Cara Menghidupkan HP Android Tanpa Tombol Power




Oppotutorial.com - HP android anda tombol powernya tidak berfungsi? Tidak perlu khawatir, karena disinilah anda akan menemukan solusinya. Tombol power tidak berfungsi ini biasanya HP anda dalam kondisi aktif maupun nonaktif. Anda tidak perlu khawatir, berikut cara mengatasinya.

Baca Juga :
Cara Menghidupkan HP Android Tanpa Tombol Power







HP Android Dalam Keadaan Aktif

Anda masih beruntung, walaupun tombol power HP android anda tidak berfungsi, namun kondisi HP anda masih hidup atau aktif. Maka anda dapat melakukan:


Colokkan Dengan Benda Lain

Ada beberapa HP android yang tombol powernya tidak berfungsi dikarenakan cover atau bagian luarnya hilang tetapi masih menyisakan karet di bagian dalam. Jika HP android anda dalam kondisi seperti ini maka anda dapat menggunakan benda khusus seperti tusuk gigi, SIM card ejector atau benda yang sejenis untuk menekan benjolan yang terdapat didalamnya. Namun jangan menggunakan benda tajam untuk melakukan cara ini. Untuk penggunaan tusuk gigi pastikan ujungnya sudah tumpul. Jika bagian dalam tombol power tersebut masih berfungsi maka otomatis HP android anda sudah normal kembali.


Sambungkan Dengan Powerbank/Charger

Anda dapat menghubungkan HP android anda dengan power bank, charger maupun menyambungkan ke PC. Nah jika HP anda dalam keadaan aktif maka layar akan menyala dan anda bisa membuka kunci dari layar HP android anda.


Gunakan Tombol Lain

Anda juga bisa menyalakan HP android anda dengan tombol lain seperti tombol volume up serta down. Dengan demikian maka HP android anda dapat menyala dan anda pun dapat menggunakan seperti sediakala.


HP Android Dalam Keadaan Nonaktif

Nah, bagi anda yang smartphonenya dalam keadaan mati atau nonaktif, anda tidak perlu khawatir, karena masih ada beberapa cara untuk menghidupkan HP anda. Anda bisa menggunakan laptop atau PC yang minimal sudah terpasang software ADB dan Fastboot. Namun tentunya sebelumnya anda harus memastikan bahwa HP android anda telah mengaktifkan fitur USB debugging yang bisa anda dapatkan di opsi Developer options. Berikut caranya.


Pasang software ADB dan Fastboot pada PC atau laptop anda. 

Anda cukup masuk ke mode bootloader/fastboot. HP android anda yang berada dalam kondisi mati dapat masuk ke mode tersebut dengan cara tahan tombol volume down serta sambungkan dengan PC menggunakan kabel USB, tunggu sampai muncul tampilan fastboot.

Anda buka software ADB dan fastboot yang akan muncul di layar PC anda seperti command prompt. Nah untuk mengecek apakah perangkat sudah tersambung atau belum maka anda cukup memasukkan perintah “adb devecis” kemudian tekan Enter.

Untuk restart HP android anda maka anda cukup masukkan perintah “fastboot reboot” dan tekan enter. Maka secara otomatis HP android anda akan bekerja dan masuk ke tampilan awal.

Begitulah cara menghidupkan HP android anda yang tombol powernya berada dalam kondisi rusak atau sudah tidak berfungsi lagi. Cukup mudah, bukan?

Nah, untuk itu mulai sekarang anda tidak perlu terlalu terburu-buru datang ke service center lagi apabila tombol power HP anda tidak berfungsi. Namun jika memang sudah rusak parah, ya mau tidak mau maka HP android anda harus di service.

Tetapi setidaknya dengan ulasan di atas anda dapat memperbaiki HP android anda yang memiliki kondisi tombol powernya rusak sedangkan HP dalam keadaan aktif maupun nonaktif sekalipun.

Baca Juga :

Sekian Penjelasan Mengenai Cara Menghidupkan HP Android Tanpa Tombol Power. Semoga Bermanfaat!