Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengisi Tinta Printer Canon IP2770

    Cara Mengisi Tinta Printer Canon IP2770 - Printer Canon IP2770 merupakan printer keluaran Canon dengan harga ekonomis. Cartridge Canon IP2770 yaitu PG-810 untuk tinta hitam, dan CL-811 untuk tinta warna.


    Cara Mengisi Tinta Printer Canon IP2770


    Mungkin Anda sering mendengar keluhan ataupun pernah mengalami sendiri permasalahan ketika hendak mencetak suatu file atau dokumen, ternyata printer tidak merespon. Kita tidak pernah tahu kapan printer akan bermasalah. Berbagai masalah pencetakan terkadang datang ketika kita sedang dalam kondisi darurat untuk mencetak.


    Beberapa masalah dalam pencetakan, di antaranya adalah kertas jamming, tinta habis, atau cartridge yang rusak. Jika hasil cetakan teks ataupun gambar tidak terlihat jelas, maka bisa jadi bahwa tinta Anda habis. Jika hal ini terjadi, maka Anda harus melakukan isi ulang tinta printer sebelum dapat menggunakannya kembali.


    Sebagai pemilik printer, Anda paling tidak harus dapat mengisi sendiri tinta printer Anda, supaya pekerjaan pencetakan tidak perlu ditunda. Pengisian tinta harus dilakukan sesuai dengan petunjuk, supaya printer Anda, terutama pada bagian catridgenya akan awet.



    Berikut Cara Mengisi Tinta Printer Canon IP2770 yang Perlu Anda Ketahui.







    Siapkan Perlengkapan Terlebih Dahulu

    Ketika hendak mengisi ulang tinta printer, maka Anda harus mempersiapkan beberapa perlengkapan, di antaranya adalah tinta yang akan diisi ulang (hitam, merah, kuning, atau biru), suntikan tinta yang akan membantu dalam memasukkan tinta yang dibutuhkan ke dalam catridge, tisu untuk mengecek apakah tinta dalam catridge masih ataupun sudah habis, dan paku kecil ataupun jarum suntik yang kuat untuk melubangi bagian catridge yang hendak diisikan tinta.


    Sebenarnya, Anda bisa melakukan perkiraan terhadap tinta mana yang harus diganti, berdasarkan penggunaannya tinta tersebut untuk keperluan pencetakan. Jika printer anda termasuk yang aktif digunakan, maka Anda bisa membuat catatan kapan jadwal mengisi tinta printer tertentu.


    Untuk Anda ketahui, cartridge yang diisi tinta tersebut dapat digunakan untuk mencetak sekitar 100-150 lembar, tergantung warna tulisan yang dicetak, sebelum kemudian harus diisi ulang kembali. Jadi, jika Anda sudah menggunakan untuk kegiatan mencetak sekitar jumlah tersebut, maka Anda bisa mengisi ulang tinta printer Anda.


    Nyalakan Printer

    Pengisian tinta dilakukan pada catridge printer. Sebelum Anda mengambil cartridge printer, Anda harus menghidupkan printer terlebih dahulu untuk dapat melepas catridge yang hendak diisikan tinta. Hidupkan printer hingga lampu indikatornya berhenti berkedip.


    Ketika lampu indikatornya berhenti berkedip itulah Anda kemudian bisa membuka bagian penutup printer. Setelah itu, tunggu hingga cartridge berhenti berjalan di tengah-tengah. Ketika catridge telah berhenti berjalan, maka Anda dapat melepasnya.


    Lakukan Pengecekan Tinta Pada Cartridge

    Anda bisa melakukan pengecekan terhadap ketersediaan tinta pada cartridge, untuk mengetahui tinta apa yang dibutuhkan. Sebelumnya, lepaskan catridge terlebih dahulu dengan cara menekan cartridge hingga terlepas dari tempatnya. 


    Jika Anda ingin mengecek ketersediaan kedua catridge, maka anda bisa melepaskan baik catridge warna ataupun catridge hitam di printer. Untuk catridge warna, terletak pada bagian kiri dengan kode C, sedangkan untuk catridge hitam terletak pada bagian kanan dengan kode B.


    Ketika melepaskan cartridge, jangan sampai menyentuh bagian chip kuning yang terdapat di belakang catridge. Chip kuning yang terbuat dari tembaga tersebut yang akan menghubungkan antara catridge dengan printer. Bagian ini termasuk sensitif jika kotor sedikit saja. Akibatnya, catridge bisa tidak terbaca oleh printer dan Anda akan kesulitan untuk mencetak dokumen yang Anda butuhkan nantinya. Jika Anda tidak sengaja menyentuhnya, maka lap pelan-pelan dengan tisu kering.


