Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Software Printer Epson I360

Software Printer Epson I360 - Printer merupakan salah satu alat yang banyak digunakan oleh pengguna komputer, baik itu di rumah, instansi pemerintah, sekolah bahkan di tempat fotocopyan. Printer sangat penting karena mesin ini mampu menampilkan data komputer dalam bentuk cetakan bisa berupa tulisan ataupun gambar. Printer sendiri banyak sekali jenisnya, kamu bisa mendapatkanya dengan mudah dan harganya pun terjangkau.


Software Printer Epson I360


Untuk menjalankan printer agar terhubung dengan komputer atau laptop dibutuhkan sebuah sistem software atau driver printer. Bagi kamu yang punya printer wajib untuk mendownload software ini. Perangkat lunak ini harus ada di komputer atau laptop kamu sehingga data bisa di cetak. Tujuan dari software printer agar aplikasi memungkinkan melakukan pencetakan. 


Banyaknya pengguna printer yang menggunakan printer untuk sebuah pekerjaan, maka diperlukan printer yang mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Kali ini kita akan membahas dan memberikan informasi mengenai software printer Epson l360. 



Software Printer Epson I360


Perangkat lunak printer Epson l360 merupakan software yang dikembangkan oleh Epson sendiri yang bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam mengontrol printer melalui PC windows. Perlu kalian ketahui tanpa adanya aplikasi ini maka fungsi printer tidak akan berjalan dengan baik. Printer jenis ini menyediakan beberapa kegunaan dapat digunakan untuk scan, print, dan copy. 


kamu tidak perlu khawatir akan Bahasa yang digunakan software printer Epson l360 sebab, aplikasi ini menyediakan beberapa Bahasa termasuk Bahasa Indonesia. Web installer yang disediakan Epson dalam menginstalnya ada yang memerlukan jaringan internet dan ada juga yang tidak. Web installer Epson versi offline sangat memudahkan karena pengguna tidak harus terkoneksi internet. 








Jenis-jenis Software Epson l360


Software printer Epson l360 terdapat 2 jenis. Pertama untuk fungsi print, jika ingin mengontrol print pada printer maka harus mengunduh software untuk printer. Jenis yang kedua untuk fungsi scanner, software ini digunakan untuk mengontrol scanner pada printer. Kamu juga bisa langsung mendownload aplikasi ini jika diperlukan. 


Tetapi, terkadang fungsi print dan scanner masing-masing dibutuhkan terutama di tempat fotocopy. Kamu bisa memasang keduanya sehingga bisa terkontrol bersamaan. Selain itu, software ini juga tersedia untuk sistem operasi windows 32 bit maupun 64 bit. 



Cara Mendownload Software Epson l360 untuk Print dan Scanner


Sebenarnya software pada web Epson difungsikan untuk membantu para pengguna jika Cd driver bawaan hilang atau rusak. Software ini merupakan fasilitas tambahan agar perangkat printer dapat terakses dengan baik. namun, sebaliknya bila kamu tidak mendownload aplikasi ini maka akan sangat sulit untuk di akses. Sebaiknya untuk mendownload software ini di situs resmi agar lebih aman . berikut ini adalah Langkah-langkah mengunduh software printer Epson l360 untuk fungsi print dan scanner.

  

  1. Pastikan komputer kamu terkoneksi dengan internet
  2. Silahkan kamu buka situs resmi Epson di https;www.epson.co.id
  3. Setelah kamu membukanya maka akan muncul menu support, klik support maka akan muncul download driver Epson all series.
  4. Silahkan kamu pilih jenis printer Epson kamu misalnya large format, inkjet, dot matrix dan masih banyak lagi, pilih sesuai dengan jenis printer Epson yang kamu miliki
  5. Selanjutnya, pilih seri dari printer kamu, seri printer Epson sangat banyak seperti l110, l300, l800 dan lain-lain. Pembahasan kali ini menggunakan seri printer seri l360 maka kamu pilih kategori tersebut. Maka  otomatis akan muncul halaman driver yang di maksud. 
  6. Berikutnya, kamu tinggal memilih sistem operasi windows apa yang kamu gunakan. Misalnya windows 7, windows 8 atau windows 10. 
  7. Sesuaikan berapa bit yang kamu gunakan 32 bit atau 64 bit
  8. Setelah sudah memilih system yang pas, lalu klik driver dan software. Akan muncul link untuk mengunduh driver dan software yang diinginkan
  9. Download driver printer dan scanner. 



