Cara Menggunakan Adobe Lightroom di HP OPPO A5s




Oppotutorial.com - Bila anda merasakan ambil foto menggunakan kamera HP OPPO A5s masih kurang maksimal terhadap hasilnya, anda bisa edit foto dari hasil kamera HP OPPO A5s menggunakan aplikasi edit foto terpopuler dan terfavorit di smartphone Oppo saat ini, nama aplikasi tersebut Adobe Lightroom. Di dalam apk tersebut akan anda temukan berbagai fitur yang akan membuat foto anda menjadi lebih menarik.

Baca Juga :
Cara Menggunakan Adobe Lightroom di HP OPPO A5s


Cara Instal dan Menggunakan Lightroom di HP Android

Sebagai aplikasi yang dikembangkan oleh adobe, lightroom memang dikhususkan untuk digunakan di PC dan juga di HP Android khususnya HP OPPO. Pastinya aplikasi ini jauh lebih simpel digunakan ketimbang Adobe Photoshop, terutama dalam hal memberikan efek pencahayaan yang lebih terang saja. Berikut ini penjelasan secara lengkap mengenai cara instal, edit, dan simpan foto menggunakan adobe lightroom di HP OPPO A5s.


1. Download aplikasi Adobe Lightroom disini, setelah selesai langsung saja di instal ke HP OPPO A5s anda dan tinggal buka saja aplikasinya.

2. Di sesi halaman pembuka, anda akan diperkenalkan aplikasi ini secara singkat, namun bila anda ingin cepat ketuk saja tombol SKIP.

3. Berikutnya, anda akan diarahkan ke halaman log in, bagi anda yang telah mempunyai akun adobe, silahkan langsung log in saja dan klik tombol register lalu daftarkan email beserta password yang telah anda tentukan. Atau anda bisa mencoba alternatif log in melalui Akun Facebook dan Akun Google yang anda miliki.

4. Setelah anda telah log in ke dalam akun Adobe anda, maka anda pun akan dibawa ke dalam halaman depan aplikasi Adobe Lightroom yang telah diinstal kedalam Oppo A5s anda. Anda bisa menambahkan item baru melalui opsi New Item dan pilih Album.

5. Di dalam opsi Album ini, anda isi nama Album yang akan anda jadikan wadah untuk hasil kreatifitas anda selama menggunakan aplikasi Adobe Lightroom ini. Ketuk tombol OK jika anda telah berhasil menambahkan album baru dengan nama yang telah anda buat.






6. Selanjutnya, tambahkan foto yang telah terdapat di dalam ruang penyimpanan perangkat Oppo A5s anda dengan ketuk ikon foto bertanda plus, kemudian pilih opsi Device untuk menambahkannya dari ruang penyimpanan internal Oppo A5s anda tadi, atau bisa melalui pengambilan foto aplikasi Adobe Lightroom dengan klik ikon kamera.

7.  Pada saat pemilihan foto, pastikan anda melihat kemunculan tanda centang dan border berwarna biru. Setelah itu, anda ketuk tombol add untuk menambahkannya ke dalam aplikasi.

8. Setelah itu tunggu beberapa detik hingga penambahan foto selesai, bila anda ingin langsung melakukan pengeditan di aplikasi, anda klik saja salah satu foto yang tersedia setelah penambahan. Maka anda akan diarahkan ke halaman penyutingan dan anda bisa menggunakan tool dari aplikasi lightroom yang ada di bagian bawah.

9. Bila pengeditan foto telah selesai anda lakukan, dan anda ingin menyimpan foto ke dalam galeri, klik saja ikon tiga titik yang ada di bagian atas halaman pengeditan. Kemudian, anda pilih opsi Save to Device.

10. Tak beberapa lama, anda akan dihadapkan pada layar pop up yang terdiri atas pemilihan kualitas foto yang anda inginkan, biasanya opsi Highest Available Quality untuk mendapatkan kualitas maksimal Limit to 2084px. Setelah itu, ketuk tombol OK. Setelah itu tunggu beberapa saat hingga proses ekspor selesai dan muncul pemberitahuan photo(s) exported successfully.

11. Sampai tahap ini, langkah pengedita telah selesai dan hasil foto bisa anda ekspor ke dalam galeri yaitu masuk ke dalam folder AdobeLightroom. Anda pun bisa langsung bagikan hasil editing foto menggunakan aplikasi ini ke media sosial anda.


Tool Aplikasi Adobe Lightroom di HP Android 


  1. Selective ; digunakan untuk menentukan seleksi di bagian tertentu pada foto.
  2. Healing ; digunakan untuk melakukan koreksi atau perbaikan di bagian foto yang dijadikan bahan editing.
  3. Crop ; digunakan untuk melakukan rotasi, memotong serta membalikkan foto editing.
  4. Profiles ; digunakan untuk preset pengeditan foto yang anda lakukan.
  5. Auto ; digunakan untuk menampilkan editing standar pada aplikasi lightroom.
  6. Light ; digunakan untuk pengaturan cahaya pada foto, di dalamnya terdapat opsi Exposure, Contrast, Highlight, Shadow, White & Black, dan Curve.
  7. Color ; digunakan untuk pengaturan warna pada foto yang terdiri atas White Balance, Temperature, Tint, Vibrance, Saturation, B&W, dan Mix.
  8. Effects ; digunakan untuk menambahkan efek-efek tertentu pada foto menggunakan opsi Sharpening dan Noise Reduction.
  9. Optics ; digunakan untuk perbaikan karakter lensa saat pengambilan foto
  10. Geometry ; digunakan untuk pengaturan sudut perspektif pada foto baik secara horizontal maupun vertikal.
  11. Preset ; digunakan untuk memilih dan menggunakan preset yang telah tersedia di aplikasi Adobe Lightroom, salah satu contohnya bisa anda lihat disini.
  12. Reset ; digunakan untuk mengembalikan hasil editan ke bentuk awal foto tersebut sebelum diedit.


Baca Juga :

Sekian Penjelasan Secara Lengkap Mengenai Cara Menggunakan Adobe Lightroom di HP OPPO A5s. Semoga Bermanfaat!