Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

33+ Tema Vivo Keren, Cocok Untuk Semua Tipe Terbaru tahun 2024

Tema Vivo - Bosan dengan tema handphone Vivo yang gitu-gitu aja? Tentu langkah pertama yang akan dilakukan adalah dengan mengubah tema yang lain dari yang lain. Apalagi saat ini sudah banyak desainer tema Vivo yang semakin keren seiring dengan kemajuan global.

Dalam artikel ini kami akan share tema apa saja yang bisa diaplikasikan pada hp Vivo di semua tipe dan model. Tema apapun itu, bisa di-download secara gratis maupun berbayar. Selain rekomendasi tema, akan disampaikan juga beberapa hal yang terkait sebagai berikut.


Tema Vivo
Tema Vivo


Rekomendasi Tema untuk Handphone Vivo

Sebagaimana diketahui, banyak pengguna Vivo yang ingin tampilan ponselnya lebih berbeda. Ada yang ingin memiliki tampilan seperti iPhone, Samsung terbaru, dan sebagainya. Belum lagi yang juga ingin mengubah tampilan hp yang terkesan monoton menjadi lebih variatif.

Tentu ini menjadi hak kamu sebagai pengguna, terlebih ada beragam tema yang bisa digunakan oleh semua tipe Vivo seperti V11, V15, Y95, dan sebagainya. Berikut beberapa rekomendasi tema hp yang menarik.


Tema Samsung One UI

Salah satu tema yang banyak diminati adalah tema Samsung. Banyak pengguna Vivo seperti Vivo Itz, Vivo Y21, hingga Vivo Y53 yang ingin mengubah tampilan temanya menjadi Samsung yang terkesan elegan dan simpel, jadi tema One UI ini bisa menjadi pilihan tepat.

Menariknya, tema handphone Vivo yang satu ini bisa dijadikan secara permanen dan gratis. Selain itu, kamu juga bisa memodifikasi tampilan tema ini sehingga lebih terlihat keren. Adapun fitur Samsung One UI for Vivo ini memiliki beberapa fitur yang menarik, di antaranya:

  1. Fully Dark Theme, yang memungkinkan kamu mengaplikasikan tema gelap secara penuh
  2. Charging Animation, jadi ketika di-charge, akan muncul sebuah animasi yang menarik
  3. Fingerprints Animation, begitu pula jika kamu men-tap fitur fingerprint akan memunculkan animasi yang simpel namun eye-catching
  4. Selain itu ada juga beberapa fitur lain seperti tampilan One UI 3.0, Stock Lock, hingga 5G Support.



Tema Funtouch OS 10 Terbaru

Kamu juga bisa mendapatkan tampilan yang gratis dengan mendownload tema Funtouch OS 10 ini. Tema yang siap pakai ini hanya perlu kamu download dan dapat dipasang dalam hitungan menit.

Kelebihan lain yang dimiliki oleh tema Funtouch OS 10 ini juga terkait dengan ukuran aplikasi yang relatif kecil, yakni sekitar 22MB saja. Kamu juga bisa menemukannya pada theme store Vivo secara mudah.

Ada sejumlah fitur unggulan yang dimiliki oleh tema handphone Vivo yang satu ini. Antara lain yakni sebagai berikut.

  1. Icon pack yang simple dan terlihat elegan
  2. Adanya navigasi sistem yang mempermudah penggunaan
  3. Lock screen dan animasi jam
  4. Aplikasi tema hingga ke bagian Dial, Setting, dan File Manager



Tema Black Shark untuk Vivo Itz

Jika kamu seorang gamers, tema Vivo yang satu ini terbilang cocok. Sebab, tema pada hp Vivo yang satu ini memang diperuntukkan untuk dapat menyerupai salah satu HP Gaming terbaik, yakni Black Shark.

Handphone aslinya memang sangat mengedepankan desain yang ergonomis namun nyaman untuk bermain game. Selain itu, konsep gamepad yang menyatu dengan bodi hp membuat tampilan Black Shark semakin menawan.

Lantas, apa jadinya jika tampilan Black Shark ini dijadikan tema pada hp Vivo? Tentunya akan membuat ponselmu memiliki tampilan yang sangat mirip, bahkan orang-orang bisa terkecoh dengan tampilan yang memiliki sejumlah fitur unggulan seperti:

  1. Icon pack dan wallpaper yang sangat mirip dengan tampilan Black Shark
  2. Tampilan sistem UI dan Dial Pad yang menyerupai Black Shark
  3. Fitur Lock Screen dan App



Tema MIUI 10 untuk Vivo

MIUI sejatinya merupakan tampilan yang ada pada handphone Xiaomi. Meski demikian, kamu sebagai pengguna Vivo juga sangat mungkin memasang tema tersebut secara mudah dengan tampilan yang tidak kalah keren dari aslinya.

Dengan tampilan seperti ini, kamu tentu tidak akan mudah bosan dengan tema handphone Vivo selama ini terkesan monoton. Belum lagi dengan tema berformat .itz sehingga dapat diakses dan di-download dengan mudah.

