Cara Mudah Mencegah Kontak Telepon Android Hilang




Oppotutorial.com - Di era yang serba digital ini memungkinkan semua orang melakukan kegiatan dengan sangat mudah. Sekarang hampir semua orang memiliki smartphone yang mendukung di kehidupan sehari-hari. Menyimpan data dan file dapat dilakukan di smartphone yang bisa dibawa kemana-mana. Begitu pula jika ingin menghubungi orang maka tinggal memencet nama yang tersimpan di HP.

Baca Juga :

Cara Mudah Mencegah Kontak Telepon Android Hilang







Data kontak berupa nomor telepon dan nama memang memberikan kemudahan jika ingin menghubungi seseorang. Namun data kontak yang ada di telepon bisa saja ada kemungkinan untuk terhapus atau hilang. Kondisi ini akan membuat kalang kabut karena semua data kontak tiba-tiba menghilang. Kesalahan penggunaan maupun terformat dengan tidak sengaja dapat menyebabkan data kontak hilang.

Agar mencegah data kontak di smartphone android hilang maka harus dilakukan back up. Tidak hanya nomor kontak saja tetapi juga dapat back up foto, video, file maupun dokumen atau berkas lainnya. Tujuan dari back up ini adalah untuk menyimpan dengan cara menggandakan data untuk mencegah kehilangan data dari smartphone.

Menyimpan Data Kontak Di Smartphone Android

Umumnya pencadangan data sudah didukung oleh bawaan sistem dari smartphone android. Namun tidak ada salahnya jika menggunakan penyimpanan berupa media eksternal di flashdisk atau micro SD. Ada aplikasi di smartphone yang dapat dipakai sebagai pencadangan data dan biasanya telah ada di Home Menu. Sehingga tidak perlu memasang aplikasi tambahan dari pihak ketiga untuk mengembalikan data atau back up.

Data kontak telepon yang awalnya tersimpan baik di dalam smartphone android kemudian tiba-tiba hilang dapat saja terjadi. Ada beberapa penyebab yang mungkin dapat menghilangkan data kontak telepon. Penyebab tersebut ialah terhapus dengan tidak sengaja, melakukan reset ulang sistem, corrupt data dan flashing ulang.

Untuk berjaga-jaga agar semua data termasuk nomor kontak telepon hilang maka sebaiknya dilakukan back up. Setelah di back up maka jika terjadi kehilangan data tinggal melakukan restore. Berikut cara untuk back up data-data termasuk nomor kontak di smartphone android.


  1. Membuka aplikasi pencadangan data yang menjadi bawaan dari smartphone.
  2. Terdapat 2 pilihan, yaitu Pembuatan Cadangan dan Kembalikan. Pilih Pembuatan Cadangan dan klik Data Pribadi.
  3. Langkah selanjutnya adalah memilih opsi berkas yang akan dicadangkan. Jika akan mencadangkan nomor kontak maka pilih nomor kontak.
  4. Pilihlah nomor kontak yang akan dicadangkan. Anda dapat mengatur nomor kontak siapa saja yang ingin dicadangkan.
  5. Setelah semua proses telah yakin benar maka pilih tombol Cadangkan data ke kartu SD. Berikan nama file kemudian klik OK.
  6. Tunggu sebentar sampai proses telah selesai.
  7. Cek apakah proses pencadangan data nomor kontak telah sukses. Caranya adalah dengan melihat memakai peramban berkas dari bawaan smartphone atau aplikasi file eksplorer. File kontak yang telah dicadangkan berada di folder backup data atau dengan nama file yang telah dibuat tadi. 

Biasanya data file yang dicadangkan berupa file vcf. File ini dapat dipindahkan atau dibuka pada saat diperlukan. Membuka file vcf bisa memakai aplikasi vcf reader atau Excel. Jika ingin mengedit juga dapat memakai program Excel.

Melakukan back up atau pencadangan data akan mencegah dari rasa was-was jika terjadi kehilangan data seperti data nomor kontak. Cara menyadangkan data nomor kontak di smartphone android juga sangat mudah dan tidak membutuhkan aplikasi dari pihak ketiga. Selain mencadangkan nomor kontak, cara ini dapat menyimpan data dan berkas lainnya.

Baca Juga :

Sekian Penjelasan Mengenai Cara Mudah Mencegah Kontak Telepon Android Hilang. Semoga Bermanfaat!