Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP OPPO




Oppotutorial.com - Memori internal penuh di perangkat smartphone android khususnya HP OPPO memang dirasa sangat mungkin terjadi, dikarenakan smartphone kini menjadi penunjang aktivitas keseharian kita dengan tingginya aktivitas untuk telepon, internet, chatting melalui aplikasi ataupun tidak serta video call. Biasanya memori internal akan dipenuhi dengan dokumen word ataupun pdf, berbagai macam foto beserta efeknya, serta aplikasi yang telah terinstal di dalam HP OPPO.

Efek daripada memori internal yang kepenuhan pada HP OPPO ini membuat performa HP OPPO anda tentu akan berubah menjadi lebih lambat, sering terjadinya crash dan tertutup sendiri terhadap aplikasi berat yang baru saja anda buka, panggilan telepon yang tiba-tiba saja mati, serta terkadang akan menghambat pesan penting yang akan masuk dan sulit untuk dibaca.

Disaat memori internal di HP OPPO anda penuh, memang terkadang tidak anda sadari, dan di HP OPPO anda muncul pemberitahuan berupa tidak cukup ruang pada perangkat dan diminta untuk segera menghapus file yang kurang dianggap penting. Jika demikian bagaimana cara mengatasi agar memori internal yang penuh di HP OPPO A3s, A5s, A7, A9 2020, A1k, A37, A71, A83, F3, F5, F7, F9, dan F11 Pro dapat berkurang, berikut ini penjelasannya.

Baca Juga :
Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP OPPO


Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Pada HP OPPO

1. Atur penyimpanan aplikasi yang akan diinstal ataupun memindahkan aplikasi yang telah terinstal ke arah Kartu SD dengan kapasitas penyimpanan yang mencukupi.

Untuk melakukan pengaturan agar aplikasi yang akan diinstal diarahkan ke Kartu SD, yang anda perlukan hanya masuk ke dalam Menu Setelan, pilih Menu Penyimpanan, lalu atur lokasi pemasangan ke Kartu SD. Lalu bila anda ingin melakukan pengaturan agar aplikasi yang ada atau yang telah terinstal pindah ke Kartu SD, anda cukup masuk ke dalam Menu Setelan, pilih Kelola Aplikasi, lalu arahkan ke tab Diinstal, dan kemudian cari aplikasi yang akan dipindahkan. Terakhir pilih Pindah ke Kartu SD. Pindahkan pula File selain Aplikasi seperti Foto, Kontak, Musik, Video, dan Dokumen ke Kartu SD untuk melegakan ruang penyimpanan di memori internal HP OPPO anda.


2. Menghapus semua thumbnail yang tersimpan di dalam File Saya serta menghapus aplikasi yang jarang digunakan.

File Thumbnail ini muatannya memang kecil, besarnya sekitar antara 1 kb hingga 40 kb, namun bila keberadaannya terlalu banyak akan memberikan dampak negatif terhadap performa kecepatan RAM di HP OPPO serta memakan memori internal yang HP OPPO anda miliki. File thumbnail ini sebenarnya berfungsi untuk mempercepat sistem agar file yang anda cari cepat terbuka. Terlalu banyak menginstal aplikasi juga pengaruhnya akan sama dengan terlalu banyak menimbun File Thumbnail di dalam memori internal, pengaruhnya juga kepada performa RAM dan kapasitas penyimpanan pada Memori Internal semakin penuh.







3.  Mengubah atau Menunda pembaruan otomatis terhadap Aplikasi Bawaan HP OPPO dan Aplikasi dari Pihak Ketiga misalkan dari Google Play Store.

Pembaruan atau update otomatis secara berkala terhadap Aplikasi Bawaan HP OPPO dan Aplikasi dari Pihak Ketiga misalkan dari Google Play Store justru akan memakan ruang penyimpanan memori internal HP OPPO sedikit demi sedikit, sehingga tidak akan memberikan ruang yang kosong sedikitpun. Oleh karena itu, lebih baik anda biarkan saja terlebih dahulu untuk mengklik tombol UPDATE pada tiap aplikasi yang membutuhkan pembaruan.


4. Langkah terakhir yang bisa anda lakukan untuk mengurangi kapasitas memori internal pada HP OPPO yakni Hard Reset/Factory Reset/Pengaturan Pabrik.

Langkah ini merupakan langkah paling ampuh untuk mengatasi permasalahan apapun yang dialami oleh smartphone android termasuk HP OPPO termasuk mengatasi memori internal yang penuh di HP OPPO anda. Ada baiknya, sebelum anda memulai melakukan reset ke pengaturan pabrik ini, back up data-data penting yang ada di dalam memori internal, agar tidak terhapus ketika menjalani proses reset ini.

Baca Juga :

Sekian Penjelasan Mengenai Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP OPPO. Semoga Bermanfaat!