Sama halnya dengan tema OS yang lain, tampilan hp Vivo yang menggunakan tema MIUI 10 ini juga akan menampilkan sejumlah fitur unggulan menyerupai tema OS Xiaomi tersebut, yakni:

  1. Lockscreen animation
  2. Charging animation
  3. Icon pack seperti MIUI 10
  4. Sistem UI/UX
  5. Navigation MIUI 10



Tema New PUBG V2 For Vivo All Series

Kali ini Vivo juga memunculkan tema dengan tampilan yang sangat menarik, bahkan sangat cocok untuk pecinta game online seperti PUBG Mobile. Tema ini sangat menarik untuk kamu yang memang menggemari game mobile populer ini karena tampilannya yang menyerupai game tersebut.

Tema PUBG ini dibuat sesuai dengan tampilan asli dari game mobile tersebut. Dengan begitu, ketika membuka hp Vivo maka kamu bisa merasakan sensasi yang berbeda seperti tengah berada di dalam game PUBG mobile.

Tema ini cocok untuk sejumlah tipe dan model hp Vivo, seperti Z1Pro, V20, Y20, Y20SE, Y12, hingga Y91. Adapun fitur unggulan dari tampilan tema PUBG for Vivo yang satu ini yakni:

  1. Desain icon pack yang simpel dan elegan
  2. Memungkinkan pemilihan navigasi sistem
  3. Adanya pilihan wallpaper, lock screen, dan pintasan aplikasi
  4. Dapat tembus diaplikasikan pada menu Dial, Setting, hingga File Manager



Tema iPhone X Untuk Vivo Funtouch Os

Tema iPhone atau yang lebih dikenal dengan iOS juga menjadi salah satu tema yang sangat digemari oleh banyak pengguna Vivo. Hal ini dilakukan tentunya bukan hanya semata-mata agar tampilan ponsel Android-nya menjadi mirip, bahkan menyerupai tampilan layar iPhone.

Menariknya, tema Vivo yang ditampilkan tidak hanya sekadar tampilan luar saja, namun dari segi desain keseluruhan, tema iOS ini sangat mirip dengan aslinya dan bisa tembus ke tampilan ikon aplikasi.

Fitur tema iPhone X ini bisa diaplikasikan pada semua tipe dan model hp Vivo seperti Y95, Y83, V15, V5, hingga V11. Adapun fitur dan kelebihannya yakni:

  1. Lockscreen dan wallpaper iOS
  2. Icon Pack iOS
  3. Sistem UI dan icon signal 5G seperti iOS



Tema Best Dark Anime FuntouchOS

Bisa dibilang, tema yang satu ini merupakan salah satu tema hp Vivo yang terbaik. Hal ini karena tema Dark Anime ini mengusung tema karakter anime yang didominasi oleh desain dark mode yang tidak menyilaukan mata serta terkesan elegan dan simpel.

Meskipun demikian, tema yang satu ini bisa diakses secara gratis. Kamu bisa download secara mudah, begitu pula dengan pemasangan tema yang sangat sederhana. Bahkan tema tersebut bisa diaplikasikan di banyak tipe handphone Vivo seperti S1, S1 Pro, V17 Pro, Y91C, V7+ hingga V5s.

Desain dari tema yang satu ini juga bisa tembus aplikasi, artinya tidak hanya dari tampilan luarnya saja yang bisa berganti ke tema dark anime ini, namun juga dapat mencakup sejumlah fitur handphone Vivo seperti:

  1. Lockscreen
  2. Icon pack
  3. Widget menu
  4. Wallpaper handphone



Tema Razer Signal 5G

Tema ponsel lain yang juga dapat diaplikasikan pada hp Vivo adalah tema yang didesain semirip mungkin dengan hp gamer ternama yakni Razer. Tema ini bahkan bisa diakses secara gratis dan dapat dipasang secara permanen.

Kelebihan dari tema yang satu ini adalah memiliki tampilan yang simpel namun terkesan dinamis. Tentunya, tampilan ini juga bisa memberikan kesan estetik yang sangat kece sehingga bisa membuat tampilan hp vivo milikmu menjadi lebih berbeda.

Meskipun bertema layaknya game, ukuran file dari tema Vivo Razer 5G ini cenderung relatif kecil, yakni sekitar 29MB saja. Tentu saja tidak terlalu menjadi pengaruh bagi kebanyakan handphone Vivo seperti Y20, Y20s, Y12, hingga Y71 dengan fitur seperti:

  1. Icon pack Razer Phone
  2. Sistem navigasi
  3. Adanya animasi pada Lock Screen
  4. Dapat diterapkan pada fitur handphone lain seperti Dial, Setting, hingga File Manager



Tema iOS 14 Black

Ada lagi opsi tampilan hp Vivo yang bertema iOS. Namun kali ini cukup berbeda karena tampilannya bertema Black. Adapun tampilan tema yang satu ini bisa digunakan di banyak tipe hp Vivo seperti Y11, Y91, Y53, hingga Y81 meskipun tidak menutup kemungkinan juga dapat dipakai pada tipe hp Vivo yang lain.

