Mengoptimalkan File Penyimpanan Di Oppo A9 Agar Tidak Penuh




Oppotutorial.com - Ketika memiliki smartphone baru sudah pasti ingin mengisinya dengan aplikasi-aplikasi, foto, video dan semua yang dapat disimpan. Namun di semua jenis smartphone mempunyai ruang penyimpanan tertentu dan terbatas. Tidak semuanya dapat tertampung di dalam penyimpanan internal. File penyimpanan di internal yang penuh biasanya dapat tertolong dengan penambahan kartu SD.

Baca Juga :

Mengoptimalkan File Penyimpanan Di Oppo A9 Agar Tidak Penuh


Namun penyimpanan di kartu SD juga tidak dapat menampung semuanya. Biasanya yang kemudian terjadi adalah penyimpanan internal menjadi penuh. Jika penyimpanan di smartphone penuh maka akan menimbulkan masalah di HP. Misalnya mempengaruhi jalannya beberapa aplikasi menjadi tidak lancar alias lemot. Atau bahkan lebih parahnya aplikasi menjadi hang atau tidak dapat berjalan.

Memang tidak salah untuk menyimpan semuanya di smartphone karena sudah umum jika sekarang selalu membawa HP kemana-mana. Bahkan hampir semua kegiatan melibatkan HP. Namun jika ruang penyimpanan di HP telah penuh maka mau tidak mau harus dikurangi agar aplikasi dapat berjalan dengan lancar.






Membuat File Penyimpanan Optimal

Sebaiknya setiap saat secara berkala melakukan pemeriksaan pada ruang penyimpanan internal yang ada di HP. Pengecekan ini akan dapat mencegah jika ada kemungkinan penyimpanan  tidak menyisakan ruang. Jadi apabila ingin menyimpan foto, video maupun dokumen dapat dilakukan secara aman.

Pada Oppo seri A9 menyediakan ruang penyimpanan yang lumayan banyak. Namun keterbatasan penyimpanan dapat dioptimalkan sehingga akan menyimpan lebih banyak lagi. Sebelum melakukan pengoptimalan sebaiknya diperiksa ruang penyimpanan terlebih dahulu. Caranya yaitu dengan membuka Pengaturan dilanjutkan ke Pengaturan Tambahan kemudian klik Penyimpanan. Setelah sampai disini pilih Manajer File di Layar Beranda dan terlihat ruang tersisa yang ada di penyimpanan internal maupun Kartu SD.

Selain terlihat data ruang penyimpanan yang ada di internal dan  kartu SD juga dapat diketahui jumlah ruang penyimpanan yang kosong. Jumlah file yang ada di masing-masing aplikasi akan terhitung secara otomatis. Dari sini akan diketahui aplikasi mana yang memberikan sumbangan banyak di ruang penyimpanan. Setelah diketahui jumlah dan sisa yang ada di ruang penyimpanan baru dilakukan pengoptimalan.

Berikut cara mengoptimalkan file penyimpanan agar aplikasi dapat berjalan lancar.

  1. Langkah yang pertama adalah masuk ke file Setelan atau Setting.
  2. Kemudian dipilih menu Pengaturan dan menuju ke Pengaturan Tambahan.
  3. Langkah berikutnya memilih menu Penyimpanan.
  4. Dilanjutkan dengan memilih Pembersihan File.
  5. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai.
  6. Jika ingin mengoptimalkan lebih banyak lagi dapat memilih Pembersihan Penuh.
  7. Setelah proses selesai maka ruang penyimpanan internal telah optimal.
  8. Lakukan cek kembali jumlah ruang kosong di file penyimpanan. 

Pada saat proses pembersihan file maka akan terjadi pembersihan file pada cache, file unduhan dan sampah-sampah file yang sudah tidak berguna. Sampah yang ada di file inilah penyebab ruang penyimpanan di HP menjadi penuh. Sebaiknya dilakukan pembersihan file secara berkala agar sampah di file tidak menumpuk dan menyebabkan masalah di jalannya aplikasi.

Penyimpanan file di HP tidak dapat menampung banyak karena keterbatasan RAM. Namun dapat diakali dengan penambahan kartu memori tambahan yang akan memberikan lebih banyak ruang penyimpanan. Sehingga jika ingin menyimpan foto, video maupun dokumen sudah tidak perlu khawatir lagi.

File penyimpanan yang ada di Hp Oppo F9 memiliki ruang terbatas namun dapat dioptimalkan. File penyimpanan yang penuh dapat mempengaruhi jalannya aplikasi menjadi tidak lancar. Apabila ada cara lain untuk mengoptimalkan file penyimpanan, silakan menuliskan di kolom komentar.

Baca Juga :

Sekian Penjelasan Mengenai Mengoptimalkan File Penyimpanan Di Oppo A9 Agar Tidak Penuh. Semoga Bermanfaat!