Penyimpanan Di Hp Oppo Lebih Banyak Dengan Hapus Cache




Oppotutorial.com - Smartphone mempunyai ruang penyimpanan yang terbatas. Penyimpanan internal tidak dapat memuat foto, gambar dan dokumen yang banyak. Apalagi ditambah dengan beberapa aplikasi tambahan yang sangat mengurangi ruang di penyimpanan. Ruang penyimpanan internal yang terlalu penuh dapat mengganggu kinerja dari smartphone tersebut. 

Baca Juga :

Penyimpanan Di Hp Oppo Lebih Banyak Dengan Hapus Cache







Terkadang sering terjadi kinerja pada smartphone yang lemot. Atau tidak dapat mengunduh foto, gambar dan bahkan stiker yang ukurannya kecil. Kondisi tersebut disebabkan ruang penyimpanan yang telah habis karena sudah penuh. Namun umumnya ada cara untuk membersihkan yang tidak diperlukan pada setiap smartphone masing-masing.

Di Hp Oppo terdapat fitur yang dapat membantu melegakan ruang penyimpanan. Dengan membersihkan penyimpanan maka kinerja aplikasi maupun sistem dapat bekerja lebih ringan. Data yang diakses juga lebih cepat apalagi saat mencari data. Caranya yang paling mudah adalah dengan menghapus cache. Cara ini dapat menambah memori penyimpanan sekaligus menyegarkan aplikasi dan sistem pada smartphone.

Hapus Cache Untuk Menambah Ruang Penyimpanan

Sebenarnya cache dapat memudahkan aplikasi dan sistem terakses lebih cepat karena tidak perlu membuat data yang baru lagi. Tetapi data sementara aplikasi ini dapat menumpuk dan menghabiskan ruang memori penyimpanan di internal. Cache yang menumpuk dapat membuat aplikasi dan sistem berjalan kurang cepat. Oleh karena itu, sebaiknya cache dibersihkan agar dapat menampung penyimpanan yang lebih banyak lagi.
Hp Oppo memiliki fitur tambahan yang dapat dipakai untuk menghapus cache. Fitur tambahan tersebut adalah Manajer Telepon. Sebelum melakukan penghapusan cache maka sebaiknya aplikasi Manajer Telepon diperbarui terlebih dahulu. Cara menghapus cache di Hp Oppo sangat mudah dan berikut langkah-langkahnya.
  1. Langkah yang pertama adalah membuka menu pengaturan atau setting.
  2. Pilih aplikasi Manajer Telepon dan buka aplikasi.
  3. Langkah berikutnya memilih opsi Bersihkan Memori. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.
  4. Selanjutnya menekan tombol Semua Data Cache Aplikasi. Untuk membersihkan cache ada dua pilihan. Pilihan yang pertama dapat memilih beberapa aplikasi tertentu terutama yang mempunyai data cache besar. Pilihan yang kedua yaitu langsung menghapus semua data cache tanpa memilih aplikasi tertentu.
  5. Pada proses penghapusan cache tidak dapat dibatalkan dan terhapus secara otomatis.
  6. Untuk Oppo seri ColorOS 3.0 caranya berbeda. Masuk ke Pusat Keamanan kemudian klik Bersihkan & Percepat dilanjutkan pilih Bersihkan dan tunggu beberapa saat hingga proses selesai.
  7. Untuk Oppo seri ColorOS 3.1 dan seri Color 3.2 caranya juga berbeda. Masuk ke Manajer Telepon kemudian lanjut ke Bersihkan & Percepat dilanjutkan pilih Bersihkan dan tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

Cache yang menumpuk di smartphone dapat membuat sistem maupun aplikasi berjalan lambat dan cenderung lemot. Kondisi ini sangat mengganggu saat sedang melakukan kegiatan di Hp dan pekerjaannya. Pembersihan cache dapat membantu pengosongan ruang sehingga kinerja sistem dan aplikasi dapat berjalan seperti seharusnya. 

Untuk mencegah kondisi tersebut maka akan lebih baik jika pembersihan cache dilakukan secara berkala dan rutin. Jangan sampai cache dibiarkan menumpuk yang berakibat lemotnya sistem maupun aplikasi. Memori yang terlalu penuh atau malah tidak ada ruang penyimpanan terkadang dapat berakibat fatal. Mungkin saja dapat terjadi aplikasi yang tidak dapat dibuka. 

Memakai smartphone harus dapat mengetahui fitur-fitur yang dimiliki. Pada Hp Oppo mempunyai banyak sekali fitur yang memudahkan bagi penggunanya termasuk fitur pembersihan cache. Ruang memori yang lapang akan dapat melancarkan kinerja sistem dan aplikasi. 

Baca Juga :

Sekian Penjelasan Mengenai Penyimpanan Di Hp Oppo Lebih Banyak Dengan Hapus Cache. Semoga Bermanfaat!