Memiliki perbedaan yang mendasar pada segi nuansa yang cenderung lebih gelap, namun nuansa seperti ini malah justru banyak disukai karena lebih nyaman di mata. Selain itu, fitur tema iOS 14 Black pada Vivo ini juga cukup beragam, yakni:

  1. Tampilan Lock screen iOS
  2. Icon pack iOS bernuansa black
  3. Sistem UI layaknya iOS
  4. Dapat menembus berbagai aplikasi di Vivo



Tema Red Line For Vivo

Sesuai namanya, tema ini memiliki nuansa merah pada sejumlah tampilannya. Buat para pria, tema ini cukup cocok karena terkesan maskulin dan elegan. Secara umum, tampilan tema ini cenderung gelap dan hitam namun disisipi warna merah yang kontras.

Begitu pula dengan ikon-ikon yang menggunakan warna merah, putih, serta hitam yang serasi dengan tampilan background. Tema ini bisa diaplikasikan pada berbagai tipe dan model hp Vivo dengan Funtouch OS 3, Funtouch OS 4 sampai dengan Funtouch OS 10. 

Adapun model hp yang bisa menggunakan tema Vivo Red Line ini di antaranya seperti Vivo Y12, Y20, hingga Y71. Beberapa kelebihan pada tema Red Line ini di antaranya:

  1. Fitur lock screen animation
  2. Icon red and white
  3. Dapat menembus aplikasi dan UI



Tema iOS 11 untuk Vivo

Tema iOS 11 ini juga menjadi salah satu tema yang paling difavoritkan. Bukan hanya karena tampilannya yang sangat elegan, namun kamu juga bisa mendapatkan tampilan layaknya menggunakan iPhone. Tampilan ini juga bisa diterapkan secara permanen dan gratis.

Tema yang juga dapat tembus aplikasi ini sejatinya bisa dipakai pada berbagai merk handphone. Namun pada hp Vivo, tampilan ini bisa digunakan secara mudah, apalagi dapat digunakan di banyak tipe hp seperti S1, S1 Pro, V15, V15 Pro, Y91C, Y93 2019, hingga V5s.

Ada berbagai fitur menarik yang dimiliki oleh tema dengan tampilan layaknya iOS 11 yang satu ini, di antaranya yakni sebagai berikut.

  1. Navigasi sistem dan WhatsApp
  2. Tampilan wallpaper berkualitas tinggi
  3. Sistem UI dan UX yang menarik



Tema BeeLine Vivo

Berbicara mengenai tema BeeLine, mungkin yang ada dalam pikiranmu adalah tema lebah (bee). Namun sejatinya, tema ini jauh lebih elegan dengan nuansa hitam, biru, dan merah yang berpadu secara apik. Bahkan untuk tampilan wallpaper, terdapat pula opsi dengan warna putih, biru, dan ungu yang sangat cantik dan bisa tembus pada tampilan berbagai aplikasi.

Selain itu, tema ini bisa di-download secara mudah tanpa khawatir akan memakan banyak space memori. Sebab, file yang digunakan cenderung ringan, yakni hanya 3,84 MB saja. Tema ini juga mendukung Dark Mode sehingga bisa semakin membuat penggunanya merasa nyaman.

Tema BeeLine ini juga mendukung sejumlah fitur yang ada pada hp Vivo sehingga memiliki tampilan yang jauh lebih elegan, di antaranya pada menu-menu sebagai berikut.

  1. Home Screen dengan wallpaper keren
  2. Icon pack yang elegan
  3. Shortcut Center
  4. Dialer Pad
  5. Contact & messages
  6. File Manager
  7. Sistem UI dan Navigasi



Tema Skyline

Simpel dan elegan, mungkin merupakan kata yang cocok untuk menggambarkan tema handphone Vivo yang satu ini. Bagaimana tidak, tema Vivo yang didominasi warna hitam ini terlihat begitu menawan dan tetap menyejukkan mata. 

Bisa dibilang, tampilannya begitu manis dan menarik siapa pun yang ingin mendapatkan tema handphone yang tidak terlalu ramai namun tetap terlihat bagus. Tema yang satu ini bisa diaplikasikan pada hampir semua tipe hp Vivo, mulai dari Vivo S1, S1 Pro, Z1 Pro, S12, Y95, V11, V11 Pro, Y83, V7+ dan sebagainya.

Adapun tampilan tema handphone Vivo yang satu ini juga bisa menembus berbagai aplikasi dan fitur pada handphone seperti:

  1. Tampilan lockscreen
  2. Icon Pack
  3. Sistem UI
  4. Wallpaper
  5. Kontak dan Dialpad



Tema MIUI Dark Vivo

Masih dari tema yang bernuansa gelap, kali ini datang dari tema MIUI yang bernuansa gelap alias Dark. Ya, tampilan Vivo bisa dijadikan lebih keren dengan tema yang sesuai dengan keinginan kita, terutama karena MIUI dikenal sebagai salah satu OS yang tampilannya paling bagus.