Cara Menginstal Software Printer Epson l360


Setelah kamu selesai mengunduh file software baik itu printer atau scanner berikutnya kamu perlu menginstal software tersebut. Di bawah ini merupakan Langkah-langkah menginstal software printer Epson l360.


  1. Buka file software atau driver yang sudah di download, caranya klik kanan lalu pilih “run as administrator”
  2. Selanjutnya centang menu “ set as default printer “ lalu pilih Ok
  3. Pilih bahasa yang diinginkan. Agar memudahkan kamu sebaiknya kamu pilih Bahasa Indonesia lalu klik Ok
  4. Klik agree lalu Ok
  5. Tunggu beberapa saat sampai proses instal selesai
  6. Apabila di desktop muncul kata “ setup completed “ klik Ok
  7. Jika software sudah berhasil diinstal maka printer siap digunakan baik itu print atau scan



Menginstal Software Printer Epson l360 dengan CD


Pada umumnya jika kamu membeli printer Epson l360 akan disediakan sebuah CD untuk menginstal software dan driver. Kamu tinggal memasukkan CD tersebut dan memulai penginstalan tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu. Tetapi, terkadang ada kendala CD yang disediakan rusak atau hilang. Maka kamu perlu mendownload software dalam situs resmi Epson. 



Bagaimana Jika Printer Tidak Mau Merespon? 


Sering kali terjadi Ketika kita ingin print melalui printer namun, printer tidak mau merespon biasanya karena masalah kabel penghubung tidak terpasang dengan benar. tetapi, bila printer juga tidak mau merespon kamu perlu memperhatikan hal berikut. 


Periksa Kabel Wireless

Ini merupakan masalah paling umum koneksi penghubung ke printer tidak dapat dideteksi oleh komputer sebaiknya kamu pergi ke menu device manager pilih universal serial bus controllers, lalu klik kanan pada USB yang bermasalah lalu klik uninstall, tunggu beberapa menit sampai terhubung Kembali.


Lakukan Pembaruan Software Printer Epson l360

Seperti pada software lainnya, sejumlah printer juga membutuhkan pembaruan software agar dapat berjalan dengan maksimal lagi. Maka, kamu perlu melakukan pembaruan ikuti petunjuk hingga selesai. 


Menjalankan Printer Troubleshooter 

Jika pembaruan software belum memperbaiki masalah, kamu bisa memfungsikan software printing troubleshooter yang bisa di unduh di situs resmi Epson. Software tersebut akan mendeteksi dan memperbaiki masalah sampai printer dinyatakan normal Kembali. 


Hapus dan Reset File Spooler 

Cara ini dianggap cara terakhir apabila printer masih saja mengalami problem. Print spooler sendiri ialah file yang mengelola proses percetakan.



Kelebihan Printer Epson l360 


Printer Epson l360 mempunya banyak sekali keunggulan. Printer dianggap rekomendasi karena terdapat teknologi hemat tinta. Pencetakan yang dilakukan printer Epson l360 juga sangat tajam dan jelas resolusinya bisa mencapai 5760 x 1440, selain untuk mencetak atau print, printer ini juga bisa digunakan untuk foto copy dan scan. 


Bahkan untuk fotocopy nya saja tidak hanya hitam putih  melainkan bisa berwarna. Selanjutnya untuk fitur scan gambar bisa dengan berbagai format dari JPEG, BMP dan PDF. 


Demikian lah informasi mengenai software printer Epson l360. Menggunakan suatu alat memang perlu diketahui hal dasarnya supaya tidak salah dalam menjalankanya. Sehingga alat tersebut bisa berjalan dengan baik dan bisa digunakan untuk kebutuhan yang diperlukan.