Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan RAM HP Oppo Untuk Semua Tipe

Cara Membersihkan RAM HP Oppo Untuk Semua Tipe - Bagi semua ponsel android, membersihkan RAM dari sampah sangat penting termasuk untuk produk Oppo. Oleh karena itu, ada cara membersihkan RAM HP Oppo  karena alasan tersebut. Karena, RAM merupakan salah satu bagian pada ponsel yang sangat berperan penting bagi kinerja dan performa sebuah ponsel. Setelah Anda menggunakannya, pasti aka nada banyak sampah folder yang berantakan pada ponsel. Inilah cara membersihkannya khusus untuk semua tipe pada produk Oppo.


Cara Membersihkan RAM HP Oppo Untuk Semua Tipe
Cara Membersihkan RAM HP Oppo Untuk Semua Tipe


Tutup Aplikasi Yang Sedang Berjalan

Jika Anda sedang menggunakan atau membuka beberapa aplikasi, sebaiknya Anda matikan atau tutup untuk sementara waktu. Agar memudahkan untuk membersihkan RAM yang akan Anda lakukan. Kosongkan aplikasi yang aktif, agar tidak memberatkan RA yang juga akan berhubungan dengan RAM.


Reset HP 

Jangan lupa untuk mereset ponsel Anda terlebih dulu. Yaitu, dengan melakukan restart atau reboot pada HP tersebut. Untuk mengaktifkan ulang setelah tadi sempat mematikan semua aplikasi yang sedang aktif dan berjalan. Tujuan dari mereset HP Anda adalah agar HP tersebut bisa diatur ulang dan dirapikan dengan baik.


Jangan Gunakan Live Wallpaper

Untuk membersihkan RAM, ada baiknya memang untuk tidak menggunakan live wallpaper. Agar RAM Anda juga menjadi tidak berat. Maka live wallpaper tidak terlalu dibutuhkan kecuali untuk waktu-waktu tertentu.karena, live wallpaper biasanya penggunaannya cukup menghabiskan memori RAM.







Matikan Transisi dan Animasi

Cara membersihkan RAM HP Oppo juga tergantung pada beberapa aplikasi yang agak berat. Begitupun untuk transisi dan animasi, sebaiknya Anda juga menonaktifkannya. Cara menonaktifkannya pada ponsel Oppo tipe apapun bisa dilakukan dengan masuk pada menu animasi.  . Atau bisa juga melalui menu pengaturan dan masuk ke setelan HP android, barulah windows animation, transition animation ataupun animation duration call dimatikan atau dinonaktifkan.


Uninstall Aplikasi yang Tidak Digunakan

Hal lain yang berkaitan dengan aplikasi sebelum membersihkan RAM adalah penggunaan aplikasi yang sangat diperlukan. Untuk  itu, hapus aplikasi yang diperkirakan tidak begitu penting atau tidak terlalu sering dipakai. Untuk menghemat penggunaan RAM juga, sehingga membersihkan RAM secara manual adalah melalui penggunaan aplikasi tersebut. Sangat penting untuk sangat memperhatikan aplikasi yang benar-benar dibutuhkan. Dan yang tidak. 


Gunakan Aplikasi Pembersih RAM

Sekarang adalah waktunya untuk membersihkan RAM tersebut, yaitu yang paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi yang sudah tersedia langsung. Yaitu, bisa dicari pada play store yang menyediakan berbagai aplikasi gratisan. Dengan begitu, cara membersihkan RAM akan menjadi lebih mudah.

Beberapa rekomendasi aplikasi pembersih RAM diantaranya adalah seperti greenify, AVG Cleaner dan Keep Clean. Tiga aplikasi ini dipercaya sangat baik untuk dipakai membersihkan RAM terutama untuk HP Oppo ini.


Cek Penggunaan RAM

Setelah semuanya dilakukan yang berhubungan dengan aplikasi dan bisa memberatkan RAM, maka Anda bisa mengecek kembali penggunaan RAM sebelum atau setelah RAM dibersihkan. Sehingga, Anda bisa lebih tahu berapa RAM sebelum dibersihkan dan seberapa banyak penggunaannya setelah dibersihkan.

Begitulah beberapa cara membersihkan RAM HP Oppo yang mudah dan praktis. Dengan cara-cara tersebut, Anda bisa membuat ponsel tersebut menjadi lebih baik lagi secara performanya. Sehingga, Anda bisa memaksimalkan penggunaan ponsel untuk berbagai kegiatan di ponsel tersebut. Yang terpenting dan harus dipahami, jangan biarkan RAM terisi oleh banyak file sampah, jika sudah waktunya dibersihkan segera dilakukan.


tags : cara membersihkan ram hp xiaomi, cara membersihkan ram hp huawei, cara meringankan ram hp, kenapa ram hp cepat penuh, cara membersihkan ram hp samsung, cara mengurangkan penggunaan ram, cara clear cache android oppo, cara bersihkan memori internal