Cara Masuk Safe Mode di HP OPPO A3s




Oppotutorial.com – Bila anda seorang teknisi, anda mungkin mengetahui persyaratan sebelum melakukan Hard Reset atau Reset ke Pengaturan Pabrik, Instal Custom Recovery, ROM, dll serta anda mungkin juga mengetahui betapa pentingnya mode aman (safe mode) di setiap sebelum melakukan kegiatan tersebut. Namun, biasanya masuk ke dalam safe mode di HP OPPO A3s sering digunakan untuk menguji apakah perangkat Oppo A3s anda berjalan lancar tanpa mempengaruhi kinerja atau tidak.

Baca Juga :
Cara Masuk Safe Mode di HP OPPO A3s


Apa Itu Safe Mode?

Dengan masuk ke dalam safe mode di perangkat Oppo anda, anda bisa membedakan kinerja perangkat anda antara pada saat ketika aplikasi pihak ketiga diinstal dan ketika aplikasi tersebut dinonaktifkan. Secara jelas dan sederhana, Safe Mode merupakan Seorang Dokter untuk Oppo A3s anda. Safe Mode merupakan suatu kondisi dimana anda bisa mengetahui apakah sistem anda berfungsi dengan baik atau tidak.


Pada saat anda memasang berbagai aplikasi dari Google Play Store atau dari situs manapun, mungkin saja melalui tautan aplikasinya ada semacam hambatan yang mampu mempengaruhi kinerja perangkat Oppo A3s anda dan seiring dengan waktu berjalan tentunya hal ini akan sangat menjengkelkan. Namun bila anda tidak yakin apa alasan yang membuat perangkat anda menjadi lag, anda bisa memeriksanya dalam mode safe mode, yang mana di dalam mode tersebut seluruh aplikasi pihak ketiga akan dinonaktifkan.


Ketika anda berada pada situasi yang ekstrem, aplikasi dapat merusak perangkat Oppo A3s anda sehingga anda tidak dapat lagi memiliki akses ke perangkat anda dan bahkan anda tidak bisa menginstal aplikasi lagi. Ketika anda berada pada situasi ini, anda bisa beralih ke safe mode dan menghapus aplikasi yang menyebabkan hal tersebut terjadi.







Mengapa OPPO A3s Harus Masuk ke Safe Mode?

Mungkin anda sering mendengar tentang artikel yang membahas metode dan artikel cara masuk atau memboot ulang Ponsel Oppo A3s anda ke Safe Mode. Anda akan menemukan bahwa ada banyak kegunaan pada saat anda masuk ke dalam Safe Mode. Pada saat anda akan hard reset atau reset ke pengaturan pabrik, anda wajib harus masuk ke dalam safe mode terlebih dahulu. Apalagi bila anda ingin masuk ke dalam Mode Recovery, Safe Mode merupakan opsi yang harus anda lalui.


Terlepas dari semua hal ini,dan semua proses instalasi Custom Recovery atau ROM lainnya, Safe Mode berperan penting untuk mengetahui apakah ada kesalahan pada perangkat Oppo A3s anda. Terkadang memasang aplikasi tertentu atau pembaruan tertentu yang bisa menyebabkan kerusakan dan kasus-kasus ekstrem, serta memuat kinerja perangkat menjadi lamban. Memboot ulang Ponsel Oppo A3s anda ke Safe Mode akan menonaktifkan sementara waktu seluruh aplikasi yang telah diunduh yang tidak dijadikan secara default atau belum di dalam Ponsel.


Pada saat anda berada di dalam Safe Mode, anda akan melihat perubahan kinerja secara signifikasi ketimbang ketika berada pada Normal Mode, dan ini akan memberi tahu anda bila terjadi kerusakan di dalam Normal Mode karena beberapa aplikasi atau perangkat lunak. Bila anda menemukan aplikasi manapun yang menyebabkan bahaya kerusakan pada perangkat Oppo A3s anda, anda pun bisa menghapusnya secara langsung melalui pengaturan.Jika anda ingin mengetahui bagaimana menghapus aplikasi tanpa memiliki akses yang tepat ke perangkat Oppo anda, berikut ini cara masuk ke safe mode di Oppo A3s, f7, neo 5, joy, r831k, a37, a39, a57, a83, f5, f1, dan neo 7 ;


Bagaimana Cara Masuk ke Safe Mode di OPPO A3s?

Cara Masuk ke Safe Mode melalui Menu Power

Sebelum anda masuk ke dalam proses boot Oppo A3s ke Safe Mode, kami akan memberitahukan kepada anda bahwa ada beberapa perangkat Oppo yang lama mungkin tidak dapat mengakses safe mode melalui cara ini, anda musti memeriksa kinerja perangkat Oppo anda.

  1. Langkah pertama, tekan dan tahan tombol power Oppo A3s anda selama beberapa detik, maka akan muncul menu Pop up kecil yang akan muncul di layar.
  2. Langkah kedua, di menu pop up tadi, anda bisa tekan dan tahan tombol Power Off selama beberapa detik. Maka nanti anda akan dibawa ke menu pop up untuk konfirmasi bila anda ingin boot ke safe mode, anda bisa tekan tombol OK untuk memberi tahu perangkat konfirmasi anda tadi.
  3. Langkah ketiga, pada saat anda melihat ke dalam font kecil Safe Mode yang tertulis di bagian bawah Oppo A3s anda, anda akan diberi tahu bahwa perangkat Oppo A3s anda telah di reboot ke dalam Safe Mode.


Cara Masuk ke Safe Mode melalui Tombol Volume

Sebenarnya, cara ini merupakan kelanjutan cara yang telah dibahas sebelumnya. Namun jika cara ini masih juga gagal, maka opsi terbaik ada di tangan anda.
  1. Langkah pertama, anda bisa menekan dan menahan tombol power Oppo A3s selama beberapa detik, maka akan muncul menu pop up di layar.
  2. Langkah kedua, di dalam menu pop up itu, anda bisa memilih opsi matikan, dan biarkan saja perangkat Oppo A3s anda dimatikan sepenuhnya.
  3. Langkah ketiga, selanjutnya anda bisa menekan dan menahan tombol Power dan nyalakan kembali Ponsel anda
  4. Langkah keempat, pada saat proses ini sedang berjalan, anda tekan dan tahan tombol volume naik dan turun dengan cepat, disaat perangkat Oppo A3s anda sedang memboot maka secara bersamaan terus saja tahan kedua tombol tersebut.
  5. Langkah kelima, pada saat Oppo A3s anda menyala anda akan melihat semacam tag safe mode di layar Oppo A3s anda, tampilan tag tersebut akan memberitahukan anda bahwa perangkat Oppo A3s anda sedang berada pada safe mode. Tampilan tag safe mode ini biasanya muncul di bagian kiri bawah layar Oppo A3s anda. 
Baca Juga :



Sekian Penjelasan Singkat Mengenai Cara Masuk Safe Mode di HP OPPO A3s Secara Lengkap. Semoga