    Anda bisa mengecek ketersediaan tinta dengan cara meletakkan cartridge di atas tisu kering dan menggesernya perlahan untuk melihat kondisi tinta. Jika warna tinta masih terlihat jelas, maka berarti tinta masih cukup untuk mencetak, namun jika warna tinta yang muncul pada tisu kering sudah tidak terlalu jelas, maka tandanya tinta sudah hampir habis.


    Lepaskan Label Bagian Atas Cartridge

    Lepas kertas label bagian atas (jika printer atau catridge Anda dalam kondisi baru), Anda akan melihat terdapat titik yang bisa Anda lubangi untuk mengisi tinta. Anda bisa melubangi bagian tersebut dengan paku ataupun dengan jarum suntik yang cukup besar. Isikan tinta sesuai dengan label warnanya


    Cara mengisi tinta printer Canon IP2770 adalah menggunakan suntikkan printer yang cukup besar. Anda bisa membeli suntikkan printer berikut dengan tinta isi ulang pada toko yang menyediakan perlengkapan printer Canon yang terdekat dengan tempat Anda tinggal. Untuk catridge hitam, Anda tidak perlu khawatir karena sudah jelas lubang pada cartridge tersebut hanya untuk tinta hitam.


    Pada catridge warna, ada tiga lubang yang harus Anda perhatikan benar lubangnya masing-masing. Anda bisa melihat dari labelnya, di mana warna merah, kuning, ataupun biru. Hal ini penting supaya ketika Anda menyuntikkan tinta tersebut akan sesuai pada tempatnya. Anda tentu tidak mau salah memasukkan tinta yang akan membuat hasil warna menjadi tercampur.


    Jangan menggunakan satu suntikkan untuk empat warna tinta tersebut, sebaiknya sediakan satu suntikan untuk satu warna, supaya Anda tidak perlu repot-repot membersihkannya terlebih dahulu ketika hendak mengisi tinta. 


    Isi tinta secukupnya saja. Anda bisa mengisinya di bawah 10 ml. Isikan pelan-pelan supaya tidak terjadi penyumbatan pada bagian lubang yang akan membuat tinta jadi meluber. Bersihkan sisa-sisa tinta dengan menggunakan tisu kering.


    Kembalikan Catridge Seperti Semula

    Jika proses pengisian sudah selesai dan sudah dirasa cukup tinta yang disuntikan tersebut, Anda bisa mengeceknya kembali menggunakan tisu yang diletakkan pada bagian bawah catridge. Tunggu hingga tinta turun untuk mendapatkan hasil yang lebih jelas.


    Kemudian, kembalikan cartridge sesuai dengan tempatnya masing-masing, baik catridge hitam maupun warna. Setelah selesai terpasang, tutup pula penutup printer dan tunggu printer mengenali cartridge yang baru saja dipasang tersebut.


    Cek Hasil Cetakan

    Anda kemudian bisa mengecek hasil cetakan tinta printer yang telah Anda isikan. Gunakan kertas tidak terpakai untuk mengecek hasil cetakan Anda. Cetak sesuai dengan tinta yang Anda isikan, jika Anda telah mengisi tinta warna, maka print gambar sesuai dengan warna tinta yang telah Anda isikan. Hasil cetakan tinta yang baru Anda isikan biasanya belum sebaik biasanya atau masih kurang jelas. Hal tersebut sebenarnya wajar karena tinta belum turun dengan sepenuhnya.


    Anda bisa mengulangi beberapa kali mencetak hingga mendapatkan kualitas tulisan atau gambar yang Anda inginkan. Setelah Anda puas dengan hasil cetakan tersebut, kemudian Anda bisa menggunakan printer Canon IP2770 untuk mencetak dokumen atau file sesuai dengan kebutuhan Anda.


    Jika hasil cetakan masih kurang jelas, maka Anda bisa melakukan pembersihan ataupun cleaning untuk mendapatkan hasil cetakan yang bersih ataupun tanpa hasil smudge tinta yang berlebih pada kertas yang membuatnya terlihat kotor.


    Sekian informasi mengenai cara mengisi tinta printer Canon IP2770, semoga bermanfaat!