anda saat ini telah masuk ke dalam Mode Recovery, anda bisa mengatur Menu menggunakan tombol Volume Up dan Down serta menekan tombol Power untuk menentukan pilihan opsi.
  5. Kemudian, pilih bahasa mana yang anda kehendaki, lalu pilih opsi Wipe Data and Cache.
  6. Anda akan diminta untuk memasukkan password, atau log in ke akun google anda untuk mengkonfirmasi identitas.
  7. Anda juga akan diminta untuk mengkonfirmasi bahwa anda menggunakan opsi Wipe data, proses ini tidak dapat dibatalkan begitu telah dimulai. Jika anda yakin, pilih YES.
  8. Ponsel Oppo anda pun akan kembali ke pengaturan pabrik, begitu proses ini selesai maka Ponsel akan berdiam sesaat dan langsung masuk ke dalam Mode Recovery kembali. 
  9. Pilih Reboot atau Power Off dan anda bisa memulai proses pengaturan ponsel seperti sediakala.


Cara Reset HP OPPO Model Lama

  1. Bila anda memiliki Ponsel F1 atau Ponsel Oppo yang lebih tua usianya daripada itu, maka anda bisa mengembalikan Ponsel Oppo anda melalui Menu Settings, akan tetapi proses ini akan terlihat berbeda.
  2. Di dalam Menu Settings, silahkan pilih salah satu opsi dibawah ini;
  3. Reset System Settings ; akan mengembalikan sistem perangkat ke pengaturan pabrik, tanpa menghapus semua data pribadiatau media files anda.
  4. Erase All App Data and Deletable Apps ; menghapus semua data yang berasal dari aplikasi pihak ketiga dan aplikasi data tanpa menghapus semua data pribadi anda.
  5. Erase All Content and Settings ; menghapus semua data yang ada di dalam Ponsel anda, termasuk pengaturan pribadi dan files. Ponsel anda pun akan dikembalikan lagi ke pengaturan pabrik.
  6. Erase Contacts anda Call Logs ; menghapus semua riwayat panggilan tanpa menghapus aplikasi atau files. Kontak dan riwayat panggilan akan beralih ke SIM Card atau Akun Google anda yang tidak terkena proses ini.
  7. Erase All SMS and MMS ; menghapus semua pesan sms dan mms yang ada di dalam penyimpanan Ponsel, pesan akan dikembalikan ke SIM Card dan tidak akan terlibat.







Kapan HP OPPO Anda Perlu di Reset?

  1. Mengembalikan ponsel Oppo anda ke pengaturan pabik, transfer files dan download serta instal aplikasi kembali akan menghabiskan banyak waktu, sehingga terkadang hard reset menjadi satu-satunya jalan untuk mengatasi permasalahan.
  2. Jika ponsel Oppo anda berjalan dengan sangat lambat, menghapus data bisa memberikan ruang penyimpanan besar dan menambah waktu respon. Hapuslah sendiri semua data yang ada untuk mengatasi masalah ini.
  3. Jika update terbaru mengalami masalah, maka mengembalikan ponsel Oppo anda ke pengaturan awal tidak akan berpengaruh terhadap hal tersebut, bagaimanapun juga beberapa update berkala penting buat aplikasi yang berjalan dengan benar.
  4. Jika anda menjual ponsel anda atau memberikannya kepada orang lain, maka mereset ponsel dapat menghapus semua data dan keluar dari semua akun yang tersedia. Reset hp juga bisa menjaga identitas dan data pribadi anda aman. Gandakan pemeriksaan anda terhadap semua data pribadi sebelum memulai proses ini.


Apakah Mereset HP OPPO Bisa Menghapus Virus?

  1. Jika anda mendapati file yang terinfeksi virus di Ponsel Oppo, maka proses hard reset seharusnya bisa menghapus file tersebut.
  2. Bagaimanapunjuga jika anda ingin membackup data sebelu mereset Ponsel Oppo, maka anda harus memeriksa kembali apakah virus tersebut juga ikut serta pada saat membackup data. Gunakan scanner virus untuk memeriksa ruang penyimpanan pada Ponsel Oppoanda dan pindahkan semua file yang telah terinfeksi virus.
  3. Anda pun harusnya menjalankan pengecekan terhadap virus setelah mereset Ponsel Oppo anda, untuk memastikan bahwa ruang penyimpanan pada Ponsel Oppo anda telah terbebas dari virus.