Meskipun terkesan gelap, namun dark mode yang ada pada tema ini malah akan membuat tampilan hp menjadi lebih keren. Adapun tema yang satu ini dapat diaplikasikan pada sejumlah tipe hp Vivo seperti V11, V9, V7, V5, Y55s, Y31, Y81, dan sebagainya.

Men-download serta memasang tema pada hp Vivo menggunakan tema yang satu ini tentunya tidak akan membuatmu menyesal. Sebab selain dari tampilannya yang dinamis, tampilan pada tema ini bisa masuk ke sejumlah fitur handphone seperti:

  1. Lockscreen dan Wallpaper
  2. Icon pack
  3. Sistem UI



Tema Ortus pada Vivo

Satu lagi tema yang juga akan membuat tampilan hp Vivo-mu menjadi terlihat lebih elegan, yakni tema Ortus. Tema ini kalau dilihat-lihat memiliki tampilan yang terlihat gelap dengan nuansa senja yang menarik.

Tema yang premium ini juga menyediakan font aplikasi yang sangat cantik dan terlihat lebih elegan. Meskipun begitu, masih tetap mudah dibaca dan tidak akan mengganggu mata. Tampilannya dinamis dan bisa digunakan pada berbagai jenis hp Vivo.

Menariknya, tema Vivo Ortus ini memiliki 3 varian yang bisa di-download secara mudah. Mulai dari Include WA, Without WA, serta Support Dark Mode yang semuanya bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Selain itu, tema Ortus ini juga dapat tembus ke sejumlah fitur hp Vivo berikut.

  1. Lockscreen dan Wallpaper
  2. Icon dan Sistem UI
  3. Dial pad
  4. Contact



Tema Minions Itz For Vivo

Kamu penyuka karakter kartun yang khas dengan tubuh warna kuning yang satu ini? Ya, Minions menjadi salah satu tema dari hp Vivo yang pasti banyak digemari oleh berbagai kalangan, baik anak-anak maupun remaja.

Sesuai dengan temanya, kamu akan diberikan tampilan handphone Vivo yang serba Minions. Tidak hanya dari Wallpaper, namun icon-icon menu semuanya diubah menjadi karakter minions. Lucu banget, bukan?

Menariknya, tema minions ini sangat ringan, yakni hanya sekitar 3 MB saja dalam format .itz. Menginstal tema ini juga sangat mudah dilakukan, apalagi support dengan sejumlah tipe hp Vio seperti Y83 hingga Y81. Berikut sejumlah fitur yang tersedia pada tema Minions ini.

  1. Icon menu berbentuk karakter Minions
  2. Wallpaper dan Lock screen dengan karakter minions
  3. Tema yang tembus ke aplikasi dan Setting-an ponsel



Tema iOS Mix 1 Vivo Itz

Tema iPhone alias iOS memang menjadi favorit banyak pengguna Vivo. Tidak hanya karena tampilannya yang elegan, namun tampilan iPhone akan menjadi sebuah nilai prestis tersendiri bagi para pemilik handphone non-iOS.

Seperti pada tampilan tema iOS Mix yang satu ini di mana sesuai namanya, menggabungkan sejumlah tema iOS pada berbagai versi. Salah satu yang cukup menyita perhatian yakni tampilan yang lebih fresh, icon menu yang lebih kecil sehingga lebih elegan, serta wallpaper yang terlihat menawan dengan nuansa dark.

Adapun kelebihan dan fitur lain yang ditawarkan oleh tema iOS ini antara lain sebagai berikut.

  1. Tampilan icon menu yang seperti iOS
  2. Jenis font yang tegas dan elegan
  3. Wallpaper dan lock screen yang dapat diubah sesuai keinginan



Tema iOS Colorful Itz For Vivo

Sesuai namanya, tema Vivo yang satu ini mengusung tampilan seperti iPhone dengan warna-warna yang menarik. Tema ini banyak digunakan pada beberapa hp Vivo seperti Y83 dan Y81, namun tidak jarang juga digunakan pada berbagai tipe hp Vivo lainnya.

Tema ini memiliki ukuran file sekitar 17 MB dengan format .itz. Kamu bisa mendapatkan tema ini secara gratis dengan pemasangan yang sangat mudah dilakukan. Bahkan kamu hanya memerlukan beberapa menit saja untuk bisa mendapatkan tampilan hp Vivo yang menyerupai iPhone ini.

Kelebihan lain yang dimiliki ada pada beberapa fitur berikut yang dapat masuk/tembus, di antaranya:

  1. Lock screen dan wallpaper seperti iOS
  2. Tampilan menu dan pengaturan
  3. Icon pad dengan penampilan layaknya iPhone



Tema Hip Hop For Vivo

Tema yang satu ini juga menjadi salah satu tema hp Vivo yang cukup menarik. Mengusung warna dominan hitam dan putih dan bernuansa hip hop, tema ini bisa dipilih buat kamu yang suka dengan dunia ala Jepang (Harajuku). Bagi pengguna hp Vivo dengan tipe dan model apapun, tema ini sangat cocok bila diaplikasikan.

