Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perhatikan Kekurangan OPPO F5 Ini Sebelum Anda Putuskan untuk Membelinya!

Baru-baru ini Oppo meluncurkan smartphone terbarunya, OPPO F5. Perangkat Oppo ini memiliki fitur unggulan di sektor kamera depan 20 MP dengan aperturef/2.0 dan memiliki kecerdasan buatan yang dapat mengambil foto dengan baik, bahkan bisa menghasilkan foto selfie berefek bokeh (Background Blur). Dari sektor kamera belakang memiliki resolusi 16 MP dengan aperture f/1.8 dan LED Flash yang dapat menghasilkan foto dengan bagus. Memiliki lebar layar 6 Inci dengan resolusi Full HD+ (2160x1080 pixel), berteknologi IPS dan beraspek rasio 18:9 yang memenuhi bagian depannya.


Di sektor hardware, Oppo F5 dibekali Chipset Mediatek MT6763T Helio P23 Octa Core berkecepatan 2,5 Ghz, memiliki varian RAM 4 GB atau 6 GB, serta penyimpanan internal dengan pilihan 32 GB atau 64 GB yang dapat ditambahkan MicroSD.

Namun dengan fitur dan spesifikasi hadrware yang mumpuni ini, terdapat alasan agar anda berpikir lagi sebelum memutuskan untuk membeli Oppo F5, berikut ini alasannya ;



1. Meskipun dikategorikan sebagai smartphone kekinian, Oppo F5 masih dibekali baterai non removeable atau tidak dapat dilepas, baterai Oppo F5 menyatu dengan bodinya sehingga harus dibawa ke service center terlebih dahulu untuk mengganti baterainya. Hal ini dapat menjadi masalah ketika, Oppo F5 mengalami hang sehingga baterai tidak dapat dilepas untuk mematikannya. Selain itu, jika daya baterai sudah mulai menurun kemampuannya, maka diharuskan untuk dibawa ke service center untuk menggantinya.

2. Tidak memiliki Fitur VOOC Fast Charging, meskipun fitur ini dikembangkan oleh Oppo namun untuk menekan anggaram harga penjualan Oppo F5 diberbagai negara, Oppo lebih memilih tidak untuk menyematkannya sehingga bisa dikatakan untuk pengisian daya baterai dapat memakan waktu yang lama.

3. Tidak memiliki Fitur VOOC Fast Charging dan Baterai Non Removable membuat Oppo F5 seharusnya memiliki harga lebih murah dari harga jual yang ditawarkan saat ini. Seharusnya Oppo F5 dengan varian RAM 4 GB dijual dengan harga Rp 3 Jutaan, namun perlu diketahui bahwa harga Oppo F5 ini terbilang mahal dikarenakan biaya pemasannyanya yang sangat besar.

4. Sebagai smartphone yang dirilis di tahun 2017, Oppo F5 seharusnya mendukung Port USB Type C, namun Oppo masih tetap menyematkan Port USB yang lama, yakni MicroUSB, padahal USB Type C merupakan standar Fitur USB terbaru di perangkat smartphone.

5. Dengan harga jual F5 yang ditawarkan seharusnya sudah harus memiliki fitur Tahan Air maupun Debu, karena seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa Samsung Galaxy A3 yang harga jualnya Rp 4 Jutaan saja telah memiliki fitur Tahan Air dan Debu.

Baca Juga


Demikian lah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Smartphone Oppo F5 yang dapat dijadikan alasan mengapa anda tidak harus membelinya. Namun, jika anda tidak terlalu mementingkan salah satu hal tersebut, maka smartphone Oppo F5 ini cukup mumpuni bagi anda yang gemar berselfie ria.