Cara Menggunakan Smart Sidebar di Ponsel OPPO




Oppotutorial.com - OPPO hingga saat ini tetap saja menggunakan interface khusus melalui sistem operasi Android, yang disebut dengan ColorOS. Melalui interface khusus tersebut, pihak Oppo dapat menyematkan berbagai macam fitur dan utilitas tambahan untuk perangkat-perangkat buatannya, termasuk salah satunya ialah fitur Smart Sidebar.

Baca Juga :

Cara Menggunakan Smart Sidebar di Ponsel OPPO


Bagi anda yang belum mendengarnya, tentang apa itu Smart Sidebar? Maka anda perlu membaca secara detail, jadi fitur tersebut merupakan fitur yang bisa mempermudah teknik multi-tasking anda sebagai pengguna dikarenakan fitur tersebut dapat anda gunakan untuk mengakses beberapa aplikasi dengan mudah dan cepat.

Fitur tambahan yang telah disematkan pada hp oppo ini memungkinkan penggunanya untuk dialihkan ke aplikasi lain, dapat pula melakukan transfer file, membalas pesan singkat, ataupun mengambil berbagai tangkapan layar disaat anda sedang mengakses sebuah aplikasi, sibuk bermain game ataupun sedang menonton video di Youtube. Namun bagi anda yang ingin menggunakan fitur ini, anda dapat mengaktifkannya terlebih dahulu dengan cara mengakses Menu Settings, lalu pilih opsi Smart & Convenient  dan terakhir pilih opsi Smart Sidebar.






Di halaman menu pengaturan tersebut, anda cukup klik tombol toggle Smart Sidebar satu kali untuk mengkondisikannya ke posisi on agar dapat diaktifkannya kembali. Atau, anda bisa mengubahnya ke posisi off bila anda sudah tidak ingin menggunakan Smart Sidebar. Setelah fitur ini aktif, maka anda dapat melihat sebuah garis kecil berwarna putih yang tletaknya di sebelah kanan layar hp oppo anda. Anda juga bisa menariknya ke arah kiri bila ingin membuka Smart Sidebar.

Disaat opsi Smart Sidebar telah anda buka maka, anda dapat memilih aplikasi dan alat fitur favorit yang ingin anda tambahkan ke dalamnya. Untuk menambahkan alat atau aplikasi tersebut, anda dapat klik pada tombol plus (+) lalu kemudian pilih aplikasi yang anda inginkan. Maka akan terdapat tiga slot berupa alat (Quick tools) dan delapan belas aplikasi (Quick Apps). Untuk alat, anda hanya bisa menambahkan opsi Screenshot, Screen Recording, dan Block Banners.

Sementara waktu untuk aplikasi, semuanya dapat anda tambahkan. Bahkan di saat beberapa yang mendukung fitur floating app berupa aplikasi yang dapat dibuka tanpa harus menutup tampilan aplikasi lain dan juga telah dipisahkan agar pekerjaan anda untuk memilihnya jauh lebih mudah.

Baca Juga :

Namun bila area pada tampilan hp oppo anda telah penuh, anda bisa menghapus salah satu aplikasi atau alat yang sudah tidak anda inginkan lagi dari Smart Sidebar dengan cara tekan pada area Smart Sidebar dan tekan pada tombol minus (-) lalu pada alat atau aplikasi tersebut selanjutnya, bilamana anda telah selesai mengelola aplikasi atau alat favorit di Smart Sidebar, anda dapat tekan tombol Done atau menekan tombol di area luarnya (home screen) untuk menutupnya. Sekian Penjelasan Mengenai Cara Menggunakan Smart Sidebar di Ponsel OPPO. Semoga Bermanfaat!