Kamu akan menemukan konsep tema sesuai dengan anak muda yang suka dengan musik. Tema ini bisa masuk pada wallpaper, lock screen, bahkan pada berbagai tombol navigasi pada tampilan handphone Vivo yang kamu punya. Kamu juga bisa mengganti tampilan background/wallpaper sesuai yang sudah disediakan.

Dengan ukuran file sebesar 10MB, kamu bisa mendapatkan tema hip hop ini secara mudah dengan beberapa keunggulan sebagai berikut.

  1. Ikon menu yang bernuansa hip hop
  2. Tampilan background dan wallpaper yang menarik
  3. Ada nuansa tulisan Jepang di sejumlah tampilan



Tema Flower For Vivo

Kamu ingin mengubah tampilan hp Vivo menjadi tema bunga? Sangat mungkin, sebab tema pada Vivo menyediakan sejumlah tampilan bertema bunga dengan tampilan yang menarik dan tetap elegan.

Ada beberapa pilihan tema bunga yang bisa menjadi rujukan, namun yang paling sering digunakan adalah tema bunga yang ada nuansa hitam dan putih. Tema ini memang cukup menarik dan beda dari tema bunga kebanyakan sehingga bisa menjadi pilihan tepat untuk yang ingin mengubah tampilan hp menjadi lebih menarik.

Selain grafis yang eye-catching, jenis font yang digunakan juga sederhana dan presisi. Tema dengan ukuran file sekitar 18 MB ini bisa di-download dengan format .itz dengan sejumlah fitur lain seperti:

  1. Dapat masuk pada icon menu aplikasi
  2. Pilihan tema bunga yang beragam
  3. Tampilan wallpaper dan Lock Screen yang bisa dipilih



Tema Moon Light Vivo Android

Bicara mengenai tema yang elegan pada hp Vivo, kamu tidak boleh melewatkan tema yang satu ini. Tema Moon Light ini memiliki ciri khas berupa tampilan wallpaper dan lock screen yang menampilkan grafis berbentuk bulan purnama yang cukup besar.

Tema ini bisa dibilang salah satu yang paling baru dari Vivo. Dengan ukuran sekitar 11 MB, tema tersebut bisa di-download dan dipasang dengan sangat mudah. Bahkan kamu juga bisa menemukan tema Vivo ini dari Google Play secara langsung.

Fitur yang disediakan pada tema hp Vivo ini juga cukup beragam. Berikut di antaranya:

  1. Tampilan baru pada music panel
  2. Full bar navigation
  3. Tampilan lock screen yang sederhana
  4. Icon baterai yang menarik



Tema Free Fire untuk Vivo

Buat para pecinta game tentu sudah tidak asing lagi dengan game Free Fire. Ya, game yang banyak dimainkan ini memang menjadi salah satu primadona para pecinta game karena begitu dinamis dengan grafis yang menarik.

Kini, kamu bisa menikmati game ini dalam bentuk tema, terutama buat yang menggunakan hp merk Vivo. Tampilan handphone dengan tema Free Fire ini tentu menjadi salah satu tema yang sangat menarik untuk dimiliki karena tidak hanya sekadar wallpaper atau lock screen saja yang berubah, namun juga dari ikon menu yang terlihat lebih atraktif.

Adapun sejumlah fitur yang bisa kamu dapatkan dari tema yang satu ini adalah sebagai berikut.

  1. Logo Free Fire sebagai wallpaper maupun lock screen
  2. Font yang dinamis dan simpel
  3. Icon menu yang tidak terlalu besar



Tema Merah Putih

Buat menyambut HUT RI, tentu rasa nasionalis kita akan tergugah, salah satu caranya dengan menggunakan tema yang bernuansa merah putih. Tema ini sendiri sejatinya sudah ada sejak HUT ke-75 RI pada 2020 lalu, dan akan terus diperbarui setiap tahunnya.

Jika kamu menggunakan hp Vivo, tidak ada salahnya mencoba tema yang satu ini meskipun tidak sedang menyambut HUT RI, karena sejatinya tema ini memang didesain sedemikian rupa sebagai salah satu rasa cinta terhadap tanah air.

Tema ini sangat cocok buat kamu yang menggunakan tipe Vivo seperti V11, V9, V5, Y93, Y81, Y95, serta tipe hp Vivo yang lain. Dengan menggunakan tema ini, kamu akan mendapatkan beberapa fitur yang menarik seperti:

  1. Ikon pack bertema merah putih
  2. Wallpaper dan Lockscreen bertema bendera dan kemerdekaan
  3. Sistem UI tema yang menarik



Tema Oriels

Tema yang satu ini jika dilihat memang terkesan elegan. Hal ini didukung oleh warna-warna elegan seperti hitam dan ungu yang terlihat kontras dan menyatu. Sangat cocok buat kamu yang ingin memiliki tampilan tema hp Vivo yang elegan, simpel, namun tetap menarik.

Tema ini sejatinya bisa dipakai pada semua jenis hp Vivo, terutama tipe yang memiliki Android 7.1 ke atas seperti V11, V9, V5, Y93, Y83, Y95, dan sebagainya. Tema tersebut juga sudah dapat tembus aplikasi seperti WhatsApp, Play Store, bahkan Youtube.

