Cara Mengetahui Nomor IMEI HP OPPO Secara Lengkap




Oppotutorial.com - IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang dapat anda ketahui dengan mengakses kode dial *06# dari Dial Pad. Nomor IMEI ini bukan seperti nomor seri biasa, hal tersebut dibuktikan pada saat perangkat Ponsel anda akan terhubung ke jaringan seluler manapun. Nomor IMEI memberikan anda rincian pabrikan seperti tanggal pembuatan dan kode negara asal pabrikan. Penyedia jaringan GSM menggunakan nomor IMEI anda pada saat akan memblokir ponsel anda pada saat dicuri atau hilang.


IMEI merupakan bagian dari jaringan Ponsel tanpanya jaringan Ponsel akan menjadi invalid. Beberapa pengguna menggunakan IMEI sebagai nomor seri yang unik milik mereka karena memang tidak dapat dimiliki oleh Ponsel lain selain mereka. Dibawah ini, ada beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk Mengetahui Nomor IMEI HP OPPO Secara Lengkap di HP Oppo a37, r831k, f5, f1s, a71, neo 3, a3s, neo 5, a39, a33w, a71, cph1717, cph1725, f9, f11, f5, f11 pro, a37f, f7, r831k, r2001, r827, r827, joy 3, joy r1001, f3, mirror 5, mirror 3, n1, r1001, r821, r1001, r1001, a11w, x9006, x9076, find x, f5 youth, 3001, find 5, find 7, neo 7, r1201 8gb, 831k, dan neo 9.

Baca Juga :

Cara Mengetahui Nomor IMEI HP OPPO Secara Lengkap


Apa Itu Nomor Serial?

Nomor seri ialah nomor yang memungkinkan suatu perusahaan mengidentifikasi produk dan mendapatkan informasi tambahan tentang produk tersebut sehingga anda bisa menemukan sesuatu yang kompatibel untuk produk yang telah diidentifikasi. Beberapaponsel tidak memiliki nomor seri, namun tetap memiliki nomor IMEI. Di dalam beberapa kasus, nomor seri mungkin saja sama untuk perangkat pabrikan lain.


Cara Menemukan Nomor IMEI di Ponsel OPPO

Sebelumnya telah kita jelaskan apa itu maksud yang yang sebenarnya dari nomor IMEI. Sekarang mari sama-sama kita lihat bagaimana cara menemukan nomor IMEI di perangkat Oppo. Dibawah ini ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk menemukan nomor IMEI di perangkat Oppo anda.


Cara Mengetahui Nomor iMEI di HP OPPO melalui Baterai 

Cara ini digunakan khusus untuk baterai yang bisa dilepas pasang (removable battery). Memang biasanya terdapat informasi mengenai nomor IMEI di perangkat baterai, terutama di bagian bawahnya. Secara lengkap berikut penjelasannya ;

  1. Pertama kali yang perlu anda lakukan, coba matikan terlebih dahulu Ponsel Oppo anda, meskipun sebenarnya anda bisa mencabut langsung baterai yang terpasang biar lebih menghemat waktu, namun tindakan seperti itu justru akan menyebakan kehilangan data sementara atau bahkan komponen serta aplikasi di dalam Ponsel akan rusak, karena sumber daya baterai dilepas secara tiba-tiba.
  2. Kedua, setelah anda matikan, anda bisa ambil dan cabut penutup belakang Ponsel Oppo anda selanjutnya bersama baterai juga. 
  3. Ketiga, disana anda akan temukan semacam stiker label berwarna putih yang melekat di sisi belakang baterai, disanalah anda akan menemukan informasi mengenai nomor IMEI perangkat Oppo anda.






Cara Mengetahui Nomor IMEI di HP OPPO melalui Pengaturan (Settings)

Cara ini merupakan cara paling cepat dan paling banyak digunakan oleh penggunanya. Cara ini juga sangat banyak menghemat waktu anda, cara ini seringkali digunakan terutama pada perangkat Oppo yang tidak bisa dilepas baterainya (nonremovable battery) sehingga cara ini menjadi alternatif utama bagi anda yang ingin mengetahui berapa nomor IMEI yang dimiliki oleh Ponsel Oppo anda. Secara lengkap berikut penjelasannya ;

  1. Pertama, silahkan masuk ke dalam Menu Settings di perangkat Oppo anda.
  2. Kedua, sekarang cari Menu Tentang Ponsel dan klik. Di dalamnya anda akan menemukan opsi Status.
  3. Ketiga, di dalam opsi Status, geser ke bawah lalu anda akan menemukan Nomor IMEI.
  4. Keempat, di beberapa perangkat Oppo lainnya, anda mungkin akan menemukan opsi Lainnya jika telah berada di dalam Menu Tentang Ponsel. Di dalam opsi Lainnya tersebut, pastinya anda akan mendapati informasi mengenai nomor IMEI anda secara lengkap dan akurat.


Cara Mengetahui Nomor IMEI di HP OPPO melalui Kotak

Anda pastinya akan terkejut bilaternyata terdapat angka-angka unik yang tertempel di kotak kemasan perangkat Oppo anda yang ternyata itu merupakan nomor IMEI Ponsel anda. Namun bagi sebagian pengguna yang teliti pastinya ia akan melihat nomor tersebut dan menyimpannya baik-baik, apalagi jika suatu saat bila ia ingin menjualkannya kembali perangkat Opponya tersebut. Bila kotak tersebut sudah tidak ada lagi, anda bisa mencoba dua cara sebelumnya yang telah dijelaskan.
Jadi secara lengkap, anda bisa memeriksa kode batang (barcode) yang berisi informasi nomor IMEI perangkat Oppo anda, anda bisa menemukannya di sisi belakang atau di salah satu sisi kotak.


Cara Mengetahui Nomor IMEI HP OPPO melalui Kode Dial

Pertama-tama, anda bisa mengetik kode dial *#06#, nantinya secara serta merta anda akan melihat tampilan pop up layar informasi mengenai nomor IMEI perangkat Oppo anda. Anda pun bisa menyalin nomor IMEI tersebut dan memindahkannya ke catatan atau tempat yang lain.

Baca Juga :

Sekian Penjelasan Mengenai Cara Mengetahui Nomor IMEI HP OPPO Secara Lengkap. Semoga Bermanfaat!