Cara Memindahkan Aplikasi Ke SD Card di HP OPPO




Oppotutorial.com - Perubahan terbaru yang dilakukan oleh perusahaan Oppo ialah berhasil memudahkan pengguna untuk cara memindahkan aplikasi ke SD Card. Sehingga, jika permasalahan selama ini pengguna selalu mengalami masalah dengan memori dan besaran RAM di HP, sudah dapat diatasi. Perubahan ini mendapatkan respon sangat positif bagi sebagian besar pengguna di Indonesia.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pembeli pada saat Oppo melakukan ekspansi penjualan ke Indoensia. Oppo berhasil masuk ke peringkat kedua pada Q3 tahun terakhir dan memecahkan rekor untuk penjualan smartphone lainnya. Smartphone yang mendapatkan julukan selfie Expert ini memang dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

Baca Juga :

Cara Memindahkan Aplikasi Ke SD Card di HP OPPO







Maka, dengan adanya penawaran harga yang terbilang cukup terjangkau ini mereka masuk ke pasar konsumen yang tepat. Apalagi para pengguna di Indonesia itu memang sangat memperhatikan hasil foto yang mereka ambil. Dengan resolusi Full HD+ (2.160 x 1.080 piksel), Oppo mampu menghasilkan gambar terbaiknya. Namun, tetap saja bagian cara memindahkan aplikasi ke SD Card di smartphonenya menjadi keunggulan.

Dua Metode Memindahkan Aplikasi ke SD Card

Meski ada banyak kalangan yang sudah tahu mengenai keunggulan Oppo yang bisa memindahkan aplikasi ke SD card, namun masih banyak kalangan yang tidak tahu bagaimana caranya. Mereka mengaku merasa bingung apalagi ada sebagian penjual dari awal yang tidak menjelaskan dan juga pembeli tidak tahu akan keunggulan ini.

Untuk itu, pada penjelasan selanjutnya ini akan dibahas bagaimana cara terbaik yang bisa Anda aplikasikan. Sebagai pengetahuan awal, Anda harus tahu bahwasanya ada dua metode yang bisa Anda lakukan. Untuk cara pertama yang bisa dicoba ialah dengan membuat setiap aplikasi langsung terinstal ke micro SD secara otomatis.

Untuk cara kedua yaitu dengan memindahakn aplikasi yang sudah terinstal secara manual. Berikut ini akan dijelaskan kedua cara memindahkan aplikasi ke SD Card tersebut yang bisa Anda pilih salah satunya, yang menurut Anda lebih mudah untuk diaplikasikan.

Cara Supaya Aplikasi Otomatis Terinstal di Micro SD

Untuk cara pertama mengenai cara untuk Anda yang ingin memindahkan aplikasi ke SD Card bisa dengan mengikuti langkah berikut ini. Pertama, Anda pastinya sudah memiliki smartphone Oppo. Kemudian langsung masuk ke aplikasi Settings atau Setelan di smartphone milik Anda. Langsung pilih menu Storage atau penyimpanan dan kemudian Anda akan melihat beberapa pilihan yang harus dipilih.

Anda harus menekan tombol untuk pilihan Preferred Install Location (Lokasi Pemasangan yang Disukai). Ketika nantinya muncul kotak dialog yang secara langsung akan menampilkan pilihan tempat penyimpanan, Anda bisa pilih SD Card alias kartu SD. Biasa pengguna di Indonesia mengenal ini sebagai kartu memori.

Selanjutnya, Anda bisa menerapkan fitur ini dengan menekan yes atau ya. Sehingga secara otomatis cara memindahkan aplikasi ke SD Card untuk aplikasi yang diinstal, akan  berpindah ke penyimpanan eksternal micro SD.

Memindahkan Aplikasi Terinstal ke Micro SD

Langkah pertama, Anda harus membuka aplikasi atau menu Settings atau setelan di smartphone masing-masing. Selanjutnya, bisa memilih Application Manager atau kelola aplikasi yang kemudian akan tampil beberapa tab di menu aplikasi ini. Langsung pilih tab Installed atau diinstal dan langsung cari saja aplikasi yang akan dipindahkan.

Seperti misalnya Anda hendak memindahkan aplikasi Facebook dan aplikasi lainnya yang sesuai dengan kemampuan micro SD. Selanjutnya saat muncul tampilan App info, langsung pilih tombol Move to SD. Namun, ketika sewaktu-waktu Anda harus melakukan restart handphone, mungkin kecepatan loading karena sudah melakukan cara memindahkan aplikasi ke SD Card tidak akan secepat storage internal.

Baca Juga :

Sekian Penjelasan Mengenai Cara Memindahkan Aplikasi Ke SD Card di HP OPPO. Semoga Bermanfaat!