Cara Memindahkan Data HP OPPO yang Lama ke HP OPPO A92




Oppotutorial.com – Selayaknya sebuah ponsel pintar yang dirilis pada tahun 2020, Oppo A92 menghadirkan berbagai fitur terbaru pilihan dibalik Sistem ColorOS 7.1. Diantara sekian banyak fitur terbaru pilihan tersebut ada yang disebut dengan Clone Phone. Fitur Clone Phone merupakan fitur yang dapat memindahkan semua data dari Ponsel Oppo yang lama ke Ponsel Oppo yang baru dalam hal ini sebut saja Oppo A92 dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Baca Juga :


Cara Memindahkan Data HP OPPO yang Lama ke HP OPPO A92


Data-data yang dimaksud tersebut bisa berupa data nomor kontak, sms, riwayat panggilan, aplikasi yang telah terinstal, daftar music, foto-foto, video, serta dokumen. Data-data ini lah nantinya yang dapat dipindahkan oleh Clone Phone secara singkat dari Ponsel Oppo yang lama ke Ponsel Oppo yang baru. Proses perpindahan data ini berlangsung cukup singkat dikarenakan memanfaatkan teknologi Wifi Direct, namun tentu saja waktu perpindahan data tersebut tergantung dari seberapa besar data dan seberapa banyak data yang akan dipindahkan.

Baik, kita coba saja memindahkan data menggunakan Clone Phone dengan menerapkan langkah-langkah dibawah ini secara tertib ;
  1. Pertama kali yang harus anda lakukan ialah membuka folder aplikasi Tools yang biasanya ada di layar depan Oppo A92.
  2. Setelah anda buka aplikasi Tools, pilih saja opsi aplikasi Clone Phone di dalamnya.
  3. Bilamana aplikasi Clone Phone berhasil terbuka, maka anda akan menemukan pilihan jenis perangkat yang terdiri dari New Phone dan Old Phone.
  4. Selanjutnya silahkan pilih New Phone, dikarenakan Oppo A92 menjadi destinasi penempatan data dari Ponsel lama.
  5. Ketika opsi New Phone dipilih, anda akan dihadapkan pada menu pilihan jenis Ponsel Lama yang terdiri dari Oppo Phone, Other Android Phone, atau iPhone. Pilih saja salah satu diantaranya, jika Ponsel lama anda HP OPPO, pilihan Oppo Phone. Jika selain HP OPPO, namun berjenis HP ANDROID juga pilih saja Other Android Phone. Namun bila HP Lama anda iPhone, pilih saja IPHONE.
  6. Di dalam tutorial ini kita coba pilih opsi Other Android Phone, artinya kita akan menggunakan HP Android lain selain OPPO.
  7. Di dalam halaman Instal Clone Phone on The Old Phone, anda akan diberikan sebuah link download untuk mengunduh aplikasi Clone Phone pada Ponsel selain Oppo.
  8. Berikutnya, silahkan anda buka browser ketik link, download, dan segera Instal Clone Phone pada HP Android tersebut.

Baca Juga :

Cara Migrasi Data dari Ponsel Lama Android ke Ponsel Baru OPPO A92

  1. Ketika anda masuk ke dalam bagian ini, pastinya Fitur Clone Phone telah berhasil anda instal di Oppo A92. Lalu, langsung saja anda buka aplikasinya dan klik tombol Start Cloning.
  2. Berikutnya, klik tombol Next agar anda digiring ke halaman pengaturan hotspot dan password untuk menghidupkan Wifi Direct yang mana gunanya nanti untuk memindahkan data.
  3. Di halaman tersebut pula, akan anda temukan QR Code yang bisa anda scanning untuk memulai menghubungkan Oppo A92 anda dan HP Android lama tadi.
  4. Kembali lagi ke HP Android lama, lalu tekan tombol Start Cloning agar anda bisa masuk ke halaman Pemindai QR Code.
  5. Di HP Android lama bilamana anda ingin memindai QR Code, masuk saja ke halaman pengaturan hotspot dan password aplikasi Oppo A92.
  6. Nantinya, aplikasi Clone Phone anda akan memulai proses menghubungkan antara kedua Ponsel, bilamana telah terhubung maka HP Android lama akan muncul pemberitahuan Migrate Everything on This Phone to the New Phone. Opsi tersebut menjadi pertanda untuk memulai proses perpindahan data kontak, sms, riwayat panggilan, foto, video, music, dokumen sistem, serta aplikasi yang telah diinstal.
  7. Sementara itu, di OPPO A92 anda akan muncul halaman yang terdapat tulisan Start Migration on The Old Phone yang menjadi tanda bahwa proses perpindahan data dapat segera dilakukan.
  8. Untuk memulai proses ini, silahkan anda klik tombol Start Cloning pada HP Android lama, tak berapa lama nanti, proses migrasi ini akan dimulai dan silahkan anda tunggu beberapa saat.
  9. Jika proses ini telah berhasil, maka pada layar Ponsel sama-sama akan menampilkan pemberitahuan bahwa data transfer telah berhasil di pindahkan.
  10. Jika proses transfer data telah selesai, maka anda akan melihat tampilan informasi bahwasanya seluruh data telah berhasil dipindahkan. Kemudian, anda tekan tombol Done, maka secara otomatis anda akan keluar dari aplikasi Clone Phone. Selamat! Semua data yang anda miliki di HP Android lama telah berhasil dipindahkan ke HP Android baru, Oppo A92.