Penyebab Aplikasi Zoom Tidak Ada Suaranya Saat Webinar




Oppotutorial.comAplikasi Zoom tengah naik daun di berbagai belahan negara di dunia saat ini, di masa pendemi Covid-19, aplikasi Zoom bany dipergunakan untuk keperluan daring dari rumah baik itu belajar, seminar, konferensi, reuni, serta masih ada banyak lainnya. Kelebihan dari Zoom ini yang bisa membuat bandwidth data menjadi lebih hemat, menjadikan aplikasi ini pilihan utama banyak orang.

Baca Juga :

Penyebab Aplikasi Zoom Tidak Ada Suaranya Saat Webinar


Selain itu, walaupun dipergunakan oleh banyak orang, aplikasi ini masih ada saja kekurangan yang harus diketahui oleh banyak orang juga. Salah satunya sering hilang suara disaat pengguna sedang saling berbicara tatap muka melalui video. Permasalahan hilang suara pada zoom ini ketika digunakan oleh penggunanya baik di PC, Laptop, Smartphone, dan perangkat lainnya sehingga bisa berakibat pada terganggunya kegiatan daring anda di rumah maupun di kantor.

Penyebab Zoom Tidak Ada Suara

1. Terdapat BUG di dalam aplikasi
Ketika digunakan untuk keperluan meeting ataupun webinar, muncul bug sehingga membuat suara menjadi hilang. Anda pun bisa melakukan restart terhadap aplikasi Zoom dan log in ulang agar kembali bisa mengikuti kegiatan webinar/konferensi/meeting yang sedang anda lakukan sebelumnya.

2. Ada Permasalahan di dalam Sistem Operasi
Semakin kompleks permasalahan yang dialami oleh aplikasi Zoom, maka penyelesaiannya tidak hanya dengan melakukan restart saja. Bisa saja masalah lain yang bersumber dari sistem operasinya. Yang perlu penanganan khusus terhadap perbaikan hal tersebut.






3. Fitur Join Audio Otomatis Segera Aktifkan
Fitur ini bila tidak diaktifkan, maka suara pada aplikasi Zoom akan hilang. Oleh karena itu, penting sekali bagi anda sebelum memulai webinar, hal pertama yang perlu anda lakukan ialah mengaktifkan Fitur Join Audio Otomatis.

4. Mute dalam Meeting agar di Matikan
Fitur mute ini bisa membuat semua suara peserta yang hadir tidak akan dapat terdengar dan tidak akan mengganggu satu sama lain. Mematikan fitur ini bisa anda temukan ada pada di bagian kiri bawah aplikasi.

Baca Juga :

5. Muncul Masalah pada Speaker dan Headsetnya
Speaker dan atau headset yang bermasalah dapat menjadi pemicu aplikasi Zoom anda terganggu, tidak munculnya suara pada perangkat tersebut bisa disebabkan karena banyak faktor. Perlu lakukan pengecekan agar perangkat bisa difungsikan dengan normal kembali.