Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sudah Tahu Caranya Screenshoot Vivo Gunakan S Capture?

Sudah Tahu Caranya Screenshoot Vivo Gunakan S Capture - Persaingan yang ketat antara vendor smartphone membuat mereka berlomba untuk memberikan kemudahan dan keunikan pada smartphone produksinya. Tak terkecuali pada Vivo. Banyak fitur-fitur unik yang diberikan Vivo untuk memanjakan penggunanya. Salah satunya adalah dengan fitur S Capture.


Sudah Tahu Caranya Screenshot Vivo Gunakan S Capture
Sudah Tahu Caranya Screenshot Vivo Gunakan S Capture


Sebelum banyak membahas mengenai fitur S capture ini, mungkin anda akan bertanya. Apa beda dari screenshoot biasa yang menggunakan tombol Power dan Power Down dengan fitur S capture ini? Bedanya, jika menggunakan fitur S capture ini anda bisa mengatur hasil capture ataupun memperpanjang ukurannya.


Bagaimana? Anda tertarik? Jika tertarik, berikut tutorial screenshoot Vivo dengan menggunakan S capture. 


1. Mengaktifkan Fitur S Capture

Fitur S capture ini merupakan operating sistem bawaan Vivo sehingga anda tidak perlu repot-repot untuk menginstalnya. Fitur ini terletak pada control center yang berada di bagian bawah layar smartphone anda. Hanya sekali usap saja, anda sudah bisa melihatnya. Untuk mengaktifkan, anda hanya tinggal tekan tombol s capture tersebut.







2. Tekan Jenis Screenshoot Yang Diinginkan

Setelah mengaktifkan fitur S capture, maka akan muncul sebuah gambar bundaran. Anda bisa menyentuh gambar bundaran tersebut untuk memilih screenshoot yang anda inginkan. Ada 4 pilihan screenshoot yang bisa anda pilih, yaitu record screenshoot yang berguna untuk merekam layar, Long Screenshoot, Rectangular Screenshoot, dan Funny Screenshoot.


• Long Screenshoot

Adalah pilihan screenshoot yang bisa anda pilih jika ingin memperpanjang ukuran screenshoot. Caranya sangat mudah. Yaitu anda cukup menekan tombol next yang berada di pojok kanan bawah lalu menarik kotak biru ke arah bawah. Dengan cara seperti ini, layar sepanjang apapun yang anda inginkan, bahkan sepanjang layar bisa di-screenshoot sebagai sebuah gambar. Setelah itu, jangan lupa untuk menyimpannya.


• Rectangular Screenshoot

Jika anda ingin membuat area yang lebih fleksibel untuk menangkap layar, ada baiknya anda memilih rectangular screenshoot. Dengan menggunakan screenshoot jenis ini anda bisa mengambil potongan sebuah berita layaknya kliping pada koran. Anda bisa mengambil bagian-bagian tertentu pada sebuah layar, lalu meng-cupture sesuai dengan keinginan, lalu save agar bisa tersimpan.


Mungkin anda akan bertanya. Apa beda dari long screenshoot dengan rectangular screenshoot? Kalau long screenshoot, anda hanya bisa menarik ke bawah sepanjang layar. Sedangkan rectangular screenshoot anda bisa menarik screenshoot pada sisi segi empat di layar sehingga membentuk persegi atau rectangular.



• Funny Screenshoot

Jika rectangular bisa ditarik pada posisi segiempat dan long bisa ditarik dengan posisi memanjang, maka funny bisa memberikan pilihan screenshoot yang lebih fleksibel lagi. Funny screenshoot bisa anda gunakan sesuai selera. Atau bahkan anda bisa gunakan template pada aplikasi seperti shape ataupun doodle.


Selain beberapa jenis screenshoot di atas, Vivo juga memanjakan penggunanya dengan fitur lasso tool seperti yang ada pada photoshop. Dengan fitur lasso tool ini anda bisa mengambil gambar dengan bentuk yang cukup rapih dan tidak kaku. Fitur ini akan sangat berguna bagi anda yang hoby otak atik gambar pada layar.


Sekalipun fitur S capture ini sungguh menggiurkan, tidak semua pengguna Vivo bisa menikmati layanan ini. Jika anda ingin menikmatinya, gunakan perangkat dengan Fun OS di atas versi 3.1.


Itulah beberapa cara screenshoot Vivo menggunakan S capture. Dengan hadirkan fitur-fitur kekinian, salah satu smartphone dari keluarga Oppo ini sangat tahu bagaimana cara memanjakan para pengguna dan penggemar fanatiknya.