Cara Mengatasi Kamera Bermasalah Di Oppo A5




Oppotutorial.com - Memiliki smartphone yang mudah dibawa kemana-mana pasti tidak akan pernah luput dari membidik suatu obyek dalam sebuah foto. Untuk mendapatkan bidikan foto sekarang ini cukup mengarahkan kamera smartphone ke obyek dan menyimpannya di dalam galeri. Namun apabila kamera bermasalah dan tiba-tiba tidak dapat digunakan maka harus diperbaiki.

Baca Juga :

Cara Mengatasi Kamera Bermasalah Di Oppo A5


Masalah yang dapat timbul pada kamera smartphone yaitu tidak dapat membuka aplikasi kamera dan layar kamera menjadi berwarna hitam atau crash. Apabila kondisi ini terjadi pada kamera smartphone maka kamera tidak dapat dipakai untuk membidik obyek. Saat ini kegiatan foto maupun selfie sudah umum dilakukan. Semua kegiatan selalu difoto sebagai kenang-kenangan maupun dipajang di media sosial.

Pengambilan foto semakin mudah dengan adanya smartphone. Apalagi smartphone Oppo A5 yang memberikan fitur kamera canggih sehingga memberikan hasil foto lebih keren. Detail foto menjadi lebih jelas dan dapat mengarahkan pada angle sesuai kebutuhan. Obyek yang diinginkan dapat dibuat menjadi lebih fokus dan jernih.

Mengatasi Kamera Bermasalah 

Kamera di smartphone bisa jadi tiba-tiba bermasalah. Namun jika tidak segera diperbaiki maka kegiatan foto akan menjadi terganggu. Apalagi di jaman sekarang ini yang senang memajang semua foto kegiatannya di media sosial. Kamera smartphone tidak sekedar untuk fitur foto saja tetapi juga dapat digunakan untuk merekam video.

Apabila terjadi masalah pada kamera di smartphone Oppo A5 maka yang dilakukan pertama kali adalah mencoba restart Hp. Caranya adalah mematikan Hp atau menekan tombol Off di Hp kemudian dihidupkan kembali. Setelah proses restart ini coba membuka aplikasi kamera kembali. Jika sudah tidak bermasalah berarti aman dan dapat kamera dapat digunakan. Namun apabila kamera masih bermasalah maka harus dilakukan cara lainnya.

Ada 3 cara berikutnya yang dapat membantu kamera bermasalah pada smartphone. Berikut cara mengatasi kamera pada Oppo A5 yang tiba-tiba bermasalah.







1. Membersihkan Cache

Cache pada aplikasi di smartphone dapat menumpuk menjadi sampah yang mengganggu kinerjanya. Agar kinerja aplikasi lancar maka cache harus dibersihkan. Caranya yaitu masuk ke menu Pengaturan kemudian ke Manajemen Aplikasi. Langkah berikutnya masuk ke Tampilkan Proses Sistem atau Semua dan memilih Kamera. Masuk ke Penggunaan Memori kemudian membersihkan data dan cache.


2. Mengizinkan Aplikasi Kamera Dari Pihak Ketiga

Cara ini bermaksud untuk memberikan ijin pada aplikasi kamera dari pihak ketiga untuk memakai kamera pada smartphone. Caranya yaitu masuk ke menu Pengaturan kemudian pilih Keamanan dan dilanjutkan ke Izin Aplikasi. Lalu langkah berikutnya pilih aplikasi kamera dari pihak ketiga yang dipakai dan Terapkan.


3. Memperbarui Sistem

Kamera yang bermasalah bisa saja terjadi sistem tidak diperbarui. Untuk perbaruan sistem caranya yaitu masuk ke menu Pengaturan kemudian klik ke Pembaruan Perangkat Lunak atau Pembaruan Sistem. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

Apabila kamera smartphone tetap bermasalah maka sebaiknya menggunakan aplikasi tambahan kamera dari pihak ketiga. Aplikasi tambahan tersebut dapat membantu bagi pengguna yang senang foto daripada tidak sama sekali. Aplikasi kamera tambahan dapat diperoleh di Playstore. Namun biasanya jika sudah dilakukan salah satu dari 3 cara tersebut maka kamera di smartphone sudah dapat dipakai kembali.

Kamera bermasalah di smartphone memang menjengkelkan karena tidak dapat dipakai untuk berselfie atau mengabadikan kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu, dapat memilih salah satu dari ketiga cara di atas untuk memperbaiki kamera yang bermasalah. Apabila ada cara lain yang dapat mengatasi kamera bermasalah di Oppo A5, silakan menuliskan di kolom komentar.

Baca Juga :

Sekian Penjelasan Mengenai Cara Mengatasi Kamera Bermasalah Di Oppo A5. Semoga Bermanfaat!