Seperti Inilah Cara Mengaktifkan Layanan Lokasi Di Oppo F11




Oppotutorial.com - Smartphone yang ada sekarang ini memiliki fitur untuk menghubungkan dengan jaringan internet. Saat terhubung di jaringan internet pasti ada juga fitur layanan lokasi. Fitur ini sangat penting untuk mengetahui keberadaan pengguna. Kecanggihan teknologi memang memungkinkan untuk mengetahui keberadaan seseorang melalui smartphone. Namun syaratnya adalah mengaktifkan layanan lokasi pada smartphone.

Baca Juga :

Seperti Inilah Cara Mengaktifkan Layanan Lokasi Di Oppo F11


Layanan lokasi yang aktif ini berkaitan juga dengan penggunaan aplikasi. Salah satu aplikasi yang berhubungan dengan pengaktifan layanan lokasi adalah layanan transportasi online. Misalnya untuk menentukan alamat penjemputan maka sangat dibutuhkan layanan lokasi yang aktif agar dapat menemukan tempat.

Selain aplikasi transportasi online, layanan lokasi juga berguna untuk mengaktifkan aplikasi zona waktu atau jam menurut lokasi pengguna. Misalnya pengguna sedang berada di kota lain atau negara lain maka zona waktu dan jam dapat menyesuaikan. Begitu pula dengan kondisi cuaca yang sedang dan akan terjadi berdasarkan lokasi pengguna dapat langsung diupdate.






Cara Mengaktifkan Layanan Lokasi

Layanan lokasi yang aktif di smartphone sangat penting untuk menunjang aplikasi lain. Informasi yang terupdate akan dapat diperoleh secara cepat dan akurat. Layanan lokasi akan bermanfaat ketika melakukan foto dengan watermark lokasi dan waktu. Layanan lokasi juga akan berguna saat akan memposting di media sosial.

Layanan lokasi akan memberikan posisi yang akurat tentang keberadaan pengguna. Kompas dan maps tergantung pula pada layanan lokasi yang aktif. Oleh karena itu, pengaktifan layanan lokasi sangat penting karena banyak aplikasi yang tergantung dan berkaitan. Berikut cara mengaktifkan layanan lokasi di Oppo F11.

  1. Langkah yang pertama adalah menggeser layar bagian atas dan menemukan Pusat Kontrol.
  2. Selanjutnya memilih Layanan Lokasi atau simbol seperti tetes air terbalik dengan titik pada tengahnya.
  3. Dapat juga masuk ke menu Pengaturan kemudian memilih Google dan selanjutnya klik Lokasi. Pastikan fitur ini aktif dengan perubahan warna tombol menjadi hijau. 
  4. Jenis posisi dapat dipilih dengan akurasi dan penggunaan baterai yang berbeda. Untuk akurasi yang tinggi dipakai oleh aplikasi Bluetooth, WIFI dan GPS. Konsumsi baterai yang rendah dipakai Jaringan Seluler, Bluetooth dan WIFI. Sedangkan perangkat saja memakai GPS.

Setelah pengaktifan layanan lokasi biasanya akan ada beberapa aplikasi yang memakainya sebagai latar belakang secara otomatis. Posisi aplikasi yang memakai GPS pada latar belakangnya dapat dikontrol. Pemakaian GPS yang terus-menerus pada latar belakang dapat mengurangi pemakaian baterai sehingga baterai cepat habis.

Cara untuk mengetahui aplikasi yang memakai GPS atau layanan lokasi dapat dilihat dengan mudah. Caranya yaitu masuk ke menu Setelan atau Setting kemudian Setelah Tambahan. Selanjutnya klik Manajemen Aplikasi dan jika ingin lengkap pilih semua. Klik satu persatu aplikasi yang kemungkinan memakai Layanan Lokasi atau GPS pada latar belakangnya. Jika tidak dibutuhkan dapat dinonaktifkan agar tidak cepat mengurangi pemakaian baterai.

Pemakaian Layanan Lokasi membutuhkan jaringan internet untuk memastikan posisi pengguna secara akurat. Apabila data seluler tidak dihidupkan atau WIFI tidak tersambung maka Layanan Lokasi tidak dapat update data posisi terbaru. Penggunaan Layanan Lokasi dapat dimatikan jika ada kekhawatiran dilacak oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Namun pemakaiannya lebih bermanfaat jika tetap dihidupkan.

Fitur layanan lokasi pada smartphone banyak bermanfaat untuk menjalankan aplikasi lainnya yang berkaitan. Mengaktifkan Layanan Lokasi caranya sangat mudah dan bermanfaat. Apabila ada cara lain untuk mengaktifkan layanan lokasi di Oppo F11 dengan mudah dapat menuliskan di kolom komentar.

Baca Juga :

Sekian Penjelasan Mengenai Seperti Inilah Cara Mengaktifkan Layanan Lokasi Di Oppo F11. Semoga Bermanfaat!