Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fitur OPPO F3 Ini Wajib di Ketahui, Maksimalkan Potensi Smartphonemu!

Saat peluncuran Oppo F3 ke Indonesia, Oppo memang selalu mengunggulkan sektor fotografi sebagai fitur andalannya, terutama lagi kamera yang digunakan untuk berselfie. Sesuatu yang wajar jika Oppo F3 disemat kamera ganda yang terdiri dari satu kamera 16 MP dan kamera kedua beresolusi 8 MP dengan sudut lebar 120 derajat yang digunakan untuk group selfie. Oppo F3 juga tidak hanya dipakai untuk selfie saja, ada banyak sekali fitur yang dapat dipergunakan untuk menunjang kegiatan sehari-hari.


Diantara akan kita bahas setidaknya 10 fitur Oppo F3 yang wajib diketahui oleh penggunannya, meskipun ada banyak juga yang belum mengetahuinya dan seringkali dilewatkan oleh penggunanya ;



1. Clone Apps





Fitur ini digunakan untuk mengkloning aplikasi, artinya anda dapat menggunakan dua aplikasi yang sama sekaligus di Oppo F3. Misalnya saat sedang membuka WhatsApp dua akun sekaligus. Cara mengaktifkannya dengan masuk ke Menu Settings > Pilih Clone Apps > Pilih aplikasi yang ingin anda gunakan > lalu aktifkan Enable Cloning.

2. Eye Protection Display



Anda pastinya sering mengalami mata yang mudah lelah dikarenakan memandang layar smartphone terlalu lama. Oppo F3 memberikan penawaran sebuah fitur yang dapat meminimalisir hal tersebut lewat fiturnya yang dinamakan Eye Protection Display. Pada saat diaktifkan, fitur ini akan meredam emisi cahaya biru yang berpotensi untuk merusak retina mata. Anda pun akan lebih nyaman saat menikmati konten pada layar smartphone anda. Cara mengaktifkannya dengan masuk ke Menu Settings > Pilih Display & Brightness > Pilih Eye Protection Display > Pilih Level yang anda inginkan, yakni Low, Medium, atau High.

3. Backup Kontak di O-Cloud


Baca Juga

Apakah anda tahu bahwa Oppo saat ini telah menyediakan layanan penyimpanan cloud yang khusus untuk pengguna smartphone mereka? Layanan tersebut dinamakan O-Cloud, dengan layanan tersebut para penggunanya dapat membackup kontak dan sms di Oppo F3 nya ke akun Cloud sehingga jauh lebih aman. Anda pun juga bisa merestore hasil backup tadi ke smartphone pada saat dibutuhkan. Adapun cara menggunakannya dengan masuk ke Menu Settings > Pilih O-Cloud  > lalu Pilih Contacts atau SMS. Sebagai catatan bahwa anda harus terkoneksi internet untuk dapat menikmati fitur-fitur yang ada di dalamnya.

4. Real Sound Technology
Oppo F3 juga memiliki fitur khusus yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas audio smartphone anda. Fitur tersebut dinamakan Real Soundtrack Technology. Teknologi ini dikembangkan oleh Dirac Reasearch AB yang dapat dinikmati dengan menggunakan Headset. Cara mengaktifkannya dengan masuk ke Menu Settings > Pilih Sound & Vibrate > Lalu Pilih Real Sound Technology yang berada di baris paling bawah.

5. Mengunci Aplikasi, Buka dengan Sidik Jari














Jika anda mempunyai aplikasi tertentu yang tidak ingin diketahui oleh orang lain kecuali anda sendiri. Anda dapat menggunakan fitur ini, dengan memanfaatkan sidik jari yang terleta di bagian bawah layar. Selain untuk unlock smartphone, sensor sidik jari ini juga dapat menjadi kunci untuk membuka aplikasi yang tertutup rapat. Adapun cara menggunakannya dengan masuk ke Menu Settings > Pilih Fingerprint & Passcode > Lalu aktifkan App Encryption > Buat Pattern dan simpan sidik jari anda > keluar dari Settings > masuk ke aplikasi Security yang biasanya ada di Menu Home > Pilih Privacy Permissions > Klik App Encryption dan pilih Aplikasi yang ingin anda Enkripsi.