Meskipun begitu, tema ini juga memiliki varian lain yang tidak tembus WA, sehingga tampilan WA akan lebih standar seperti WA biasa. Kendati demikian, berikut sejumlah fitur dari Tema Oriels yang bisa kamu dapatkan.

  1. Lockscreen dan wallpaper yang bisa diubah
  2. Ikon menu yang terkustomisasi
  3. Menu Dial dan Contact yang terintegrasi



Tema Hacker Dark

Seperti namanya, tema Vivo yang satu ini memang memiliki tampilan yang sedikit lebih ekstrim dibandingkan tema hp Vivo pada umumnya. Dominasi warna gelap begitu terasa, namun tidak akan terlalu menyakitkan mata.

Meskipun begitu, buat kamu yang ingin menggunakan tema ini, disarankan untuk menggunakan Vivo dengan Android yang tidak terlalu lama seperti Vivo V11, V9, V5, Y93, Y81, hingga Y95. Pastikan juga kamu sudah menginstal tema tersebut sampai selesai sehingga tidak terjadi kendala/crash.

Adapun fitur yang bisa kamu dapatkan pada tema Hacker Dark yang satu ini di antaranya:

  1. Tampilan yang elegan
  2. Fitur icon menu yang sesuai tema
  3. Tembus beragam aplikasi



Tema ColorOS 7 For Vivo

Color OS merupakan sistem operasi yang digunakan pada ponsel Android dan dibuat oleh hp Oppo. Meskipun kamu menggunakan hp Vivo, kamu yang sudah kepincut dengan OS dari Oppo juga masih bisa menggunakan tema dengan desain visual yang cenderung cerah.

Tema pada Color OS dikenal memiliki desain yang simpel dan elegan. Tentunya penerapannya akan membuat hp Vivo kesayanganmu menjadi nyaman digunakan. Selain itu, untuk mempercantik tampilan kamu juga bisa menambahkan font Vivo itz yang lebih menarik.

Adapun fitur unggulan yang juga dimiliki oleh tema Color OS yang satu ini di antaranya yakni:

  1. Tampilan icon menu yang tidak terlalu berbeda dengan default icon hp Vivo
  2. Font dan wallpaper yang bisa dikustomisasi
  3. Kesan elegan dan simpel dari tema Color OS



Tema Windows 10

Secara umum, tema Windows 10 pada ponsel Vivo memang memiliki desain yang mirip dengan tampilan Windows 10. Menariknya, tampilan yang disediakan memiliki dua versi, yakni versi blue (biru) dan versi dark (gelap). Kedua versi tersebut tersedia secara terpisah sehingga dapat diinstall sesuai kebutuhan masing-masing pengguna ponsel Vivo.

Tema Windows 10 ini juga dapat diterapkan pada sejumlah tipe hp Vivo seperti V11, V9, V5, Y93, Y83, Y95, serta tipe hp Vivo yang lain. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir kalau tidak bisa menerapkan tema Windows 10 pada ponsel Vivo-mu.

Adapun fitur pada tema ponsel Vivo dengan tampilan Windows 10 ini di antaranya:

  1. Memiliki format .itz sehingga sangat mudah diaplikasikan
  2. Adanya pilihan tema (Blue dan Dark) yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan
  3. Tampilan seperti ponsel Windows sehingga mudah dijangkau



Tema Blue Circle untuk Vivo Smartphone

Kamu menyukai warna biru putih dan ingin mengaplikasikannya pada tema handphone Vivo? Sangat mudah, sebab Vivo juga menyediakan sejumlah tema dengan warna biru yang diberi nama Blue Circle. Sesuai namanya, warna biru pada tema Vivo ini berbentuk bulatan-bulatan yang mendominasi pada bagian atas layar.

Selebihnya, layar akan didominasi dengan warna putih yang cerah, namun pada keyboard dan sejumlah fitur lainnya diberikan warna biru yang senada. Adapun fitur yang tersedia juga cukup beragam dan lengkap seperti:

  1. Wallpaper yang dapat diubah sesuai keinginan
  2. Tampilan keyboard yang bisa dikustomisasi
  3. Icon pack yang tidak terlalu mengubah tampilan default
  4. Tema yang tembus dan masuk ke dalam aplikasi seperti browser dan WhatsApp



Tema Fresh Duck For Vivo 

Tema yang satu ini juga bisa menjadi pilihan buat kamu yang menginginkan tema-tema ponsel yang cute. Tema Fresh Duck bisa menjadi salah satu pilihan karena di sini kamu akan menemukan tema kartun yang unik dan menarik.

Salah satu daya tarik tema ini yakni pada bagian control center lock screen. Hal ini terlihat dari kartun berbentuk bebek yang muncul pada bagian atas sebelah indikator jam. Selain itu, ikon menu pada tema ini cenderung lebih kecil meskipun masih nyaman untuk diakses.

Adapun kelebihan lain yang bisa kamu dapatkan dengan memasang tema ini yakni sebagai berikut.

