Cara Mengamankan File dari Orang Lain di OPPO A92




Oppotutorial.com - Di Indonesia kini telah dirilis HP OPPO terbaru yang dibekali ColorOS 7.1 berbasis Android 10 yakni, OPPO A92. Di dalam system ColorOS 7.1 terdapat Fitur Privacy yang bermanfaat untuk menyembunyikan aplikasi atau file yang tersimpan di dalam Ponsel Oppo A92 sehingga tidak sembarang orang bisa melihatnya dan anda pun bisa merasa tenang. Ketika anda telah masuk ke dalam Menu Privacy, anda bisa menemukan Fitur App Lock yang dapat anda gunakan untuk tujuan yang dimaksud.

Baca Juga :

Cara Mengamankan File dari Orang Lain di OPPO A92



Setelah anda mengaktifkan Fitur App Lock ini, anda bisa memasukkan Password, PIN, Pattern, ataupun Sensor Fingerprint tinggal pilih mana yang anda inginkan. Kapanpun anda ingin melihat data/file yang telah anda sembunyikan tadi menggunakan fitur app lock, anda bisa menggunakan kode khusus yang telah anda input pada system penguncian aplikasi tersebut. Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana Cara Mengamankan File dari Orang Lain di OPPO A92 tersebut, simak tutorial berikut ini.

Cara Mengunci Aplikasi dengan App Lock

  1. Pertama kali yang perlu anda lakukan ialah membuka Menu atau aplikasi Settings yang ada di dalam Ponsel Oppo A92.
  2. Lalu, anda pilih Menu Privacy dan Menu App Lock. 
  3. Nanti, anda akan diminta untuk membuat kode khusus berupa Password, PIN atau Pattern.
  4. Setelah kode khusus telah dibuat, maka anda akan diarahkan ke pemilihan aplikasi mana yang akan anda kunci.
  5. Pilih salah satu, atau beberapa diantaranya. Anda bisa uji coba apakah sistem pengunciannya dapat diaktifkan.
  6. Kedepan, bila anda ingin membuka salah satu aplikasi yang telah dikunci tadi, anda akan diminta untuk memasukkan kode khusus yang telah terinput melalui App Lock.







Cara Menyembunyikan Aplikasi dengan App Lock

  1. Coba anda buka lagi halaman Privacy yang ada di dalam Menu Settings.
  2. Buka Menu App Lock lalu anda masukkan Password, PIN, atau pola yang telah anda buat secara khusus.
  3. Lalu pilih aplikasi mana yang akan anda sembunyikan, bila aplikasi tersebut belum terkunci dengan menggunakan App Lock, segera aktifkan Enable Password Verification agar anda bisa melihat kemunculan Hide Home Screen Icon.
  4. Selanjutnya anda pilih saja opsi tersebut, dan kemudian masukkan kode akses agar dapat membuka kembali aplikasi yang telah disembunyikan.
  5. Kode akses khusus tersebut bisa berupa kode #[angka]# yang dimasukkan kedalam aplikasi Phone atau Telepon.
  6. Setelah kode akses anda masukkan, tanpa berlama-lama lagi segera menuju homescreen untuk melihat bahwa aplikasi tersebut tidak ada lagi.

Untuk tambahan saja, jika anda melihat adanya aplikasi setelah disembunyikan menggunakan format kode #[angka]# pada ponsel anda, maka hal yang musti anda kerjakan berikutnya yakni menampilkan aplikasi yang telah disembunyikan di dalam folder Hidden Apps. Selain bisa menggunakan fitur App Lock, anda pun juga bisa mengakses Fitur Private Safe yang ada di dalam halaman Privacy.

Cara Menyembunyikan File Menggunakan Fitur Private Safe

  1. Pertama silahkan anda buka Menu atau Aplikasi Settings.
  2. Lalu, anda buka Menu Privacy dan Menu Private Safe.
  3. Disana anda akan diminta untuk memasukkan kode khusus berupa Paasword, PIN, ataupun Pattern/Pola.
  4. Kemudian, anda akan dapati empat kategori file yang terdiri dari Photo, Audio, Document, serta opsi Other.
  5. Sebagai contoh saja, bila kita mengakses kategori Photos, disana anda coba pilih tanda yang memiliki lambing + yang ada du sebelah kanan atas agar anda dapat diarahkan ke foto yang akan anda sembunyikan.
  6. Selanjutnya, anda akan diminta untuk mengaktifkan Folder Private Safe yang ada di Beranda guna mempercepat akses.
  7. Ketika anda ingin membuka sebuah foto yang telah disembunyikan, anda bisa melihat di folder Private Safe yang ada di dalam aplikasi Settings.
Baca Juga :