Tips Mudah Mencadangkan Data Pada Hp Oppo




Oppotutorial.com - Memiliki data-data penting yang disimpan pada HP memang akan memberikan kemudahan dan kepraktisan. Umumnya sekarang setiap orang membawa HP kemana-mana. Melalui HP ini dapat menyimpan bermacam-macam data dan file yang penting dan mungkin akan dibutuhkan sewaktu-waktu. Dengan hanya mengantongi HP saja sudah dapat membawa data dan file penting kemana-mana.

Namun HP sangat riskan untuk hilang dan rusak. Jika kedua hal tersebut terjadi maka data-data maupun file yang penting dan tersimpan di dalam HP akan hilang. Tetapi sekarang tidak perlu khawatir lagi karena Hp Oppo telah menyediakan pencadangan data untuk mengantisipasi jika data maupun file hilang atau rusak. Fitur ini dapat ditemui pada Hp Oppo dengan perangkat ColorOS 6.0 keatas.

Untuk mencadangkan file maupun data yang tersimpan di dalam HP harus memastikan baterai lebih dari 50%. Kondisi ini untuk mencegah agar HP tidak tiba-tiba mati saat melakukan proses pencadangan data. Hal yang penting selanjutnya adalah HP tidak boleh dimatikan dan tidak memulai ulang pada saat berlangsung proses pencadangan data.

Baca Juga :
Tips Mudah Mencadangkan Data Pada Hp Oppo







Metode Pencadangan Data Di Hp Oppo

Pencadangan data di Hp Oppo ada 4 metode yang dapat dipilih. Metode tersebut yaitu Cadangan Lokal, Oppo Cloud, Klon Ponsel dan aplikasi dari pihak ketiga.


1. Pencadangan Lokal di Hp Oppo.

Pada Cadangan Lokal ini dapat menyimpan data sistem, data pribadi dan aplikasi. Caranya sangat mudah. Langkah yang pertama adalah masuk ke menu pengaturan kemudian ke Buat Cadangan dan Reset. Langkah selanjutnya ke menu Cadangkan & Pulihkan lalu ke Cadangkan Baru.

Setelah siap memilih data yang akan dicadangkan dengan menekan Mulai Cadangkan. Saat proses pencadangan berlangsung maka di layar HP akan memberikan tampilan rincian cadangan dan kemajuan. Pada saat proses pencadangan telah selesai maka cadangan tersimpan sesuai dengan nama dan tanggal folder di penyimpanan ponsel. Data pencadangan dapat disusun menurut kronologis di Pulihkan Cadangan.

Rincian pada cadangan dapat diperiksa dan jika tidak dibutuhkan dapat dihapus. Langkah yang selanjutnya menyambungkan ke komputer dan memilih USB Debugging kemudian memilih File Transfer. Data dapat ditransfer ke file komputer.


2. Pencadangan di Oppo Cloud

Oppo Cloud untuk mencadangkan pesan dan kontak yang ada di penyimpanan HP. Langkah yang pertama adalah memasuki akun Oppo atau dapat melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pilih Oppo Cloud dan tinggal mengunggahnya. Untuk proses pencadangan memakai Oppo Cloud harus menggunakan koneksi internet.


3. Pencadangan memakai metode Klon Ponsel

Hp Oppo yang memiliki sistem versi ColorOS 2.1 kebawah tidak dapat mendukung pencadangan Klon Ponsel. Jika memilih pencadangan melalui Klon Ponsel maka semua data dapat ditransfer secara cepat dari Hp Oppo yang satu ke Hp Oppo lainnya.


4. Pencadangan memakai aplikasi dari pihak ketiga

Pencadangan data menggunakan aplikasi dari pihak ketiga sebaiknya memilih yang benar-benar terpercaya. Namun sebaiknya tidak menggunakan aplikasi dari pihak ketiga jika ingin melakukan pencadangan data karena rentan tidak aman. Aplikasi dari pihak ketiga sangat rentan dari segi keamanan dan adanya kemungkinan untuk pengambilan data informasi pribadi. Juga memungkinkan kendala dengan sistem Oppo.

Pencadangan data pada Hp Oppo dapat dilakukan dengan sangat mudah. Proses pencadangan ini dapat mengamankan data-data penting jika kemungkinan terjadi kerusakan maupun kehilangan sehingga data tersebut tidak ikut hilang. Untuk pemilihan metode pencadangan dapat dipilih yang paling nyaman dan aman.

Baca Juga :

Sekian Penjelasan Mengenai Tips Mudah Mencadangkan Data Pada Hp Oppo. Semoga Bermanfaat!