Pengaturan Mudah Kata Sandi Di Hp Oppo




Oppotutorial.com - Sekarang ini hampir semua smartphone memiliki fitur kata sandi untuk mengunci agar HP tidak dapat dibuka sembarangan. Terkadang Anda merasa was-was saat meletakkan HP kemudian ada yang membukanya. Namun tidak perlu khawatir karena Hp Oppo telah dilengkapi fitur kata sandi atau kata kunci untuk mengamankan.

Untuk memperoleh kata kunci atau kata sandi di Hp Oppo tidak perlu aplikasi tambahan dan sudah menjadi bawaan dari HP. Ternyata tidak hanya penguncian layar saja tetapi juga dapat mengunci aplikasi tertentu. Aplikasi yang dapat dikunci yaitu WhatsApp, SMS, Facebook, Line dan BBM. Foto-foto yang ada di folder gallery juga dapat dikunci tersendiri agar tidak dibuka sembarang orang.

Baca Juga :
Pengaturan Mudah Kata Sandi Di Hp Oppo







Pengaturan Kata Sandi Di Hp Oppo

Metode penguncian yang tersedia di Hp Oppo sangat mudah dilakukan. Ada dua opsi yang dapat dipilih yaitu penguncian menggunakan password atau sandi dan pola. Caranya sangat simpel dan mudah. Tidak perlu melakukan pengunduhan aplikasi dari pihak ketiga karena sudah tersedia dan menjadi bawaan.

Setelah proses penguncian selesai maka dapat mengunci layar dan aplikasi tertentu. Untuk membukanya harus memasukkan kata sandi maupun pola yang telah dibuat. Namun notifikasi dari aplikasi tetap dapat masuk dan dilihat. Sehingga tidak akan ketinggalan informasi jika ada yang masuk ke aplikasi. Ini akan sangat membantu terutama jika HP sering dipinjam atau sering dimainkan oleh anak-anak.

Penguncian layar maupun aplikasi tertentu yang ada di HP sebenarnya juga sangat berguna. Terkadang tidak sengaja layar HP terbuka sendiri karena gesekan atau pencetan yang tidak disengaja. Ada kemungkinan pula aplikasi yang terbuka sendiri dan malah akan menekan sesuatu. Misalnya saja menekan nomor dan tersambung padahal tidak disengaja. 

Untuk melakukan pengaturan sandi Hp Oppo caranya sangat simpel dan mudah. Tinggal memilih kata kunci berupa sandi atau pola. Berikut ini cara mengatur kata sandi di Hp Oppo.

  1. Langkah yang pertama adalah masuk ke menu setting atau pengaturan.
  2. Pilihlah menu Layar Kunci dan Kata Sandi.
  3. Memilih Enkripsi Apli.
  4. Langkah selanjutnya membuat pola tertentu untuk membuka aplikasi. Apabila ingin memakai pin maka dapat dipilih Lainnya dan memilih Sandi Sederhana atau Sandi Rumit.
  5. Untuk melakukan penguncian pada aplikasi tertentu dan folder gallery maka tinggal memilih ke Aktifkan Enkripsi. 
  6. Setelah proses pembuatan kunci ini selesai maka setiap akan membuka layar maupun aplikasi yang terkunci harus memasukkan pin atau pola yang telah dibuat tadi. 

Pada beberapa seri Hp Oppo terutama Oppo F11, Oppo 10x Zoom, dan Oppo A9 atau yang harga hp tersebut diatas 3 jutaan ini terdapat penguncian layar lebih canggih yang disebut sebagai kunci layar pintar. Penguncian ini tidak menggunakan kata sandi maupun pola namun memakai wajah dan ada pula yang menggunakan sidik jari. Namun cara penguncian ini hanya ada di seri Hp Oppo terbaru dan tidak semua seri Hp Oppo tersedia.

Penguncian menggunakan metode wajah dan sidik jari akan lebih private lagi karena hanya akan dapat dibuka oleh pemilik HP itu sendiri. Tentu saja ini akan lebih aman dan tidak dapat dibuka oleh sembarang orang. Wajah dan sidik jari hanya dimiliki oleh pemiliknya sendiri. Tetapi semua itu merupakan pilihan dan tergantung pada kenyamanan.

Penguncian Hp Oppo apalagi pada Oppo Zoom akan sangat membantu untuk mengamankan dari tangan-tangan jahil. Penguncian ini juga akan memberikan keamanan dari kemungkinan menekan yang tidak disengaja. Untuk mengamankan aplikasi dan layar Hp Oppo memang sebaiknya dikunci sesuai dengan pilihan kenyamanannya, terutama lagi saat ukuran layar yang besar. Namun, memang anda akan dihadapi dengan harga hp Oppo yang lumayan besar.

Baca Juga :

Sekian Penjelasan Mengenai Pengaturan Mudah Kata Sandi Di Hp Oppo. Semoga Bermanfaat!