Cara Mudah Ambil Screenshot di Layar OPPO A7




Oppotutorial.com - Di akhir tahun 2018 silam, pihak Oppo kembali meluncurkan smartphone terbaru seri A yakni Oppo A7. Smartphone itu memiliki spesifikasi rasio screen to body sebesar 88,4 % dengan dilengkapi notch (poni) waterdrop. Pihak Oppo meluncurkan 2 varian warna untuk smartphone ini, yakni glaring gold dan glaze blue colour.


Satu yang menjadi keunikkan pada smartphone ini, yakni adanya 3D Thermally Bent Sheet yang melekat di bodi belakang menyerupai kaca dan memiliki tekstur motif serat. Smartphone ini juga memiliki luasan layar 6,2 inch, dibekali pula dengan performa hardware Processor Snapdragon 450 ditunjang RAM 4GB dan ruang penyimpanan internal 64GB yang dapat diperbesar dengan micro SD hingga 256 GB.


Smartphone ini memiliki kapasitas baterai 4230 mAh, di dalam baterainya pun terdapat Fitur AI Battery Management agar baterai bisa lebih lama bertahan di dalam beraktivitas seharian. Oppo A7 dijalankan dengan Sistem Operasi ColorOS 5.2 berbasis Android Oreo 8.1. Resolusi kamera utama yang dimiliki oleh Oppo A7 sebesar 13 MP + 2 MP (Dual Camera). Sedangkan di kamera depan memiliki resolusi sebesar 16 MP dengan teknologi AI.

Baca Juga :
Cara Mudah Ambil Screenshot di Layar OPPO A7

Cara Screenshot OPPO A7 Tanpa Aplikasi Tambahan

Fitur pada Oppo A7 semakin lengkap dengan kemampuan smartphone ini untuk melakukan atau mengambil screenshot pendek maupun panjang, berguna sekali untuk menangkap foto dan video yang sedang tayang serta menangkap chat dan artikel dengan kolom yang panjang. Namun sayangnya memang berhubung smartphone ini tergolong baru, tidak banyak pengguna yang mengetahui tentang bagaimana cara screenshot pada Oppo A7 tanpa aplikasi apapun.


Cara Screenshot menggunakan Tombol Kombinasi Power dan Volume

Cara ini umum dilakukan di hampir semua smartphone android selain Oppo A7, secara lengkap berikut ini langkah-langkahnya ;

a. Tentukan area mana yang ingin anda ambil screenshotnya.

b. Selanjutnya, tekan dan tahan tombol POWER dan tombol VOLUME BAWAH secara bersamaan dalam waktu beberapa detik.

c. Bila anda mendengar bunyi shutter seperti kamera menangkap foto maka hal tersebut menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.

d. Selesai! Anda pun dapat melihat hasil screen shot di dalam folder screenshot di dalam galeri foto anda.







Cara Screenshot menggunakan Quick Gesture 

Dengan diaktifkannya fitur gesture ini, anda dapat melakukan penangkapan layar hanya dengan gerakan tangan saja. Berikut tahapannya ;

a. Silahkan buka Menu Setting Oppo A7, langsung saja masuk ke dalam Menu Gesture and Motion.

b. Di dalam menu ini, silahkan ketuk opsi Quick Gesture dan aktifkan Gesture Screenshot.

c. Setelah itu, silahkan anda pilih area pada layar mana yang ingin anda ambil screenshotnya.

d. Sapukan 3 jari anda secara bersamaan dari bagian atas layar ke bagian bawah.

e. Bila anda mendengar bunyi suara shutter dan layar pun berkedip sekali, maka screenshot telah berhasil anda lakukan.

f. Selesai. Hasil screenshot bisa anda lihat di dalam Galeri Foto.


Cara Screenshot Panjang pada Oppo A7

Untuk mengambil screenshot panjang pada layar Oppo A7, anda hanya perlu menekan tombol POWER dan VOLUME UP, tekan dan tahan hingga muncul beberapa opsi yaitu Screenshot Area, Next Page, dan SAVE.

SCREENSHOT AREA berfungsi bila anda ingin menentukan area mana pada layar yang ingin anda ambil screenshotnya, setelah oitu anda klik SAVE.

NEXT PAGE berfungsi untuk memudahkan anda mengambil area pada layar smartphone anda satu persatu hingga habis halamannya (ambil secara keseluruhan). Setelah itu anda bisa tekan tombol SAVE.

Baca Juga :

Sekian Penjelasan Singkat Mengenai Cara Mudah Ambil Screenshot di Layar OPPO A7. Semoga Bermanfaat!