Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Hard Reset Realme Lupa Password atau Lupa Pola Layar

Cara Hard Reset Realme Lupa Password - Ponsel dengan sistem operasi Android seperti Realme memiliki fitur keamanan seperti yang ada pada ponsel Android lainnya. Salah satunya yaitu fitur keamanan untuk mengunci layar utama agar tidak sembarang orang bisa membuka ponsel yang merupakan barang pribadi. 

 

Cara Hard Reset Realme Lupa Password
Cara Hard Reset Realme Lupa Password


Kunci layar yang paling banyak digunakan, diantaranya PIN atau pola/pattern, yang kini sudah terdapat fitur keamanan yang lebih canggih yaitu dengan fingerprint dan face unlock. Saat menggunakan PIN ataupun pola, terkadang pengguna lupa dengan PIN atau pola yang mereka dibuat, sehingga tidak bisa membuka layar. Oleh karena itu, cara hard reset Realme lupa password menjadi kata kunci yang banyak dicari di internet.


Memanfaatkan fitur keamanan dengan menggunakan sandi berupa password PIN atau pola saat ini merupakan sesuatu yang dianggap cukup penting. Mengunci perangkat Anda menggunakan sandi tersebut sebagai salah satu cara untuk menjaga data pribadi, karena Anda pasti menyimpan data – data penting di dalam hp Anda, sehingga membiarkan hp terbuka tanpa sandi dapat beresiko, contohnya kejahatan cyber crime yang saat ini angka kasusnya cukup tinggi yang memanfaatkan data pribadi hasil curian untuk kemudian dijual kepada pihak yang tidak bertanggung jawab.


Saat menggunakan fitur keamanan password PIN atau pola untuk mengunci layar, Anda juga disarankan untuk mengganti polanya terutama jika beberapa teman atau keluarga Anda ada yang mengetahui password PIN atau pola yang Anda gunakan. Namun, salah satu masalah yang sering timbul karena beberapa kali mengganti password PIN atau sandi pola adalah lupa password atau pola terbaru yang Anda masukkan sendiri, sehingga Anda tidak dapat membuka hp Anda sendiri.


Jika Anda mengalami lupa password yang menyebabkan Anda tidak bisa membuka hp Realme Anda, salah satu cara mengatasinya yaitu dengan proses hard reset melalui recovery mode. Hal itu dilakukan karena saat layar terkunci, Anda tidak bisa mengakses menu “Reset” yang ada di menu “Pengaturan”. Pengembalian ke pengaturan awal melalui metode hard reset ini perlu dilakukan sebelum Anda memutuskan untuk menangani masalah tersebut dengan metode flash ulang yang mana metode tersebut memiliki resiko ponsel yang akan mati total jika terjadi kesalahan saat melakukannya.



Cara Hard Reset Hp Realme yang Lupa Password

Berikut ini, langkah – langkah cara hard reset Realme lupa password sebagai cara termudah sebelum Anda memutuskan untuk melakukan metode flash ulang.

  1. Sebelum melakukan metode hard reset, Anda perlu memastikan bahwa daya baterai Anda dalam kondisi penuh, lakukan pengisian daya terlebih dahulu jika belum terisi penuh. Hal ini untuk jaga – jaga karena proses yang mungkin akan memakan waktu lama. Lalu, matikan hp Realme Anda
  2. Setelah hp dalam kondisi mati, tekan tombol volume bawah + power secara bersamaan, tekan dan tahan terus dua tombol tersebut muncul logo Realme di layar, kemudian lepaskan
  3. Pilih opsi menu “Wipe data”, kemudian tap pada pilihan “Wipe data(keep SMS, Contacts and photos)”
  4. Kemudian, akan keluar kolom konfirmasi, tap pada pilihan “yes” dan tunggu beberapa saat hingga sistem berhasil melakukan proses penghapusan
  5. Setelah proses selesai, pilih opsi “Reboot” untuk memuat ulang sistem dan masuk ke halaman utama untuk melakukan proses setting awal.

 

Cara hard reset hp Realme lupa password tersebut membuat hp Realme Anda kembali ke pengaturan awal seperti baru.