  1. Latar belakang berwarna abu-abu yang terlihat lebih kalem
  2. Jenis dan ukuran font Sans Serif yang terlihat elegan meskipun simpel
  3. Tampilan icon menu yang terlihat seperti kartun



Tema White Dew Vivo

Tema yang satu ini sejatinya tergolong sebagai tema premium. Tampilannya sangat keren karena dapat tembus root aplikasi semua Vivo pada device yang terbaru. Dari segi tampilan, tema ini didominasi oleh warna biru cerah dengan awan dan pemandangan.

Tampilan tema yang satu ini juga sangat menarik karena terlihat simpel namun tetap elegan. Pada bagian lock screen, kamu juga dapat menyisipkan beberapa pintasan aplikasi yang dapat dibuka secara cepat. Selain itu beberapa fitur tambahan pada tema Vivo ini di antaranya:

  1. Tampilan icon menu yang lebih sederhana
  2. Background yang dapat dikustomisasi
  3. Cocok untuk berbagai jenis dan tipe hp Vivo



Tema Dark Night Galaxy

Mode yang satu ini juga menjadi salah satu tema hp Vivo yang paling banyak dicari. Hal ini terlihat dari tampilannya yang keren dan simpel, serta dengan karakter yang elegan. Sesuai namanya, tema yang satu ini menggunakan warna hitam yang mendominasi namun tetap terlihat elegan. Keunikan lain juga terletak pada bagian lock screen di mana terdapat notifikasi waktu beserta pintasan aplikasi yang bisa diakses secara cepat.

Selain beberapa fitur tersebut, ada juga sejumlah fitur lain yang bisa didapatkan dari penerapan tema yang satu ini, di antaranya:

  1. Tampilan background yang transparan sehingga icon menu tetap terlihat jelas
  2. Icon menu yang lebih kecil namun tetap terlihat
  3. Indikator waktu dan persentase baterai yang simpel dan elegan



Tema Space Walker

Kamu yang menyukai hal-hal berbau luar angkasa tentu cocok dengan tema yang satu ini. Sesuai namanya, tema Space Walker pada hp Vivo memiliki tampilan yang terdiri dari awan, roket, hingga beberapa planet. Bahkan ada juga karakter astronot yang semakin menambah lengkap tema yang satu ini.

Menariknya, tema ini bisa diterapkan di banyak tipe hp Vivo. Apalagi tampilannya cukup simpel dan bisa dikustom sesuai keinginan terutama pada font maupun urutan setiap ikon aplikasi. Pada bagian lock screen, kamu juga bisa menambahkan sejumlah aplikasi sebagai pintasan yang cepat.

Selain beberapa kelebihan di atas, ada juga sejumlah fitur dan keunggulan lain yang bisa didapatkan jika kamu menerapkan tema tersebut. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Tampilan yang berbeda antara lock screen dan wallpaper
  2. Icon menu tidak berubah drastis
  3. Tampilan yang dinamis dan elegan



Tema Hero Mobile Legends

Siapa sih yang tidak mengenal Mobile Legends? Yups, game online yang satu ini memang menjadi salah satu game yang paling banyak dimainkan di banyak negara. Apalagi dengan berbagai karakter hero yang bisa diubah sesuai dengan update developer.

Kini, kamu bisa menikmati tampilan hero Mobile Legends secara langsung namun bukan pada aplikasi permainan. Kamu bisa menerapkan tema yang menampilkan hero Mobile Legends ini pada hp Vivo secara mudah dan cepat.

Sayangnya, ukuran file untuk tema ini cukup besar yakni sekitar 33 MB. Meskipun begitu, tema ini masih bisa dipakai pada sejumlah hp Vivo terbaru dengan berbagai fitur unggulan sebagai berikut.

  1. Tampilan lock screen dan wallpaper yang menampilkan hero Mobile Legends pilihan
  2. Tema yang tembus aplikasi seperti Dial, Contact, hingga wallpaper
  3. Tampilan yang elegan termasuk pada icon menu



Tema Dynamic Butterfly Dream

Kamu menyukai gambar kupu-kupu yang elegan namun tetap terlihat simple? Coba gunakan tema untuk hp Vivo yang satu ini. Bagaimana tidak, melalui tema ini, kamu bisa mendapatkan wallpaper dan lock screen dengan tema kupu-kupu yang menawan secara transparan.

Kelebihan lain dari tema ini adalah ukuran ikon menu yang terlihat lebih kecil namun terlihat elegan. Sayangnya, pada bagian lock screen tidak ditampilkan sejumlah pintasan aplikasi. Selain itu, ada juga beberapa kelebihan fitur yang dapat diunggulkan dari tema ini, di antaranya:

  1. Tembus pada aplikasi di handphone seperti Keyboard, Dialpad, hingga Kontak.
  2. Tampilan menu lebih sederhana dan tidak mengubah aslinya
  3. Terdapat pintasan menu pada bagian wallpaper depan.