6. Mengambil Screenshot dengan Tiga Jari

Screenshot dapat diambil dengan hanya menekan tombol power dan volume down secara bersamaan. Namun, ada cara lain, yang lebih cepat, anda dapat memanfaatkan tiga jari anda Lebih cepat dan pastinya lebih mudah. Anda hanya perlu menempelkan tiga jari anda, lalu melakukan gerakan sapuan ke arah bawah. Untuk mengaktifkannya dengan cara buka Menu Settings > Pilih Gesture & Motion > Pilih Quick Gesture > lalu aktifkan Gesture Screenshot.

7. Buka Aplikasi langsung saat layar mati
 
Fitur khusus dari Oppo F3 kali ini dibekali dengan fitur gesture yang memungkinkan anda mengakses aplikasi secara langsung dari kondisi layar mati/terkunci. Fitur ini sangat bermanfaat ketika anda ingin terburu-buru menyalakan kamera pada saat bertemu dengan momen yang berharga. Cara untuk mengaktifkannya dengan Buka Menu Settings > Pilih Gesture & Motion > Pilih Screen-Off Gesture > lalu nyalakan dan pilih yang kamu butuhkan seperti Tap dua kali untuk menyalakan layar, menggambar huruf O untuk membuka kamera, dan menggambar V untuk menyalakan lampu senter. Anda pun juga bisa menambahkan Screen-Off gesture sesuai yang kamu inginkan!

8. Oppo App Store


Sebagian dari anda pasti tahu bahwa Oppo ternyata memiliki toko aplikasi sendiri yang dikhususkan untuk para pengguna smartphonenya, termasuk Oppo F3. Sekilas kita melihat toko aplikasinya ini mirip sekali dengan Google Play Store. Namun ternyata, cukup banyak hal yang membuat Oppo App Store jauh lebih menarik dari Google Play Store. Aplikasi Oppo App Store sendiri dapat anda temukan di Oppo F3 secara langsung, jika anda mengalami kebingungan saat mencarinya, anda dapat menggunakan fitur Search. Selain itulah untuk memudahkan menemukan aplikasi, fitur Search dapat dimanfaatkan untuk mencari kontak dan pesan. Cara menemukannya, lihat pada halaman yang berisi deretan aplikasi selain Home, lakukan gerakan sapuan dari atas ke bawah.

9. Blokir Nomor yang Tidak di Kenal
 
Semua pengguna smartphone pasti pernah mendapatkan sms atau telepon dari nomor yang tidak dikenal. Jika anda merasa sangat terganggu dengan hal tersebut, Oppo F3 memiliki fitur untuk memblokir nomor yang tidak dikenal tersebut, dengan cara mengaktifkannya Buka Settings > Pilih Call > Pilih Block > lalu aktifkan semua opsi blokir yang ada.



10. Quiet Time
 
Jika anda tidak mau pada saat beraktivitas seperti sedang bekerja, bermain games, mengerjakan tugas kuliah, anda dapat memanfaatkan fitur Quiet Time. Mode Quiet TIme ini akan membuat Oppo F3 anda dalam keadaan silent tanpa adanya getaran, terkecuali untuk hal-hal penting yang memang anda izinkan. Caranya dengan membuka Menu Settings > Pilih No Disturb Mode > Atur Mode Quiet Time maka secara otomatis akan aktif setiap harinya. Anda pun juga dapat mengaktifkan mode ini secara manual.

Semua fitur diatas hanyalah beberapa dari sekian banyak yang sering digunakan oleh pengguna Oppo F3. Dengan 10 fitur beserta cara mengaktifkannya anda dapat memaksimalkan potensi smartphone Oppo F3 anda selain mengutamakan fitur kamera selfie. Demikian, semoga bermanfaat!