Nomor IMEI HP OPPO Hilang? Ini Cara Mengembalikannya




Oppotutorial.com – Jika anda ingin memulihkan dan mengembalikan nomor IMEI di HP OPPO yang hilang serta ingin memperbaiki IMEI Null, dan apakah saat ini anda sedang terkendala jaringan kartu SIM anda yang susah sekali terkoneksi. Disini anda akan menemukan untuk mengatasi semua problem semua itu, tentang bagaimana cara mengembalikan nomor IMEI yang hilang atau memodifikasi nomor IMEI anda di HP OPPO.


IMEI yang tidak valid atau hilang merupakan masalah umum yang kerapkali dihadapai oleh sebagian besar perangkat Oppo. Umumnya masalah ini muncul setelah anda instal ROM Custom, pada saat memperbarui perangkat lunak Android Ponsel anda dan pada saat anda memodifikasi nomor IMEI anda secara manual. Masalah IMEI hilang ini memang sering terjadi pada smartphone android berbasis mediatek.


Dengan adanya masalah ini pula, timbul jaringan tidak dikenali oleh kartu SIM dan kartu SIM anda tidak akan menunjukkan sinyal atau jaringan. Dibawah ini, ada beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk memperbaiki masalah IMEI dan mendapatkan kembali IMEI yang hilang di HP Oppo a37, r831k, f5, f1s, a71, neo 3, a3s, neo 5, a39, a33w, a71, cph1717, cph1725, f9, f11, f5, f11 pro, a37f, f7, r831k, r2001, r827, r827, joy 3, joy r1001, f3, mirror 5, mirror 3, n1, r1001, r821, r1001, r1001, a11w, x9006, x9076, find x, f5 youth, 3001, find 5, find 7, neo 7, r1201 8gb, 831k, dan neo 9.

Baca Juga :
Nomor IMEI HP OPPO Hilang? Ini Cara Mengembalikannya


Metode Pertama : Menentukan Nomor IMEI

  1. Metode pertama ini hanya dapat diterapkan pada perangkat Oppo yang telah di root
  2. Sebelumnya, anda harus mengetahui terlebih dahulu nomor IMEI di perangkat Oppo anda dengan cara ketik kode dial *#06#
  3. Anda pun juga bisa mengecek nomor IMEI di Tentang Ponsel yang ada di bagian bawah Setting. Anda pun juga bisa Cek Keaslian Nomor IMEI Oppo di Website secara Online, di bungkus kotak, ataupun di dalam baterai (jadi stiker IMEI tidak boleh dilepas) dan bisa anda lakukan semua secara manual dan tentunya gratis. Anda pun akan melihat kumpulan IMEI Oppo disana. Selanjutnya anda download dan instal aplikasi MTK Engineering Mode atau Mobile Uncle Tools.
  4. Langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan ialah buka aplikasi MTK Engineering, lalu pilih MTK Settings
  5. Masuk ke dalam opsi Connectivity dan pilih CDS Information
  6. Di dalam CDS Information, kemudian pilih Radio Information
  7. Nanti anda pilih opsi Phone 1 dan di dalam kolom anda masukkan kode command sebagai berikut AT+EGMR=1,7,”Nomor IMEI Anda”, lalu anda tekan Send Command
  8. dan terakhir Reboot Perangkat anda.
  9. Jika Ponsel Oppo anda menggunakan Dual SIM, anda masuk ke dalam aplikasi Engineering dan pilih opsi Phone 2 lalu tekan kode command berikut ini AT+EMGR=1,10,”Nomor IMEI Anda” kemudian anda Send Command
  10. Reboot Perangkat anda. 
  11. Sampai disini tahapannya sudah selesai, dan anda bisa melihat perubahannya. 
  12. Bila kode Commandnya tidak berfungsi anda bisa meletakkan spasi setelah AT, jadi akan seperti ini AT +EMGR (Pakai Spasi) dari sebelumnya AT+EMGR (Tanpa Spasi)







Metode Kedua : Instal IMEI Backup

Hal yang perlu anda siapkan untuk menerapkan metode yang kedua ini,ialah Akses Root, Nomor IMEI, Download Mobile MTK Write Tool Zip dan Mobile Uncle Tool (Filenya Download di Metode Pertama), dan selanjutnya PC. Adapun langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan kembali IMEI ialah dengan cara sebagai berikut ;
  1. Pertama kali yang perlu anda lakukan silahkan anda buka File Aplikasi MTK Write Tool dan Masukkan Perintah Y lalu tekan Enter.
  2. Kedua, anda masukkan Nomor IMEI dan tekan Enter. Kemudian, masukkan kembali Nomor IMEI dan Tekan Enter lagi.
  3. Buat File IMEI .bak dan Salin ke dalam Memori Internal Ponsel Oppo anda.
  4. Buka Mobile Uncle Tools, lalu pilih opsi IMEI Backup and kembalikan File .bak tadi.
  5. Setelah semua tahapan selesai, anda bisa reboot perangkat anda, dan lihatlah perubahannya.


Metode Ketiga : Menggunakan Kode Dial dan Perintah (Command)

Metode ini lebih banya digunakan pada Perangkat Samsung, dan mungkin saja bisa diterapkan di Perangkat Oppo. Adapun tahapan-tahapannya ialah sebagai berikut ;

  1. Pertama, anda ketik kode dial sebagai berikut *#197328640# atau *#*#197328640#*#*
  2. Kedua, di dalam Command Mode, anda pilih opsi Common.
  3. Tanpa meninggalkan Layar Command, anda tekan Menu Key.
  4. Lalu,anda pilih Key Input dan Matikan FTM OFF.
  5. Setelah beberapa menit kemudian, anda cabut baterai perangkat Oppo dan Kartu SIM anda. Lalu anda pasang kembali baterainya tanpa memasukkan lagi Kartu SIM, selanjutnya hidupkan kembali perangkat Oppo anda.
  6. Disaat Ponsel oppo anda sedang booting, anda masukkan Kode Dial sebagai berikut *#197328640#
  7. Berikutnya, anda pilih Layar Debug dan diikuti oleh Kontrol. Setelah itu klik RRC (HSDPA).
  8. Untuk memperbaiki jaringan yang tidak terdaftar, anda bisa pilih Revisi RRC, diikuti pula dengan memilih HSDPA Only.
  9. Terakhir, anda Reboot Perangkat Oppo anda dan masukkan kembali Kartu SIM lalu anda ketik kode dial *#06# untuk melihat Nomor IMEI yang telah dikembalikan.
  10. Sebagai catatan khusus untuk anda, bahwasanya aplikasi MTK sangatlah sensitif, jadi anda tidak perlu melakukan perubahan yang tidak penting menggunakan aplikasi tersebut. Dan ketiga metode diatas, maka IMEI bisa anda ubah secara Permanen bila khusus bila anda menggunakan untuk melacak IMEI Oppo bisa mencari alternatif cara lain.

Baca Juga :

Sekian Penjelasan Singkat Mengenai Cara Mengembalikan Nomor IMEI HP OPPO Hilang. Semoga Bermanfaat!