Cara Unlock Bootloader OPPO A71 CPH1801




Oppotutorial.com - Disini kami akan membagikan panduan langkah demi langkah untuk unlock bootloader Oppo A71 yang mudah diikuti. Oppo A71 merupakan smartphone yang memiliki kinerja hardware yang bagus dan kisaran harga yang terjangkau. Anda akan menemukan kesulitan ketika unlock bootloader di smartphone Oppo, hal tersebut memang dikarenakan pihak Oppo sendiri memang tidak mengizinkan penggunanya meng-unlock bootloader smartphone mereka.


Namun bila memang anda harus melakukannya, maka anda harus membuatnya tidak dapat dibuka terlebih dahulu (unlockable) lalu kemudian anda bisa membuka bootloadernya (unlock bootloader). Satu yang ingin kami sampaikan bahwa langkah-langkah untuk membuat Oppo A71 anda agar bisa di unlock bootloader nya dengan benar yakni anda harus mengikuti panduan ini secara berurutan, tertib, dan bertahap.


Untuk melakukan unlock bootloader ini, perangkat Oppo A71 anda harus melalui metode fastboot setelah dibuat tidak dapat terbuka lagi kuncinya. Perlu anda catat bahwa setelah anda melakukan unlock bootloader maka garansi resmi dari perangkat Oppo A71 anda akan hilang. Jika perangkat Oppo A71 anda masih memiliki masa garansi maka kami sarankan untuk tidak melakukan unlocking ini.


Unlock bootloader merupakan langkah penting pada saat anda memasang Custom ROM atau Custom Recovery. Tanpa unlock bootloader, anda tidak bisa melakukan itu semua. Kemudian selain itu, jika anda juga ingin root smartphone Oppo A71 anda, maka anda juga harus melakukan Unlock Bootloader, tanpanya anda tidak akan bisa membuat perubahan terhadap perangkat lunak smartphone manapun tak terkecuali Oppo A71.

Baca Juga :
Cara Unlock Bootloader OPPO A71 CPH1801

Apa Itu Unlock Bootloader?

Unlock Bootloader bukan hal yang sulit jika anda melakukannya dengan benar, namun jika tidak hal tersebut justru akan merusak perangkat Oppo A71 anda. Mengikuti panduan tentang cara unlock bootloader dengan benar yang akan kami jelaskan berikut ini merupakan suatu kewajiban, jadi anda jangan sampai melewatkan satu langkah sekalipun, jika anda melewatkannya maka akan beresiko terhadap perangkat Oppo anda.


Perlu anda ingat bahwa Unlock Bootloader Smartphone Oppo A71 bukan termasuk hal yang dilegalkan atau diperbolehkan. Sebelum anda mulai melakukan panduan yang ada di dalam artikel ini, maka setidaknya anda harus mengetahui sedikit banyak tentang perangkat android, dan bila anda juga tidak mengetahui apa maksud dan tujuan anda melakukan unlock bootloader Oppo A71 maka panduan ini bukanlah untuk anda.


Untuk dapat unlock bootloader Oppo A71, anda diharuskan untuk mengaktifkan USB Debugging  dari opsi pengembang. Bila anda tidak mengetahui bagaimana cara melakukannya maka silahkan anda buka pengaturan, pilih opsi tentang perangkat (About Device), lalu ketuk built number sebanyak 6 hingga 8 kali hingga anda melihat muncul pesan bahwa anda merupakan seorang pengembang sekarang. Lalu kemudian, anda masuk ke Menu Settings, pilih Opsi Pengembang dan terakhir USB Debugging. Langkah-langkah yang anda lakukan ini akan mengaktifkan USB Debugging, selanjutnya akan kami jelaskan mengenai hal-hal yang perlu anda siapkan sebelum memulai unlock bootloader dibawah ini.


Kelebihan Unlock Bootloader

  • Anda dapat melakukan root pada perangkat Oppo A71 anda setelah unlock bootloader.
  • Bisa Instal Custom OS manapun setelah unlock bootloader.
  • Bisa Instal Custom Recovery manapun seperti TWRP setelah Unlock Bootloader.
  • Unlocking bisa membantumu mengkustomisasi perangkat lunak Oppo A71.


Kerugian Unlock Bootloader

  • Setelah unlocking bootloader maka garansi perangkat Oppo A71 anda akan hilang.
  • Akan menimbulkan resiko mati total terhadap perangkat Oppo anda pada saat sedang proses unlocking berlangsung.


Persiapan Sebelum Unlock Bootloader

  • Pastikan daya baterai pada perangkat Oppo A71 anda terisi minimal 70%.
  • Instal semua driver yang diperlukan untuk proses unlocking ini di PC anda.
  • Lakukan tahapan-tahapan atau panduan yang kami berikan secara tertib dan pastikan pula tidak ada yang terlewati.
  • Pertama-tama, download semua file yang diperlukan seperti Magictricks dan Adbdriver for Windows lalu lanjutkan ke panduan dibawah ini.


