OPPO Reno 2 Jadi Smartphone 5G Pertama di Dunia




Oppotutorial.com - Kini jaringan 5G sudah mulai hadir di berbagai negara karena memiliki kecepatan yang sangat tinggi sehingga mampu digunakan untuk berbagai kebutuhan perangkat Internet of Things. Meskipun belum hadir Indonesia, namun perusahaan smartphone OPPO sudah memberikan sinyal bahwa siap mendukung jaringan teknologi 5G di tanah air.

Baca Juga :

OPPO Reno 2 Jadi Smartphone 5G Pertama di Dunia


Hal ini terlihat dengan pengujian jaringan teknologi 5G di Batam, Kepulauan Riau yang dilakukan oleh OPPO. Dengan kata lain, OPPO menjadi produsen smartphone pertama yang telaj melakukan uji panggilan telepon melalui protokol internal (VOIP) dengan menggunakan smartphone Reno 5G di Indonesia.

Sekilas, OPPO Reno 5G sendiri merupakan smartphone komersial 5G pertama OPPO yang tersedia pertama kali untuk pasar Eropa melalui operator Swisscom pada bulan Mei 2019. OPPO Reno 5G ini adalah smartphone dengan basis Reno 10x Zoom yang dibekali tambahan modem X50 untuk mendukung konektivitas jaringan 5G. Pada saat pengujiannya, jaringan 5G mampu mendukung kecepatan data yang sangat cepat.

Terlihat bahwa OPPO Reno 10x Zoom 5G yang menggunakan jaringan ini mendapatkan kecepatan download super ngebut yang mencapai 1.276 Mbps atau 1,26 Gbps. Untuk saat ini jaringan 5G di Indonesia sendiri masih memasuki tahap uji coba sehingga cukup wajar kalau kecepatan upload hanya mencapai 87,1 Mbps, belum mengimbangi kecepatan download yang jauh berkali-kali lipat.






Data tersebut membuktikan bahwa jaringan 5G memang memiliki kecepatan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jaringan 4G. Dengan kata lain, jaringan 5G dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan teknologi yang lebih canggih lagi.

Ivan Lau selaku CEO OPPO Indonesia mengatakan bahwa melalui uji jaringan 5G yang dilaksanakan di Batam ini, menunjukkan kesiapan OPPO sebagai vendor dalam menyongsong jaringan teknologi generasi ke-5 di Indonesia. Secara global, hal ini juga menjadi perwujudan komitmen OPPO dalam rangka pengembangan teknologi 5G di dunia.

Sebelumnya, OPPO menjadi salah satu perusahaan smartphone yang secara konsisten turut serta dalam perkembangan teknologi 5G di dunia. Dimulai pada April 2015, dimana OPPO sudah membentuk tim awal untuk melakukan standarisasi 5G. Pada Mei 2018, OPPO memperkenalkan demonstrasi video 5G pertama dengan basis 3D structure light. OPPO terus melakukan pengembangan 5G hingga puncaknya di bulan Februari 2019, ketika OPPO berhasil melakukan siaran langsung pertama kali di dunia menggunakan jaringan 5G.

Selanjutnya, pada bulan yang sama OPPO memperkenalkan smartphone komersial 5G pada ajang OPPO Innovation Event 2019 di Barcelona, Spanyol. Pihak OPPO mengatakan bahwa ke depannya mereka siap untuk mendukung penuh pengaplikasian jaringan 5G di Indonesia, tentunya dengan mengikuti aturan baku mengenai peredaran smartphone 5G di tanah air.

Baca Juga :

Sekian Penjelasan Mengenai OPPO Reno 2 Jadi Smartphone 5G Pertama di Dunia. Semoga Bermanfaat!