Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Teman di Telegram

Cara Mendapatkan Teman di Telegram - Era digital mengubah perilaku dalam berbagai aspek. Begitu banyak kegiatan yang bisa dilakukan secara efektif. Komunikasi bisa sampai lebih cepat dan tak terbatas waktu. Telegram menunjang sarana bertukar pesan yang mudah. Sikap ini turut mempengaruhi pergaulan sehari-hari.


Cara Mendapatkan Teman di Telegram
Cara Mendapatkan Teman di Telegram


Kehadiran aplikasi smartphone ini memiliki fungsi utama pada perpesanan. Akses jaringan yang sangat luas dapat digunakan pula untuk mendapatkan teman secara acak. Dipadu dengan rancangan teknologi, media ini menghubungkan orang yang tidak kenal menjadi akrab. Cara mendapatkan teman di Telegram bisa menggunakan fitur yang tersedia.


Via Kolom Pencarian Username

Hampir semua aplikasi perpesanan dan media sosial memiliki fitur pencarian. Kolom pencarian ini biasa ditandai dengan gambar kaca pembesar. Paling umum terletak pada bagian paling atas dari ruang chat atau halaman muka. Cara mendapatkan teman di Telegram melalui fitur ini, antara lain:


Membuka Aplikasi Telegram

Langkah pertama adalah membuka aplikasi yang terinstall pada smartphone. Pastikan Telegram sudah dalam kondisi telah diupgrade versi terbaru. Agar kinerjanya lebih optimal dan tidak sering terjadi error.

Jika belum ada, maka download dan install terlebih dahulu. Media chatting ini bisa ditemukan di Google Play Store dan Apps Store. Tergantung smartphone dengan sistem apa yang sedang digunakan.


Memilih Kolom Pencarian

Aplikasi yang telah terbuka akan membawa anda pada menu utama. Menu utama ini disebut juga denga menu chat. Karena langsung menampilkan deretan pesan dari beberapa akun.

Pada bagian atas ketuk ikon kaca pembesar. Kemudian akan muncul kolom dengan kursor yang berkedip-kedip. Kolom kosong inilah yang digunakan untuk mengetikkan username teman.


Mengetikkan Username

Ketikkan nama teman atau pengguna lain pada kolom pencarian. Nama yang diketikkan adalah username. Bukan nama profil, nama asli atau nama lengkap teman tersebut. Tapi, nama yang berbentuk unik dan hanya dimiliki pengguna tersebut. Ini berarti setiap pemilik aplikasi memiliki nama yang berbeda.

Jika tidak tahu atau ingin mendapatkan teman secara acak, ketikkan username secara asal. Cobalah ketik sembarang nama dengan menyematkan kata depan terlebih dahulu. Kemudian lanjutkan dengan ketik kata belakangnya tanpa spasi.


Memilih Username

Setelah mengetik username, maka muncul daftar nama yang mirip. Ini sama seperti anda melihat daftar teman di Facebook, Line atau Instagram. Sehingga tidak perlu mengetahui ID lawan bicara terlebih dahulu. Pilih salah satu dari akun pengguna yang ada. 


Lakukan Chat

Usai ketuk ID, maka akan muncul kolom chat dari akun teman tersebut. Ini pertanda anda berhasil menemukan lawan berkirim pesan. Sehingga bisa memulai chat.



Via Bot Anonymous

Mencari teman secara acak di Telegram ternyata cukup mudah. Aplikasi yang diunduh secara gratis ini menawarkan fitur Anonymous menggunakan bot, yaitu berupa perintah yang akan mengaktifkan pencarian menggunakan kode. Kode ini nantinya akan dibaca oleh sistem. Sehingga melakukan apa yang diperintahkan.


Teknologi canggih ini diadaptasi oleh Telegram. Sehingga pengguna bisa berkomunikasi secara luas. Juga bisa mendapatkan pengalaman seru mengobrol dengan kawan baru. Melalui fitur ini bahkan bisa berkirim pesan dengan orang luar negeri. Caranya cukup sulit di awal, tapi mudah jika terbiasa.


Menjalankan Telegram

Sentuh pada logo aplikasi Telegram di smartphone, laptop atau PC. Pastikan sudah diupdate versi yang baru. Akan muncul halaman muka yang berisi deretan chat. Fitur ini bisa diterapkan jika aplikasi telah diupgrade.


