Cara Mudah Unlock Bootloader OPPO A5s




Oppotutorial.com - Bila anda merupakan pengguna Oppo A5s maka kami memiliki berita baik untuk anda, sekarang anda sudah bisa unlock bootloader perangkat Oppo A5s anda dengan sangat mudah. Hari ini, di artikel tutorial kali ini akan kami tunjukkan bagaimana cara unlock bootloader Oppo A5s dengan menggunakan metode yang sudah dipastikan 100% berhasil dan telah teruji.

Jika Ponsel Oppo A5s anda telah bisa di unlock bootloadernya, maka anda bisa melakukan banyak hal dengan ponsel anda tersebut, anda bisa instal TWRP Recovery dan kemudian anda bisa root perangkat Oppo A5s dan juga menginstal Super SU. Jadi pada initinya, unlock bootloader sangat penting dan kami telah membagikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari unlock bootloader dibawah ini jika anda masih ragu.

Baca Juga :
Cara Mudah Unlock Bootloader OPPO A5s

Spesifikasi OPPO A5s

Oppo A5s merupakan salah satu smartphone murah terbaik yang saat ini sedang ekspansi di pasaran. Smartphone ini tersedia dengan harga yang sangat terjangkau di Amazon dan di Flipkart. Oppo menawarkan spesifikasi terbaik di segmen harga ini. Beriktu adalah beberapa spesifikasi yang dapat disorot dari Oppo A5s. Oppo A5s hadir dengan ukuran layar sebesar 6,2 Inches dan memiliki resolusi layar 720x1520 pixel.

Oppo A5s dijalankan dengan Sistem Operasi Android Versi 8.1 yang dikenal dengan Oreo. Smartphone ini memiliki RAM 3GB dengan penyimpanan internal sebesar 32GB. Anda tidak akan memerlukan Kartu SD manapun dikarenakan ruang penyimpanan internalnya cukup besar. Oppo A5s ditenagai oleh Processor Mediatek MT6765 Helio P35 (12nm). Selain itu pula smartphone ini memiliki kamera depan 8MP dan 13MP + 2MP di bagian kamera belakang yang bisa digunakan untuk kamera selfie dengan bidikan yang luar biasa.


Apa Itu Unlock Bootloader di OPPO A5s

Bootloader merupakan kode yang ada di setiap sistem operasi, yang mana jika anda membukanya maka anda bisa melakukan semua hal yang membutuhkan unlock bootloader, salah satunya jika anda ingin merooting perangkat Oppo A5s anda maka unlock bootloader menjadi langkah pertama yang bisa anda lakukan, setelah itu anda bisa menginstal pemulihan TWRP serta menginstal Custom ROM juga.

Keuntungan Unlock Bootloader 
  • Setelah anda unlock bootloader maka anda akan diberikan akses untuk menginstal Custom Recovery seperti TWRP atau CWM
  • Anda pun bisa melakukan root pada perangkat Oppo A5s dan menginstal Custom ROM. 


Kerugian Unlock Bootloader
  • Kerugian yang akan anda dapatkan karena unlock bootloader maka garansi Ponsel anda akan hilang, selain itu juga setelah anda unlock bootloader lalu melanjutkan root juga maka anda pun juga harus mengetahui apa saja kekurangannya. 
  • Jadi, kami tidak menyarankan anda untuk unlock bootloader selama dalam masa garansi, kerugian lainnya anda tidak akan menerima pembaruan OTA dari Oppo, jadi lebih baik anda berpikir dua kali dulu sebelum memulainya.



Persyaratan Unlock Bootloader di OPPO A5s

  1. Pastikan baterai perangkat anda harus terisi minimal 50% atau lebih
  2. Anda harus menyiapkan PC atau Laptop dan Kabel USB
  3. Lakukan backup data penting anda seperti foto, video, dll.
  4. Unduh dan Instal ADB serta Driver Fastboot disini, dan yang paling penting ikuti semua langkah dengan sangat hati-hati dan jangan melewatkan satu pun langkah yang telah dijelaskan.







Cara Unlock Bootloader Oppo A5s

Jika anda ingin unlock bootloader pada perangkat Oppo A5s, maka anda harus mengikuti metode ADB dan Fastboot yang merupakan satu-satunya metode yang dapat bekerja saat ini. Oppo tidak akan merekomendasikan anda untuk unlock bootloader dari perangkatnya karena setelah anda melakukannya maka anda tidak akan menerima pembaruan OTA dari Oppo. Namun akan tetapi jika anda masih tetap ingin melakukannya maka anda harus mengikuti panduan ini secara hati-hati.
Berikut ini langkah-langkah yang bisa anda terapkan untuk unlock bootloader Oppo A5s anda.

Cara Unlock Bootloader Oppo A5s


  1. Pertama-tama atur ADB dan Fastboot di Komputer anda, prakteknya dapat anda rujuk pada forum XDA Developer. 
  2. Lakukan pencadangan penuh terhadap data penting yang anda miliki jika terjadi mati total (namun hal tersebut tidak akan terjadi jika anda melakukannya dengan hati-hati).
  3. Bila baterai ponsel Oppo A5s anda telah terisi lebih dari 50%, sekarang anda sambungkan Oppo A5s anda ke PC dengan menggunakan Kabel USB dan instal semua driver Oppo anda ke PC.
  4. Sekarang anda matikan perangkat Oppo A5s anda dan masuklah ke Opsi Fastboot dengan menekan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan. 
  5. Sekarang anda buka jendela Command Prompt di jendelan yang sama tempat anda menginstal ADB dan Fastboot dengan cara menekan dan menahan tombol Shift dan tombol kanan mouse anda. 
  6. Sekarang anda hubungkan perangkat Oppo A5s anda ke PC dengan menggunakan bantuan Kabel USB dan biarkan saja PC mendeteksi perangkat anda sehingga dapat menginstal semua driver yang diperlukan. 
  7. Selanjutnya anda ketik perintah ini di jendela Command Prompt/Powershell ; adb devices
  8. Perintah ini akan memberi tahu anda apakah perangkat Oppo A5s anda telah terhubung dengan benar atau tidak, jika tidak ternyata nama perangkat Oppo A5s anda tidak muncul, maka anda harus menghubungkan kembali perangkat anda serta pastikan pula driver telah terinstal dengan baik secara manual. 
  9. Sekarang anda ketikkan perintah ini ; fastboot device,lalu ketikkan yang satu lagi ; fastboot Oem unlock. Dan sekali lagi anda enter dan ketikkan perintah berikut ini ; fastboot reboot.
  10. Berikutnya anda tekan enter dan Ponsel Oppo A5s anda akan di reboot secara otomatis, setelah itu anda restart dan putuskan sambungan dari PC anda. 

Baca Juga :

Selamat! Akhirnya anda telah berhasil melakukan unlock bootloader pada Oppo A5s anda dengan menggunakan bantuan perintah ADB dan Fastboot.