Cara Backup Data di Perangkat Smartphone Android




Oppotutorial.com - Pemakai smartphone Android kemungkinan besar telah akrab dengan arti backup data. Karena dengan lakukan backup data, pemakai bisa mempunyai salinan data di perangkatnya, jika berlangsung hal yang tidak diharapkan.

Oleh karenanya, lakukan backup data jadi hal penting buat pemakai Android. Lebih, smartphone sekarang mempunyai banyak peranan, terhitung salah satunya menaruh data-data penting, seperti kontak, dokumen, atau photo.

Baca Juga :

Cara Backup Data di Perangkat Smartphone Android


Karena itu, tidak bisa dipikirkan, jika kamu harus kehilangan data yang mungkin telah disatukan lama. Karena itu, akan memberi langkah pandai untuk mem-backup data yang berada di piranti Android-mu.

Tetapi butuh diingat, beberapa langkah yang diberi ini manfaatkan service atau aplikasi di Android, tidak terbatas pada cara backup yang umumnya ditawarkan beberapa manufaktur piranti.

Ini ditujukan supaya kamu masih bisa mencadangkan serta memulihkan data, walau memakai piranti dari manufaktur berlainan. Tanpa ada berpanjang lebar, baca langkah untuk lakukan backup data di Android , seperti diambil dari Make Use Of di bawah ini.

Butuh diingat, Android sebetulnya tawarkan cara-cara buat pemakai untuk mencadangkan data yang dipunyainya. Diantaranya ialah penataan yang berada di piranti, hingga kamu tak perlu ribet mengendalikan beberapa hal.

Untuk mengerjakannya, kamu tinggal buka menu 'Settings', pilih 'System' serta 'Backup'. Sesudah dibuka, kamu bisa pilih 'Back up to Google Drive'.

Ada banyak kelompok data yang bisa kamu cadangkan, pilih pilihan 'Settings' untuk menyalin penataan yang berada di pengaturanmu. Nanti, data cadangan ini bisa dibuka juga dari aplikasi Google Drive.

Sesaat untuk lakukan pencadangan photo, aplikasi yang bisa dihandalkan ialah Google Photos. Langkah untuk lakukan backup di aplikasi ini juga diyakinkan mulus serta gampang.






Kamu bisa aktifkan feature backup dengan buka aplikasi Google Photos, lalu pilih Settings serta nyalakan pilihan 'Back up & Sync'. Bukan sekedar mencadangkan data, kamu bisa pilih kualitas photo yang ingin disimpan.

Sesudah usai lakukan pencadangan, kamu bisa meniadakan photo atau gambar yang telah dicadangkan dengan pilihan 'Free up space'. Jadi, sesudah photo atau gambar sukses dicadangkan, kamu bisa mengaksesnya kapan saja sepanjang online.

Untuk mencadangkan kontak yang berada di piranti, kamu bisa manfaatkan aplikasi Google Contatcs. Melalui aplikasi ini, kamu bisa dengan gampang menyalin kontak yang berada di piranti account Google milikmu.

Triknya, kamu bisa buka menu 'Settings', lalu 'Import' serta pilih sumber kontak yang ingin disalin. Seterusnya, kamu tinggal pilih account Google yang ingin digunakan untuk menaruh daftar kontak itu.

Tidak hanya lakukan pencadangan online, kamu dapat mengerjakannya dengan off line. Jadi, kamu pilih pilihan Ekspor, lalu pilih account Google yang ingin digunakan, serta paling akhir pilih Ekspor to .vcf file.

SMS mungkin termasuk telah jarang-jarang dipakai, tetapi kenyataannya masih ada orang yang menggunakannya dengan beberapa fakta. Karena itu, pemakai Android dapat mencadangkan SMS yang berada di perangkatnya.

Tetapi untuk mengerjakannya, kamu dapat manfaatkan aplikasi faksi ke-3, salah satunya yang bisa digunakan ialah SMS Backup & Restore. Kamu tinggal ikuti beberapa langkah di aplikasi untuk lakukan backup.

Mencadangkan Musik, Dokumen, serta File Lain

Tidak hanya data-data di atas, kamu dapat mencadangkan bermacam info penting lain yang berada di piranti, seperti musik atau dokumen. Tetapi untuk mengerjakannya, kamu butuh manfaatkan aplikasi seperti Google Drive.

Sesaat untuk keperluan berbentuk dokumen atau catatan, kamu bisa memakai Google Keep agar menyimpannya di cloud. Beberapa aplikasi chatting, seperti WhatsApp, sediakan pilihan pencadangan di Google Drive serta bisa kamu gunakan.

Baca Juga :

Sekian Penjelasan Mengenai Cara Backup Data di Perangkat Smartphone Android. Semoga Bermanfaat!