Seberapa Sering Melakukan Reset pada HP OPPO?

Sebenarnya, anda tidak perlu untuk melakukan reset terhadap Ponsel Oppo anda bila terkendala masalah pengembangannya,namun anda akan sering dapat manfaat melakukan hard reset tersebut, terutama bagi anda yang suka sekali mendownload banyak aplikasi dan files.

Bila anda pikir ruang penyimpanan Ponsel Oppo anda penuh, dan anda telah lakukan penyelamatan terhadap data yang anda perlukan, mulailah lakukan pembersihan setiap tiga hingga empat bulan sekali untuk meningkatkan kecepatan dan pengalaman pengguna. Ingatlah bahwa melakukan reinstal aplikasi dan mentransfer file kembali akan memerlukan waktu beberapa saat.


Cara Backup Data HP OPPO 

Anda mungkin saja tidak bisa mengembalikan lagi data yang telah hilang setelah kembali ke pengaturan pabrik, itulah kenapa kami menyarankan anda untuk membackup semua data pribadi anda. Berita baiknya lagi bahwa cara backup data di Ponsel Oppo cukup mudah untuk dilakukan, selagi anda masih memiliki Akun Google. Berikut langkah-langkahnya ;
  1. Geser ke kiri dan Silahkan masuk ke Menu Settings, lalu pilih opsi Backup & Reset.
  2. Berikutnya, anda pilih opsi Backup My Data.
  3. Kemudian, anda pilih Backup Account, jika Akun Google anda tidak terlihat di dalam daftar, maka dapat anda tambahkan ke dalam daftar dan tekan enter untuk mengirimkan detail Akun yang anda maksudkan.
  4. Sekarang anda bisa kembali ke Menu Settings dan pilih opsi Accounts & Sync.
  5. Masuk ke Google, lalu pilih opsi Backup Account untuk mengubah namanya sebelumnya.
  6. Beri tanda centang atau tidak sama sekali terhadap tipe data yang ingin anda backup, begitu proses ini selesai maka klik pada Sync Now.
  7. Maka semua data aplikasi, password Wifi dan semua data pribadi yang anda pilih akan di backup ke dalam Server Google. Jika anda format atau kehilangan Ponsel Oppo anda sekalipun, maka data pribadi anda akan tetap aman.


Cara Mengembalikan File yang Terhapus Setelah di Reset

Bila anda tidak berkesempatan untuk melakukan backup terhadap semua data pribadi anda pada saat melakukan reset pada Ponsel Oppo anda sehingga semuanya pun terhapus, maka untuk menjalankan cara ini Ponsel Oppo anda diharuskan sudah dalam keadaan di root, serta anda juga akan memerlukan aplikasi dari pihak ketiga yang dibuat memang untuk mengembalikan file dan data yang sudah hilang atau terhapus.
  1. Aplikasi yang dimaksud untuk menjalankan fungsi tersebut bisa anda temukan di dalam situs terpercaya seperti Google Play Store. Dengan pertama kali yang anda lakukan ialah periksa Ponsel Oppo anda apakah bisa melakukan reset dan data masih tertinggal, lalu disanalah peluang anda tidak memilih opsi Wipe All Data ketika akan mereset Ponsel Oppo anda ke pengaturan pabrik.
  2. Jika anda tidak menemukan yang kami maksud diatas, anda bisa mencoba cara sebagai berikut. Pertama, download aplikasi Data Recovery dan ikut petunjuknya.
  3. Aplikasi tersebut akan melakukan pemeriksaan terhadap Ponsel Oppo anda apakah telah di root atau belum.
  4. Jika sudah, maka anda bisa memilih tipe data mana yang ingin anda kembalikan lagi, atau pilih semuanya. Mungkin saja nanti anda akan menemukan opsi untuk menghapus file tersebut selamanya, sehingga anda perlu lebih berhati-hati lagi sebelum bertindak.
  5. Semua data pribadi anda pun telah dikembalikan, Selesai!

Sekian Penjelasan Lengkap Mengenai Cara Reset HP OPPO Terlengkap. Semoga Bermanfaat!