Cara Instal TWRP dan Root Oppo A5s




Oppotutorial.com - Apakah anda merupakan pengguna Oppo A5s, dan ingin Instal TWRP dan Root Oppo A5s anda?. Jika benar, maka hari ini anda berada di halaman artikel tutorial yang benar. Hari ini, kami akan membahas mengenai bagaimana cara instal twrp dan root Oppo A5s dengan baik dan benar. Pertama-tama sebelum anda instal twrp dan melakukan root dengan SuperSU, maka anda harus unlock bootloader Oppo A5s terlebih dahulu.

Baca Juga :
Cara Instal TWRP dan Root Oppo A5s

Apa Itu TWRP Recovery?

TWRP merupakan kustom recovery yang bisa anda instal ke perangkat anda melalui Zip Files yang di flash. Ponsel ini dilengkapi dengan stock recovery yang tidak mengizinkan untuk menginstal file yang dapat diflash seperti Custom ROM, SuperSU, Mods, dll. Akan tetapi dengan bantuan custom recovery, anda bisa melakukan banyak hal. TWRP Custom Recovery mudah dipasang di perangkat android manapun, dan memang syarat utamanya harus unlock boatloader perangkat Oppo a5s terlebih dahulu.

Apa Itu Rooting?

Rooting tidak lain merupakan proses untuk mendapatkan kontrol penuh terhadap perangkat anda. Setelah anda rooting perangkat anda, anda akan mendapatkan kontrol penuh dari perangkat android anda. Anda dapat melakukan banyak hal setelah merooting perangkat anda, anda akan mendapati ada keuntungan dan kerugian jika melakukan rooting. Adapun kerugian setelah melakukan rooting ialah garansi ponsel anda akan hilang. Sedangkan keuntungannya, anda bisa melakukan banyak hal dengan mengkustomisasi perangkat anda sesuai dengan keperluan.

Cara Instal TWRP Recovery di OPPO A5s

Setelah anda unlock bootloader Oppo A5s anda, maka anda bisa melakukan instalasi TWRP Recovery di Oppo A5s. ikuti langkah-langkah dibawah ini dengan benar!

1. Pertama-tama, silahkan anda download TWRP Image di PC anda.

2. Lalu, anda aktifkan USB Debugging di Oppo A5s dengan cara masuk ke Menu Pengaturan, pilih Tentang Telepon, dan klik pada opsi Build Number sebanyak 7 kali untuk mengaktifkan Opsi Pengembang. Berikutnya pilih Opsi Pengembang dan aktifkan USB Debugging.

3. Langkah selanjutnya, salin TWRP Image di folder yang sama dimana anda menginstal ADB dan Driver Fastboot.

4. Buka Jendela Command Prompt di folder yang sama dengan menekan dan menahan tombol shift dan klik kanan mouse anda. Lalu pilih Open Powershell Window Here.

Cara Instal TWRP Recovery di OPPO A5s
Cara Instal TWRP Recovery di OPPO A5s


5. Boot perangkat Oppo A5s anda ke Mode Fastboot, anda bisa melakukannya dengan mematikan perangkat Oppo A5s anda dan kemudian tekan tombol Volume Up dan tombol Power secara bersamaan.

6. Hubungkan perangkat Oppo A5s anda ke PC melalui Kabel USB dan biarkan PC anda mendeteksi perangkat Oppo A5s sehingga driver yang diperlukan dapat diinstal semua.

7. Sekarang ketik perintah ini di jendela command prompt/powershell sebagai berikut adb devices. Perintah ini akan memberi tahu anda apakah perangkat Oppo A5s anda telah terhubung dengan benar atau tidak. Jika perangkat anda tidak tampil di jendela, maka anda harus menghubungkan kembali perangkat Oppo A5s anda dan instal semua driver secara manual.

8. Lanjut lagi dengan mengetikkan perintah ini ; fastboot reboot bootloader, lalu ketik lagi yang satu ini ; fastboot flash twrp.img. Silahkan anda ganti TWRP.Img dengan nama yang sebenarnya dari TWRP Image anda.

9. Setelah proses instalasi selesai, anda dapat mengetik perintah ini untuk reboot perangkat Oppo A5s anda ; fastboot reboot.

10. Sekarang, anda telah berhasil menginstal TWRP Image di perangkat Oppo A5s anda, sekarang anda siap untuk memflash SuperSU Zip.







Cara Root Oppo A5s Menggunakan SuperSU

Bila anda telah membaca kata SuperSU untuk pertama kalinya, izinkan kami memberi tahu bahwa File tersebut pada dasarnya ialah File Zip dengan Chainfire yang dapat diinstal pada perangkat android manapun melalui TWRP Recovery atau CWM dan setelah diinstal dengan sukses maka perangkat anda bisa di root.

1. Langkah pertama yang perlu anda lakukan ialah dengan mengunduh SuperSU Terbaru dan salin file tersebut di kartu sd anda.

2. Sekarang, matikan perangkat Oppo A5s anda dan boot perangkat Oppo A5s anda ke Custom Recovery dengan menekan dan menahan tombol Volume Up dan Tombol Power secara bersamaan.
Sekarang, bila anda telah menginstal TWRP, maka layar pada perangkat Oppo A5s anda akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

TWRP Custom Recovery

TWRP Custom Recovery


3. Selanjutnya, anda harus mengetuk tombol instal kemudian menelusuri lokasi ruang penyimpanan dimana anda meletakkan SuperSU dan kemudian pilih file SuperSU tersebut, dan geser ke kanan untuk memulai proses instalasi, lihat gambar dibawah ini sebagai referensi anda.

SuperSU
SuperSU 

4. Tunggu beberapa saat hingga selesai, lalu reboot perangkat Oppo A5s, dan selesai!

Baca Juga :

Sekian Penjelasan Singkat Mengenai Cara Instal TWRP dan Root Oppo A5s. Semoga Bermanfaat!