Mencari Anonymous Chat

Pada bagian atas halaman pesan, sentuh kaca pembesar. Ikon tersebut merupakan simbol pencarian. Ketik “Anonymous Chat” atau “@chatbot” pada kolom pencarian. Sehingga muncul beberapa akun anonim.

Anda akan menemui akun dengan jumlah pengikut dan tidak. Pilihlah akun anonymous tanpa pengikut. Karena pada profil yang tertulis jumlah anggota, kemungkinan adalah channel atau grup.


Mencari Teman

Lanjutkan dengan mencari teman terlebih dahulu. Anda akan diarahkan menuju halaman chat yang kosong. Sentuh pada “start” yang ada di bagian paling bawah kolom chat. Kemudian ketikkan perintah “search” untuk mencari teman. Tunggu beberapa saat hingga ada jawaban “partner found”.


Memulai Obrolan

Setelah muncul balasan, maka bisa memulai chat dengan lawan. Anda bisa menanyakan tentang jenis kelamin, usia dan asal.


Mengakhiri Obrolan

Karena didapatkan secara acak, lawan ngobrol belum pasti cocok. Sehingga ingin mencari teman yang lain. Ada juga saat merasa sudah bosan, ingin mengakhiri chat. Maka, ketikkan “next” untuk mencari teman yang lain. Apabila ingin keluar dari obrolan yang berlangsung, ketikkan saja “stop”.








Via Lokasi Terdekat

Cara mendapatkan teman di Telegram ini terbilang unik. Aplikasi yang diunduh lebih dari 2 juta orang ini, menawarkan fitur Add People Nearby. Berkat kecanggihannya, pengguna bisa mencari teman dari lokasi sekitarnya. Sehingga tidak perlu ID atau nomor ponsel untuk menambah teman.


Mengaktifkan GPS pada Smartphone

Sangat penting untuk mengaktifkan GPS saat menjalankan fitur ini. Ketuk pada logo GPS di smartphone.


Menjalankan Telegram

Bukalah aplikasi Telegram. Pastikan telah mendapat upgrade terbaru. Tujuannya agar fitur ini berjalan lancar.


Memilih Menu Profile

Setelah muncul halaman utama, ketuklah pada menu profile. Menu ini digambarkan tiga garis horizontal yang sejajar. Letaknya ada di bagian pojok atas sebelah kiri. Lalu akan muncul jendela baru berisi foto profil dan username.


Mencari Pengguna Lain

Untuk menemukan pengguna Telegram yang lain, maka sentuh menu “Cari pengguna sekitar” atau “Add People Nearby”. Maka muncul tampilan daftar akun lain yang berada di dekat anda secara otomatis.

Jika tetap ingin menampilkan profil sendiri, maka sentuh pada perintah “Buat saya terlihat” atau “Make Myself Visible”. Ini dapat menunjukkan akun pada orang lain. Sehingga pengguna lain juga dapat menemukan anda.


Memilih Kontak

Dari list akun yang ditemukan, anda bisa memilih yang diinginkan. Fitur ini tidak hanya menemukan akun pribadi, tapi juga grup maupun channel. Tertulis pula jarak antara pengguna lain dengan lokasi anda sekarang. Setelah memilih teman, maka akan muncul profil pengguna tersebut. 


Memulai Obrolan

Untuk mulai chat, anda bisa sentuh “send message” pada foto profile. Apabila ingin percakapan dengan identitas rahasia, maka ketuk pada titik tiga. Letaknya di pojok kanan atas profil teman. Kemudian sentuh “Start Secret Chat”.

Layar akan berpindah menuju kolom chat. Sehingga anda bisa memulai obrolan dengan teman baru. Apabila ingin menyimpan kontak, bisa memilih menu “Tambah Kontak”.


Kecanggihan fitur mencari teman ini memiliki keuntungan. Sekaligus membuat Telegram mampu bersaing dengan lawan sejenisnya. Menerapkan cara mendapatkan teman di telegram harus bijaksana. Fungsinya harus dimanfaatkan dengan tepat agar tidak menimbulkan dampak negatif pada diri sendiri dan orang lain. 


tags : cara mencari teman di telegram dengan anonymous, cara mengetahui id telegram orang lain, cara mendapatkan teman luar negeri di telegram, cara menambahkan teman di grup telegram, cara menonaktifkan pengguna sekitar di telegram, cara chat dengan bot telegram, cara mencari jodoh di telegram, anonymous chat telegram indonesia