Aktifkan Sensor Sidik Jari Dan Wajah Di Oppo F9 Anda




Oppotutorial.com - Sensor sidik jari dan wajah kini sudah menjadi trend di kalangan pengguna smartphone kelas menengah. Hal ini juga dapat diterapkan pada anda yang mempunyai HP dengan harga di atas 1 jutaan. Tetapi terkadang pengguna smartphone yang merek terbaru, masih merasa bingung untuk menggunakan sensor sidik jari serta wajah ini. Terutama bagi anda yang menggunakan hp Oppo F9. Nah, anda tidak perlu bingung lagi, simak cara yang harus anda ikuti di bawah ini untuk mengaktifkan  sensor sidik jari dan wajah terutama di Oppo F9 anda.






Cara Aktifkan Sensor Sidik Jari

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka menu settings atau pengaturan. Pilih tap fingerprint, face & passcode.
  2. Kemudian pilih lagi opsi fingerprint.
  3. Namun sebelum anda melangkah ke cara berikutnya anda harus membuat passcode utama. Passcode ini wajib anda buat terlebih dahulu karena digunakan untuk membuka kunci utama apabila suatu saat nanti anda merubah sensor sidik jari maupun sensor tersebut gagal membaca. Di sini pada umumnya anda disuruh memasukkan PIN, namun anda juga bisa memilih pilihan Other Encryption Methods. 
  4. Anda wajib memasukkan passcode ini sebanyak 2 kali dan tentunya passcode yang anda masukkan harus sama.
  5. Setelah anda membuat passcode maka saatnya anda menempelkan jari yang menjadi pilihan anda untuk membuka kunci perangkat. Anda harus menempelkan jari ini sebanyak 2 kali, namun tentunya harus menunggu adanya perintah baru untuk menempelkan jari anda. 
  6. Jika sudah ada pemberitahuan “Done” maka artinya sidik jari anda secara otomatis sudah tersimpan. Anda cukup tap continue untuk lanjut ke tahapan berikutnya.

Yang akan muncul di layar adalah fingerprint 1 yang artinya sidik jari pertama yang anda buat tadi. Tetapi jika anda ingin menambahkan sidik jari yang lainnya, anda dapat membuatnya lagi, jika memang dirasa perlu. Caranya yaitu tinggal pilih Add a Fingerprint serta ulangi langkahnya seperti yang telah diulas di atas hingga selesai dan data tersimpan.

Cara Aktifkan Sensor Wajah

Sensor wajah atau face unlock ini caranya lebih mudah jika dibandingkan dengan mengaktifkan sensor sidik jari. Caranya adalah:
  1. Buka settings dan pilih fingerprint, face & passcode.
  2. Pilih opsi menu face
  3. Layar di ponsel anda akan menampilkan jendela dimana anda harus memposisikan wajah tepat di dalam lingkaran. Pada proses ini kamera yang anda gunakan adalah kamera depan. Pastikan wajah anda diterangi oleh cahaya yang cukup serta tepat berada di dalam lingkaran. 
  4. Jika posisi wajah anda sudah tepat maka secara otomatis sistem akan menyimpan data anda. Sehingga anda dapat lanjut ke langkah selanjutnya. Pada proses ini anda juga bisa mengatur dispensasi cahaya yang redup, menghapus wajah anda, mengatur perilaku ponsel ketika diaktifkan dengan wajah. 

Dengan langkah ini, maka sensor wajah anda sudah aktif dan siap untuk anda gunakan untuk mengaktifkan ponsel Oppo F9 anda. Cara mengaktifkan sensor wajah ini memang lebih mudah jika dibandingkan dengan sensor sidik jari karena dengan mengaktifkan sensor wajah anda tidak perlu memasukkan passcode seperti ketika anda membuat sensor sidik jari.

Namun semua pilihan ada di tangan anda. Anda mau mengaktifkan sensor sidik jari maupun wajah itu semua tergantung dengan anda.


Sekian Penjelasan Mengenai Aktifkan Sensor Sidik Jari Dan Wajah Di Oppo F9 Anda. Semoga Bermanfaat!