Ini Dia Cara Merekam Layar di HP Oppo




Oppotutorial.com - Smartphone Oppo yang sekarang hadir dengan sistem ColorOS di dalamnya sudah mendukung cara merekam layar di HP Oppo. Bahkan, bagi pengguna yang ingin merekam layar untuk tampilan yang lebih besar juga bisa dengan cara tertentu. Ada beberapa perangkat Oppo yang memang sudah mendukung fitur menarik yang sudah duluan disempatkan pada smartphone merek lain.

Baca Juga :

Ini Dia Cara Merekam Layar di HP Oppo







Salah satu fitur atau tampilan yang cukup menarik perhatian para pengguna ialah fitur screen recording. Kegunaan dari fitur ini ialah dapat memudahkan para pengguna untuk merekam aktivitas layar. Misalnya untuk Anda para Youtuber yang ingin review dan melakukan suatu experience juga bisa dengan fitur screen recording ini.

Hal yang bisa Anda lakukan dengan screen recording ini ialah untuk melakukan tutorial tertentu yang bisa juga mendukung perekaman suara Anda. Untuk aktivitas lain juga bisa seperti mengatur perangkat, gameplay permainan, dan juga tampilan lainnya. Untuk Anda yang ingin tahu bagaimana cara merekam layar di HP Oppo bisa memahami cara berikut ini.

Cara Merekam Layar di Ponsel Oppo Tanpa Aplikasi

Jika biasanya untuk mencari tahu cara yang tepat agar bisa merekam layar di HP Oppo Anda harus mendownload aplikasi terlebih dahulu, maka pada HP Oppo Anda tidak perlu aplikasi lain. Ada cara otomatis yang bisa dilakukan langsung dari smartphonenya. Pertama, dengan cara membuka menu Settings pada smartphone dan kemudian langsung pilih serta cari opsi Screen Recording yang sudah ada otomatis.

Selanjutnya, Anda bisa mencari halaman Screen Recording yang terbuka, langsung ketuk opsi Record Screen Taps. Secara otomatis juga setelah Anda ketuk pilihan ini maka slider akan berubah ke posisi hidup atau on. Anda bisa memperhatikan setelah nantinya ada pemberitahuan bahwa perekam layar sudah berjalan.

Maka, dengan begitu Anda bisa langsung melakukan rekaman untuk kegiatan yang ingin dilakukan. Jika sudah selesai, maka bisa langsung tekan tombol stop Oppo Record yang menandakan bahwa sudah selesai. Maka, dengan begitu hasil rekaman untuk cara merekam layar di HP Oppo akan langsung secara otomatis tersimpan di Gallery.

Mengatasi Screen Recordings yang Tidak Muncul

Berdasarkan pengalaman banyak pengguna Oppo, ada beberapa pengguna ketika ingin mengaktifkan fitur Screen Recording namun tidak muncul. Jika Anda mengalami yang sama, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama, Anda bisa mencoba dengan menekan tombol panah atau mirip dengan huruf V yang letaknya di bagian bawah Quick Settings.

Kemudian, akan muncul lingkaran melayang yang berupa teks hitungan angka mundur. Jika sudah, maka tanda layar akan segera direkam. Namun, jika tombol tadi berubah menjadi ikon kotak sebagai tanda stop atau muncul opsi Screen Recording, berarti proses perekaman layar baru saja akan dimulai.

Akan muncul lingkaran melayang, yang ada teks berupa hitungan angka mundur, tanda layar akan segera direkam. Jika tombol tersebut berubah menjadi tanda Stop (ikon kotak) atau di panel notifikasi muncul opsi Screen Recording, maka tandanya proses perekaman layar telah dimulai.

Cara Menghentikan Perekaman Layar

Jika merasa sudah cukup pada proses merekam layar, Anda harus segera menekan tombol berhenti. Bagaimana caranya? Anda bisa mengetuk tanda stop yang ada di layar. Atau Anda bisa juga melakukan dengan cara ketuk fitur Screen Recording yang muncul di panel notifikasi dengan cara menarik bar notifikasi.

Itulah ulasan mengenai screen recorder di perangkat Oppo. Dengan adanya fitur ini, maka akan mempermudah Anda yang ingin merekam aktivitas layar perangkat Anda. Setelah pemaparan mengenai cara merekam layar di HP Oppo, diharapkan Anda bisa segera melakukan perekaman layar untuk tujuan yang diinginkan.

Baca Juga :

Sekian Penjelasan Mengenai Ini Dia Cara Merekam Layar di HP Oppo. Semoga Bermanfaat!