Mau Tahu Caranya Agar Kamera Tidak Bersuara Saat Memotret?




Oppotutorial.com - Umumnya fitur kamera sudah menjadi bawaan dari Hp Oppo. Melalui fitur ini dapat mengabadikan foto atau gambar dan video. Pengambilan foto melalui fitur kamera biasanya disertai dengan suara untuk memastikan telah sukses diproses oleh sistem. Setelah proses memotret selesai otomatis gambar akan disimpan di dalam memori HP. Namun dapat juga disimpan di dalam SIM Card melalui pengaturan tertentu.

Secara umum jika akan memotret menggunakan kamera dari HP akan mengeluarkan suara saat menekan tombol shutter. Suara tersebut merupakan bawaan dari HP pada pengaturan default. Jika telah memberikan suara sudah dipastikan proses pemotretan sukses. Namun jika belum bersuara maka memberikan tanda bahwa proses pemotretan belum sukses.

Tetapi ada kalanya Anda menginginkan agar kamera tidak bersuara saat melakukan proses pemotretan. Mungkin saja agar tidak terlalu berisik dengan bunyi dari shutter kamera. Atau juga mungkin akan melakukan foto rahasia dan tidak ingin diketahui oleh obyek. Pada Hp Oppo memiliki fitur yang dapat menghilangkan suara ketika shutter kamera ditekan sehingga tidak menimbulkan bunyi.

Hp Oppo memakai ColorOS yang memungkinkan untuk dapat menonaktifkan suara pada tombol kamera bawaan HP. Shutter atau suara rana dapat dinonaktifkan secara mudah tanpa berbelit dan tanpa mengunduh aplikasi lain dari pihak ketiga. Setelah sukses melakukan proses penghilangan suara tombol shutter kamera maka tidak akan lagi menimbulkan bunyi. Cara ini akan sangat berguna jika akan mengambil foto secara rahasia atau di saat yang sunyi.

Baca Juga :
Caranya Agar Kamera Tidak Bersuara Saat Memotret







Cara Mematikan Suara Tombol Kamera Hp Oppo

Sebenarnya dengan adanya suara shutter pada kamera Hp Oppo saat proses memotret akan sangat membantu. Terkadang saat pengambilan foto ternyata belum diproses dengan sukses dan sering tidak dilakukan pengecekan di galeri smartphone. Tentu saja akan sangat disayangkan jika ternyata foto-foto yang seharusnya diambil ternyata belum diproses secara sempurna.

Jika menggunakan suara tombol pada kamera maka dapat dipastikan bahwa foto sudah diambil dan diproses. Namun pada sebagian orang suara tombol kamera ini sangat mengganggu dan ingin dihilangkan. Pada Hp Oppo dapat saja menghilangkan suara tombol kamera tersebut. Cara menghilangkan suara tombol kamera di Hp Oppo adalah sebagai berikut.

  1. Langkah yang pertama adalah memasuki menu Setting atau menu Pengaturan pada Hp Oppo.  
  2. Selanjutnya memasuki ke opsi Aplikasi Sistem. Letak opsi ini ada di menu bagian bawah.
  3. Masuk ke opsi yang dituju yaitu Kamera.
  4. Langkah berikutnya adalah mengaktifkan Suara Rana atau Shutter Sound. Setelah proses ini sebenarnya sudah selesai dan suara tombol kamera sudah tidak terdengar lagi.
  5. Untuk memastikan apakah proses mematikan fungsi suara tombol kamera telah sukses maka menu Pengaturan ditutup dulu. Aplikasi kamera dicoba untuk melakukan pemotretan. Jika suara tombol shutter pada kamera sudah tidak berbunyi maka proses penyetingan telah sukses. 
  6. Jika ternyata suara shutter pada kamera masih terdengar pada saat pengambilan foto maka proses penyetingan harus dilakukan lagi dari awal. 
  7. Pastikan pada saat pengambilan foto menggunakan kamera tanpa suara shutter telah benar-benar diambil. Untuk memastikannya maka dapat melihat pada galeri HP.

Cara penyetingan untuk menghilangkan suara tombol shutter pada kamera Hp Oppo dapat dilakukan secara mudah. Namun jika sudah mengaktifkan Suara Rana atau Shutter Sound harus benar-benar memastikan agar foto maupun gambar telah diambil dan disimpan pada galeri HP.

Baca Juga :

Sekian Penjelasan Mengenai Caranya Agar Kamera Tidak Bersuara Saat Memotret. Semoga Bermanfaat!