Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Unlock Bootloader OPPO F11 Terbaru 100% Work

Oppotutorial.com - Unlock bootloader pada Oppo F11 cukup mudah, anda hanya perlu menggunakan ADB dan Mode Fastboot tanpa menggunakan PC. Mudah-mudahan panduan ini bisa membantu anda melakukan proses unlock bootloader tanpa terjadi error. Apakah anda ingin root Oppo F11 dan instal TWRP Recovery dan Flash Custom ROM. Jika benar, anda berada di situs yang benar, di tutorial ini kita akan berdiskusi mengenai cara mudah untuk unlock bootloader di semua smartphone khususnya Oppo F11. Sebelum anda instal TWRP Recovery dan Flash Custom ROM, anda harus unlock bootloader Ponsel anda.

Apa itu Bootloader?

Bootloader merupakan sebuah kode yang digunakan oleh suatu Sistem Operasi untuk mulai beroperasi, semenjak munculnya Android, maka setiap smartphone memiliki versi bootloader masing-masing.


Kenapa Bootloader Terkunci?

Untuk melakukan Instal TWRP Recovery atau Flash Custom ROM ketika bootloader belum di unlocked maka tidak akan mungkin terjadi. Dipaksa untuk mencoba unlocking bootloader tidak hanya menghilangkan garansi tapi juga bisa membuat Ponsel anda mati total.


Kenapa Harus Unlock Bootloader di Android?

Jika anda ingin root, Flash Custom Recovery seperti CWM atau TWRP atau Flash Custom ROM dan kemudian anda perlu unlock bootloadernya. Itu berarti dengan unlock bootloader, anda bisa melakukan root, Flash Unofficial Custom Recovery, Custom ROM pihak ketiga, Backup dan Mengembalikan Data Android, Meningkatkan Memori Internal, Menghilangkan Bloatware, dan masih banyak lainnya.


Persiapan Sebelum Unlock Bootloader Oppo F11

  1. Lakukan pengecasan terhadap Oppo F11 anda minimal setidaknya 50%
  2. Lakukan backup terlebih dahulu semua data yang anda miliki, seperti Kontak, Pesan, Aplikasi, Riwayat Panggilan, Catatan, dan lainnya. 
  3. Pahami dan ketahui bahwa tutorial ini bisa mengakibatkan kerusakan mati total pada Perangkat Oppo F11 anda dan mampu menghilangkan garansi di dalamnya.

Baca Juga :

Cara Unlock Bootloader OPPO F11 Terbaru 100% Work







Cara Unlock Bootloader pada Ponsel OPPO F11


  1. Masuk ke Menu Settings dan Aktifkan USB Debugging 
  2. Aktifkan juga OEM Unlocking dan Advance Reboot Mode di dalam Opsi Pengembang (Developer Options).
  3. Download dan Instal ADB dan Fastboot driver di PC anda. 
  4. Pastikan anda telah instal USB Drivers di PC anda.
  5. Langsung masuk ke lokasi dimana Folder Direktori yang tersimpan File Adb dan Driver Fastboot. Seperti Contoh C:\Program Files\Minimal ADB and Fastboot folder. Kemudian, anda tekan dan tahan tombol shift di keyboard dan klik kanan di ruang yang kosong. Lalu, anda pilih opsi Open Command Window Here, dengan ini  kolom Command Window akan muncul.
  6. Berikutnya amda anda ketikkan Command sebagai berikut satu persatu lalu tekan Enter ; adb devices
  7. Seiring anda mengetik dan ketik enter kata-kata Command diatas, akan muncul pesan List of devices attached dan pesan angka-angka yang juga akan muncul secara acak. Hal tersebut menandakan bahwa Perangkat Oppo F11 anda telah berhasil terhubung ke PC.
  8. Bila anda tidak melihat pesan kata Command dan angka diatas, anda musti re-install USB Driver Mobile dan Ubah kabel USB anda.
  9. Selanjutnya, ketikkan kembali Command ini satu persatu lalu tekan enter ; adb reboot bootloader. Maka perangkat Oppo F11 anda akan masuk ke dalam Mode Fastboot,lalu ketikkan lagi fastboot devices lalu tekan enter.
  10. Untuk unlock bootloader, anda ketikkan salah satu Command dibawah ini satu persatu lalu tekan enter. fastboot oem unlock / fastboot flashing unlock
  11. Dengan mengetikkan salah satu Command diatas, maka anda akan melihat pesan yang muncul di layar perangkat anda meminta untuk Unlock Bootloader.
  12. Pada tampilan layar Oppo F11, anda bisa manfaatkan tombol Volume Up dan Down sebagai navigasi dan Tombol Power untuk memilihnya. 
  13. Akhirnya, proses bootloader unlocking dimulai, setelah proses selesai maka Perangkat Oppo F11 anda akan restart otomatis.
  14. Selesai ! Bootloader pada Ponsel Oppo F1 anda telah berhasil di unlock, sekarang anda bisa melakukan root, instal recovery, flash custom ROMs, dan masih banyak lagi. 

Baca Juga :

Sekian Penjelasan Mengenai Cara Unlock Bootloader OPPO F11 Terbaru 100% Work. Semoga Bermanfaat!