Cara Setup Adb Driver for Windows di PC 

  1. Download file Adb Zip File untuk Windows diatas.
  2. Ekstrak file Zip ke dalam Folder yang mudah anda akses (seperti C: \ adb).
  3. Kemudian, anda buka Windows Explorer dan Browse ke tempat anda mengekstrak file Zip tadi.
  4. Kemudian lagi, anda buka Command Prompt dari Direktori yang sama dengan Binary Adb ini. 
  5. Hal ini dapat dilakukan dengan menekan dan menahan Shift dan Klik Kanan di dalam Folder lalu klik opsi Buka Command Prompt disini. (Beberapa pengguna Windows 10 mungkin akan melihat PowerShell atau bisa juga Command Prompt).
  6. Hubungkan Ponsel Oppo A71 anda ke Komputer dengan menggunakan Kabel USB.
  7. Ubah Mode USB ke Mode Transfer File (MTP). Beberapa OEM mungkin saja tidak memerlukan perubahan ini, akan tetapi demi mendapatkan hasil terbbaik, biarkan saja pada mode kompatibilitas umum.
  8. Di jendelan Command Prompt, silahkan masukkan perintah berikut ini untuk meluncurkan daemon ADB : adb devices
  9. Di layar Ponsel Oppo A71 nanti, anda akan melihat prompt untuk mengizinkan atau menolak akses USB Debugging.
  10. Secara alami, anda ingin memberikan akses USB Debugging pada saat akan diminta (centang kotak selalu bolehkan jika anda tidak ingin melihat permintaan itu lagi).
  11. Terakhir, anda masukkan kembali perintah : adb devices, dan anda pun dapat melihat nomor seri perangkat anda di Command Prompt. 
  12. Anda pun dapat menjalankan perintah Adb apapun yang ada di perangkat Oppo A71 anda, dan silahkan anda lanjut ke tahap unlock bootloader dibawah ini.

Unlock Bootloader pada Oppo A71 ini akan menghapus seluruh data yang anda miliki oleh karena itu jangan lupa untuk mencadangkan semua data anda dan media yang anda miliki sebelum mengikuti panduan dibawah ini karena Ponsel Oppo A71 anda akan melakukan reset ke pengaturan pabrik sesaat setelah unlock bootloader selesai.







Bagaimana Cara Unlock Bootloader OPPO A71

  1. Pertama-tama anda baca terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan yang akan anda dapatkan setelah melakukan unlock bootloader, lalu jika anda siap dan yakin untuk melakukannya, hal-hal apa saja yang perlu anda siapkan sebelum memulai proses unlock bootloader ini, setelah anda tahu anda bisa melanjutkan dengan mengikuti panduannya secara lengkap berikut ini.
  2. Download file Magictricks dari tautan yang terdapat di dalam bahasan sebelumnya.
  3. Simpan filenya di Komputer atau Laptop anda, lalu anda ekstrak filenya (disarankan).
  4. Kemudian, anda hubungkan perangkat Oppo A71 anda ke Komputer melalui Kabel USB untuk melakukan proses transfer file ke Ponsel Oppo A71.
  5. Matikan Ponsel Oppo anda, dan silahkan masuk ke dalam Mode Fastboot dengan cara menahan tombol Volume Up dan Down selama beberapa detik lalu anda lepaskan.
  6. Anda bisa pilih opsi bahasa inggris dari menu bahasa yang tersedia atau mungkin bisa pilih bahasa lain yang lebih anda mengerti.
  7. Setelah anda boot ke mode fastboot, anda pilih opsi Instal dari ruang penyimpanan (pilih menggunakan tombol volume).
  8. Sekarang coba anda cari file yang telah anda transfer sebelumnya, karena hal ini akan membuat bootloader tidak dapat dibuka, dan tidak dapat masuk ke dalam fasboot ke smartphone Oppo A71 anda.
  9. Selanjutnya, anda download dan pasang driver adb serta fastboot ke dalam PC anda.
  10. Segera aktifkan USB Debugging dan OEM Unlocking dari opsi pengembang smartphone Oppo anda.
  11. Buka folder adb di PC anda dan tekan serta tahan Shift + klik kanan dan pilih buka jendela Command disini.
  12. Sekarang anda coba masukkan kata perintah ini satu persatu : adb reboot bootloader
  13. Lalu, setelah ponsel Oppo anda masuk ke dalam mode bootloader, jalankan kata kunci perintah ini : fastboot oem unlock
  14. Bila anda mendapatkan pesan masuk apapun di Ponsel anda, silahkan tekan ya untuk mengkonfirmasi pembukaan kunci fastboot oem tersebut.
  15. Setelah proses selesai, jalankan perintah ini lagi untuk mensukseskan proses ini : fastboot reboot.
  16. Selesai, dan Ponsel Oppo A71 anda pun bisa di unlock bootloadernya.
  17. Setelah anda unlock bootloader, maka Oppo A71 anda akan melakukan reset ke pengaturan pabrik, jadi anda jangan sampai mencoba coba untuk mematikan smartphone Oppo anda selama proses unlocking ini, karena akan memakan waktu yang lama untuk boot. Bila anda tetap paksakan maka akan merusak perangkat Oppo A71 anda. 

Baca Juga :

Sekian Penjelasan Singkat Mengenai Cara Unlock Bootloader OPPO A71 CPH1801. Semoga Bermanfaat!