Cara Menerapkan Tema untuk Vivo

Dari berbagai tema yang sudah ditampilkan di atas, tentu tidak afdol jika tidak membahas lebih jauh mengenai bagaimana cara melakukan pemasangan tema pada hp Vivo. Ada beberapa cara yang biasa dilakukan, yakni sebagai berikut.


Memasang tema menggunakan ES File Explorer

Cara pertama yang bisa dilakukan yakni untuk memasang tema Vivo kustom ini yakni dengan menggunakan aplikasi ES File Explorer. Aplikasi ini bisa diakses dan di-download gratis pada Play Store. Berikut langkah yang bisa kamu lakukan untuk memasang tema menggunakan cara ini.

  1. Setelah diinstall, buka Menu pada aplikasi ES File Explorer. Pastikan juga kamu sudah memiliki file tema yang formatnya .itz
  2. Cari dan aktifkan Hidden File (File Tersembunyi)
  3. Buka menu Penyimpanan, cari dan buka folder yang .dwd/c/o/m/t/h/e/m/e/
  4. Kalau kamu menemukan banyak folder, klik terus saja sampai muncul folder T
  5. Copy-paste tema dengan format .itz dalam folder T tersebut



Menerapkan tema dengan iTheme

Setelah menerapkan cara pertama di atas, tentunya belum selesai karena kamu perlu menerapkan langkah-langkah yang kedua sebagai berikut.

  1. Download terlebih dahulu aplikasi iTheme. Sebaiknya siapkan aplikasi iTheme minimal versi 4.0
  2. Pilih Local Theme
  3. Setelah menemukan tema yang baru, klik Review terlebih dahulu, kemudian klik Apply untuk melakukan pemasangan tema.
  4. Selesai



Penerapan tema agar permanen

Cara ketiga ini bisa dilakukan jika kamu sudah mempunyai tema untuk hp Vivo dari pihak ketiga namun belum bisa dijadikan sebagai tema yang permanen. Oleh karenanya, kamu perlu dan wajib melakukan trik berikut sehingga semua tema yang kamu pakai menjadi permanen.

Cara ini biasanya digunakan pada beberapa tipe hp seperti Vivo Y20, Y20s, Y71, dan Y12. Adapun cara yang bisa kamu jalankan adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, kamu harus menginstal aplikasi ZMOD VIVO
  2. Selanjutnya, pastikan juga kamu sudah men-download tema untuk Vivo all series
  3. Buka aplikasi Zmod Vivo Theme Editor tersebut
  4. Pilih Apply Theme, kemudian cari letak tema yang ingin diterapkan
  5. Centang pada bagian kanan tema, pilih OK
  6. Secara otomatis, kamu akan dibawa ke iTheme Store Vivo
  7. Pilih bagian Lokal dan Tema Lokal
  8. Review tema yang akan digunakan dan klik Apply untuk menerapkan tema secara langsung



Kelebihan dan Kekurangan Memasang Tema Sendiri

Buat kamu yang berencana memasang tema berbeda dengan tema default dari hp Vivo, tentunya harus tahu apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari pemasangan tema seperti ini. Lantas, apa sajakah kelebihan dan kekurangan penerapan tema Vivo kustom?


Kelebihan

Menjadikan tampilan ponsel menjadi lebih keren

Secara tidak langsung, penampilan handphone bisa menjadi lebih menarik karena efek tampilan yang begitu ciamik. Tentunya hal ini menjadi keuntungan tersendiri karena tema dan tampilan handphone-mu akan berbeda dibandingkan dengan handphone lainnya.


Bisa menghemat penggunaan daya baterai

Penerapan sejumlah tema juga diyakini juga dapat membuat baterai ponsel bertahan lebih lama. Akan tetapi, biasanya tema ini hanya berlaku pada mode gelap dan beberapa ponsel dengan mode layar OLED.


Lebih nyaman di mata

Beberapa tema juga akan membuat kenyamanan lebih pada mata penggunanya. Apalagi jika tema tersebut lebih gelap sehingga pantulan cahaya cerah akan lebih minim masuk ke mata.



Kekurangan

Kinerja RAM meningkat

Pemasangan tema, terutama dengan ukuran yang besar sering kali akan membuat kinerja RAM menjadi lebih berat. Jika hp Vivo-mu memiliki RAM dan memori internal yang kecil, tentu kinerja ponsel juga akan menjadi terkendala.


Membuat ponsel melambat

Seperti yang disampaikan sebelumnya, tema yang berat seperti dengan animasi atau wallpaper yang dinamis sering kali membuat ponsel menjadi lambat. Apalagi jika ponsel yang kamu miliki merupakan ponsel lama dengan kapasitas penyimpanan dan performa yang terbatas.


Beberapa tema membuat baterai boros

Hal yang sama juga berdampak pada baterai ponsel. Jika terlalu berat, maka kinerja ponsel akan meningkat. Baterai juga akan menjadi cepat boros untuk mendukung kinerja ponsel tersebut.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan tema Vivo, baik pada jenis dan rekomendasi tema yang tersedia, serta sejumlah informasi penting mengenai tema pada handphone tersebut. Nah, tema terbaik apa yang sudah kamu gunakan?