Jika Jaringan Data Seluler Tidak Dapat Digunakan Di Oppo Reno




Oppotutorial.com - Saat ini hampir semua kegiatan membutuhkan jaringan internet untuk melancarkan pekerjaannya. Oleh karena itu, sekarang semua smartphone sudah dilengkapi dengan fitur untuk menyambungkan jaringan internet. Salah satu smartphone yang banyak diminati karena harga miring namun memiliki fitur lengkap, yaitu Oppo juga menyediakan fitur untuk menyambung jaringan data seluler.

Baca Juga :

Jika Jaringan Data Seluler Tidak Dapat Digunakan Di Oppo Reno


Jaringan internet dapat diperoleh dari berbagai provider yang ada di Indonesia. Ada provider yang memberikan kekuatan sinyal kuat meskipun berada di pelosok namun ada pula provider yang tidak terlalu kuat sinyal meskipun berada di kota. Semua menjadi pilihan bagi pengguna dan disesuaikan dengan kebutuhannya. Harga paket internet di setiap provider juga dapat berbeda dan biasanya digabungkan dengan promo lainnya atau sebagai bundling.

Untuk menyambung internet dibutuhkan jaringan dan kekuatan sinyal. Jika kekuatan sinyal lemah maka internet menjadi lemot dan bahkan dapat berdampak tidak dapat tersambung. Hampir setiap hari internet sudah menjadi bagian dari kehidupan. Tidak hanya menunjang kegiatan dan pekerjaan saja tetapi juga untuk berkomunikasi sekarang mengandalkan internet.






Cara Mengatasi Oppo Reno Yang Tidak Dapat Tersambung Internet

Oppo Reno merupakan seri terbaru yang dikeluarkan dengan berbagai fitur lebih lengkap. Untuk menyambungkan ke jaringan internet menjadi lebih mudah. Namun tetap tergantung pada kekuatan sinyal dari masing-masing provider di lokasi pengguna. Hampir setiap saat sekarang ini akan bersinggungan dengan internet. Berkomunikasi juga menjadi lebih mudah melalui internet.

Apabila internet tidak tersambung maka dapat dibilang akan mengganggu kegiatan dan bahkan kehidupan. Jika kondisi ini terjadi di Oppo Reno maka harus dilakukan beberapa pengecekan. Yang pertama adalah lakukan pengecekan apakah data seluler sudah dihidupkan. Kemudian lakukan pemeriksaan kekuatan sinyal. Caranya dengan melihat ikon sinyal di status bar. Pastikan apakah sinyal internet lemah atau kuat.

Setelah diketahui kekuatan sinyal internet yang diterima maka jika jaringan masih belum dapat tersambung harus dilakukan pemeriksaan pada pengaturan di Oppo Reno. Berikut cara memeriksa pengaturan jaringan data seluler di Oppo Reno.

  1. Sebelum melakukan pengecekan jaringan di pengaturan maka harus dipastikan fitur Mode Pesawat dalam posisi mati. Koneksi VPN juga tidak perlu disambungkan.
  2. Langkah yang pertama adalah masuk ke menu Pengaturan kemudian dipilih Kartu Dual SIM atau SIM Ganda & Seluler. 
  3. Pilihlah SIM 1 atau SIM 2 yang memiliki data jaringan seluler dan sudah memiliki paket internet.
  4. Pengaturan jenis jaringan juga harus dipastikan apakah menggunakan jaringan 2G, 3G atau 4G. Namun biasanya sudah diatur secara otomatis. 
  5. Langkah berikutnya yaitu masuk ke Data Seluler. Pastikan fitur ini aktif dengan melihat tombol di sebelahnya berubah menjadi hijau.
  6. Setelah data seluler hidup maka lakukan pengecekan kembali apakah jaringan internet sudah tersambung dengan baik.
  7. Apabila cara ini belum berhasil maka sangat dianjurkan untuk melakukan restart. Bisa memperbarui versi ColorOS atau reset ke pengaturan pabrik. 
  8. Untuk memperbarui ColorOS caranya, masuk ke Pengaturan kemudian ke Pembaruan Perangkat Lunak. 
  9. Untuk reset ke pengaturan pabrik caranya yaitu masuk ke menu Pengaturan kemudian ke Pengaturan Tambahan. Dilanjutkan ke langkah yang penting yaitu Buat Cadangan dan Reset kemudian Reset ke Data Pabrik.

Jaringan data seluler untuk menyambung internet menjadi sangat penting agar semua kegiatan dan pekerjaan lancar. Namun apabila penyambungan jaringan internet bermasalah maka tidak dapat menyambung ke internet dan menjadi masalah. Apabila ada cara lain yang lebih mudah untuk mengatasi jaringan internet tidak tersambung, silakan menuliskan di kolom komentar.

Baca Juga :

Sekian Penjelasan Mengenai Jika Jaringan Data Seluler Tidak Dapat Digunakan Di Oppo Reno. Semoga Bermanfaat!